• Home
  • Berita
  • Begini Cara Memilih Hosting untuk Aplikasi Android Buatanmu!

Begini Cara Memilih Hosting untuk Aplikasi Android Buatanmu!

Oleh Mila Rosyida
No ratings yet.

Sama seperti sebuah website, jika kamu ingin aplikasi android buatanmu bisa diakses oleh publik maka kamu harus menyiapkan hosting untuk aplikasi android.

Artinya, kamu bisa memulai kesuksesan dengan menyiapkan hosting terbaik untuk aplikasi androidmu. Apakah keberadaan hosting ini memang diperlukan? Apa saja yang harus dipenuhi sebuah hosting untuk aplikasi android?

Semua akan DomaiNesia bahasa pada artikel kali ini. Ketahui semua jawabannya sekarang juga!

Cara Menciptakan Aplikasi Android

Sebelum melakukan hosting, yang pasti kamu harus memiliki aplikasi android. Untuk kamu yang belum tahu bagaimana cara membuat aplikasi android sendiri, yuk kita bahas cara buatnya.

Namun apabila kamu sudah tahu caranya, skip bagian ini dan lanjut ke pembahasan selanjutnya ya! Jadi sebuah sistem bisa berjalan karena ada ada backend dan juga frontend. Frontend adalah tampilan yang bisa dilihat oleh pengguna dan bisa berinteraksi.

Contohnya seperti tombol yang bisa di klik serta inputan yang bisa diisi dengan teks. Sedangkan backend adalah sistem yang tidak terlihat oleh pengguna dan merespon segala interaksi yang dikirimkan.

Membangun frontend aplikasi memang gampang-gampang susah bagi kamu yang masih awam. Untuk memulainya, simak beberapa langkah yang bisa kamu ikuti.

  • Lakukan pemasangan Android Studio. Android Studio adalah tools yang digunakan untuk mengembangkan aplikasi android.
  • Pilih template yang akan digunakan namun jika tidak ingin menggunakannya kamu bisa membuatnya dari 0.
  • Buat User Interface yang menarik.
  • Atur adapter yang nanti dibutuhkan untuk pemrosesan data.
  • Tampilkan semua data yang sudah didapat pada RecyclerView.
  • Tampilkan juga kumpulan database dengan menggunakan dataset.

Jika semua proses di atas sudah selesai. Lalu bagaimana cara agar sistem bisa merespon permintaan dari pengguna yang membutuhkan data? Nah disinilah fungsi dari penggunaan hosting untuk aplikasi android. Bahas lebih lanjut yuk!

Apakah Hosting untuk Aplikasi Android Memang Diperlukan?

Kebutuhan hosting untuk aplikasi android tergantung dengan fungsi dan kegunaan aplikasinya sendiri. Jika memang aplikasi diciptakan hanya untuk diakses secara offline dan semua data berada pada perangkat itu sendiri maka tidak dibutuhkan adanya hosting.

Alasannya karena untuk merespons permintaan dari pengguna cukup menggunakan data yang ada pada setiap perangkat. Namun, hal tersebut jarang terjadi saat ini karena kita tahu aplikasi android sekarang hampir semuanya online dan membutuhkan data secara realtime.

Apalagi aplikasi seperti toko online, e-commerce, media sosial, layanan streaming, dan aplikasi pembayaran. Ketika pengguna memasang aplikasi pada perangkat mereka maka hanya bagian frontend saja yang menempel pada perangkat.

Lalu dimana data akan disimpan? Data akan disimpan pada server hosting. Tujuannya jelas untuk melayani berbagai permintaan yang dikirimkan oleh banyak pengguna dalam satu waktu bersamaan dan juga kapan saja.

Pada kenyataannya, kamu bisa menggunakan jenis hosting apa saja untuk aplikasi android, namun perlu kamu ingat bahwa aplikasi adalah sistem yang akan diakses terus menerus dan harus melayani pengguna dalam jumlah yang banyak.

Maka dari itu, sebelum memilih hosting untuk aplikasi android, ada baiknya kamu memahami beberapa kriteria yang harus dipenuhi oleh hosting agar aplikasi bisa berjalan secara optimal. 

Kriteria Hosting untuk Aplikasi Android yang Harus Dipenuhi

Ini merupakan kriteria dan juga spesifikasi yang harus dimiliki oleh layanan hosting. Agar kamu tidak salah pilih, simak 3 spesifikasi yang menjadi perhatian utama!

Tingkat keamanan

Hal pertama yang harus kamu perhatikan ketika memilih hosting untuk aplikasi android yaitu tingkat keamanan. Hosting yang memiliki tingkat keamanan rendah akan mudah untuk diakses dan dimanfaatkan oleh hacker.

Tidak hanya aplikasinya saja yang akan terancam, namun semua data yang tersimpan dalam hosting juga rawan untuk disalahgunakan. Apabila hal tersebut terjadi pada aplikasi milikmu maka pengguna akan hilang kepercayaan dan juga kredibilitas bisnismu akan menurun.

Kamu tidak inginkan hal tersebut menimpa kamu? Maka dari itu, memilih hosting untuk aplikasi android harus memperhatikan keamanan yang ditawarkan seperti anti virus, anti malware, firewall, dan pembaruan sistem operasi hosting berkala.

hosting untuk aplikasi android
Sumber : envato

Catat ya DomaiNesian bahwa semua fitur yang sudah disebutkan di atas harus ada pada hosting pilihanmu!

Selain itu, pastikan fitur backup otomatis ada dalam layanan hosting sebab jika terjadi kerusakan atau kehilangan data kamu bisa mengembalikannya menggunakan cadangan yang sudah disimpan.

Angka uptime

Uptime adalah sebuah angka yang menunjukkan keandalan suatu server. Semakin besar uptime maka semakin kecil kemungkinan website mengalami down.

Aplikasi android adalah sistem yang memang selalu digunakan, maka dari itu dalam memilih hosting untuk aplikasi android harus mempertimbangkan dari angka uptime nya.

Jangan sampai saat pengguna membutuhkan aplikasi tersebut malah tidak bisa diakses. Jadi kamu harus memilih hosting dengan uptime di angka 99% yang artinya server akan selalu online dan kemungkinan down juga rendah.

Kecepatan akses

Jika kamu menjadi pengguna aplikasi, pasti kamu akan kecewa jika aplikasi yang kamu gunakan selalu membutuhkan waktu yang lama dalam memuat informasi yang kita butuhkan.

Apalagi jika terjadi terus menerus. Pasti pengguna akan lari dan mencari aplikasi lain yang mirip. Wah ini jelas akan merugikan pemilik aplikasi jika benar-benar terjadi.

Nah, untuk mencegah itu terjadi, kamu wajib menyortir penyedia layanan hosting untuk aplikasi android yang memiliki kecepatan akses yang tinggi.

Bagaimana bisa tahu performa dari hosting? Kamu bisa melihatnya melalui besarnya ruang penyimpanan yang disediakan. Semakin besar ruang penyimpanan maka kecepatan akses dari hosting juga semakin ngebut.

Hal tersebut bisa terjadi karena hosting mampu menampung banyaknya request yang masuk dan mengembalikan informasi yang dibutuhkan dengan cepat. Lebih baik, kamu memilih hosting dengan ruang penyimpanan yang terdedikasi.

Sehingga ruang penyimpanan tersebut khusus hanya untuk kamu dan kamu tidak akan merasakan imbas ketika ada pengguna hosting lain yang menggunakan ruang penyimpanan berlebihan. 

Rekomendasi Hosting untuk Aplikasi Android 

Dari tiga kriteria dan spesifikasi yang harus dimiliki oleh hosting, supaya kamu tidak bingung menggunakan jenis hosting seperti apa, DomaiNesia sudah menyiapkan dua rekomendasi hosting untuk aplikasi android yang dijamin ngebut!

VPS

Virtual Personal Server atau VPS adalah server pribadi yang semua resourcenya terdedikasi. Mulai dari ruang penyimpanan dan juga memori. Selain itu, ruang penyimpanan VPS juga sangat lega.

Jadi VPS untuk aplikasi android memang cocok apalagi jika aplikasi milikmu membutuhkan ruang penyimpanan yang besar namun tetap menginginkan kecepatan akses yang tinggi.

Dibalik itu semua kamu perlu tahu satu hal penting yaitu apabila kamu menggunakan VPS maka kamu harus siap melakukan konfigurasi mandiri.

Memang untuk melakukannya dibutuhkan keahlian khusus apalagi dalam menjalankan perintah-perintah khusus.

Tapi, hal ini juga menjadi kelebihan dari VPS karena kamu bisa menambahkan software tambahan yang dibutuhkan, meningkatkan keamanan, dan konfigurasi lain yang bisa dilakukan secara bebas. 

Cloud Hosting

Selain VPS, kamu juga bisa memilih menggunakan cloud hosting. Apa itu cloud hosting? Cloud hosting adalah jenis hosting yang menggunakan data dari beberapa server dengan tujuan untuk menyeimbangkan load data, memaksimalkan uptime, dan juga meningkatkan performa.

Artinya, ketika satu server mengalami masalah, maka kamu bisa menggunakan server lain.

Cloud hosting memiliki banyak kelebihan seperti pada ruang penyimpanan yang terdedikasi sehingga kamu bebas menggunakannya tanpa harus memikirkan performa yang bisa terganggu karena pengguna lain.

Dari segi keamanan, cloud hosting masih menjadi juaranya karena sistem keamanan yang ditawarkan sudah tidak perlu diragukan lagi. Berbeda dengan VPS yang harus kamu konfigurasi secara mandiri, jika kamu menggunakan cloud hosting kamu sudah tidak perlu ribet melakukan konfigurasi.

Dengan kelebihan tersebut, kamu bisa langsung meluncurkan aplikasi android tanpa perlu mengelola server.

Mana Hosting yang Menjadi Pilihanmu?

Penggunaan hosting menjadi kebutuhan wajib bagi kamu yang menginginkan aplikasi android milikmu bisa diakses secara online. Hosting memiliki peranan yang besar dalam menyajikan informasi dan mengelola data.

Maka dari itu, untuk memilih hosting untuk aplikasi android tidak boleh asal-asalan karena akan mempengaruhi performa dari aplikasi.

Dari pembahasan sebelumnya, apa saja kriteria yang harus dipenuhi oleh layanan hosting? Yup, kriterianya yaitu memiliki angka uptime minimal 99%, dilengkapi dengan fitur keamanan yang lengkap, dan juga memiliki penyimpanan yang lega agar kecepatan akses aplikasi tetap terjaga.

Nah dari tiga kriteria yang dibutuhkan, ada dua jenis hosting yang memang cocok digunakan untuk aplikasi android, yaitu VPS dan Cloud Hosting.

Keduanya memiliki kelebihan yang hampir mirip mulai dari penyimpanan yang terdedikasi dan dilengkapi dengan fitur keamanan seperti anti virus, anti malware, dan juga firewall. 

Dimana bisa membeli keduanya? DomaiNesia adalah penyedia layanan hosting terbaik yang bisa kamu sekarang! Mengapa DomaiNesia? Sebab layanan VPS dan Cloud Hosting DomaiNesia sudah memenuhi kriteria yang dibutuhkan.

Mulai dari uptime hingga 99,9% yang artinya hosting akan selalu online dan sangat kecil kemungkinan mengalami masalah.

Selain itu, dilengkapi dengan fitur menarik seperti backup otomatis, dokumentasi layanan yang mudah dipahami, hingga bantuan dari tim support yang siap membantu kamu kapanpun.

Jangan takut biayanya mahal ya DomaiNesian! Sebab kamu bisa mendapatkan Cloud Hosting mulai dari Rp 14.000 per bulan dan juga VPS yang dibandrol dengan harga mulai Rp 80.000 per bulan. Layanan DomaiNesia menawarkan harga merakyat namun kualitas tetap nomer 1!

Mila Rosyida

Halo ! I'm a Technical Content Specialist in DomaiNesia. I love learn anything about Technical, Data, Machine Learning, and more Technology.


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah

This will close in 0 seconds