• Home
  • Berita
  • Method adalah: Pahami Apa Itu Method Pada OOP

Method adalah: Pahami Apa Itu Method Pada OOP

Oleh Adisty C. Putri
No ratings yet.

Penggunaan method dalam pemrograman berorientasi objek (OOP) adalah hal yang perlu diperhatikan dan dipelajari dalam dunia coding dan developer atau bahkan di dunia software engineering secara umum. Bagi kamu yang tertarik memahami landasan OOP, memahami konsep method adalah langkah awal yang sangat penting. Pada pembahasan kali ini kamu akan mempelajari secara lengkap mengenai method dalam OOP. Selain itu, kamu juga akan mempelajari apa itu class dan method dan apa fungsi method pada Java. Yuk, simak artikel ini sampai akhir!

Method adalah
Sumber: Envato

Pengertian Method

Method Adalah

Method adalah suatu blok kode atau sekumpulan pernyataan yang dirancang untuk menjalankan tugas tertentu. Dalam konteks OOP, method terkait erat dengan objek. Method dapat dianggap sebagai perilaku atau tindakan yang dapat dilakukan oleh suatu objek. Dengan kata lain, method adalah cara untuk mengorganisir dan mengelola logika atau fungsionalitas tertentu dalam suatu program.

Perbedaan Method dan Fungsi

Mungkin ada kebingungan antara method dan fungsi, terutama bagi mereka yang terbiasa dengan pemrograman prosedural. Secara konsep, keduanya memiliki tujuan yang mirip, yaitu menyusun kode agar lebih terstruktur dan mudah dikelola. Perbedaan utama terletak pada konteks penggunaannya.

Fungsi dalam pemrograman prosedural biasanya berdiri sendiri dan dapat dipanggil dari bagian mana pun dalam program. Di sisi lain, method dalam OOP terkait erat dengan objek dan hanya dapat dipanggil oleh objek yang sesuai dengan class tempat method tersebut didefinisikan. Hal ini menciptakan konsep encapsulation, di mana logika dan data terkait suatu objek terlindungi dan tidak dapat diakses secara sembarangan dari luar.

Apa itu Class dan Method

Dalam pemrograman berorientasi objek, class adalah suatu blueprint atau cetak biru yang mendefinisikan atribut (data) dan metode (method) yang dimiliki oleh objek. Class adalah struktur dasar yang digunakan untuk membuat objek. Objek sendiri merupakan instansiasi dari class, yang memiliki karakteristik dan perilaku sesuai dengan yang telah ditentukan dalam class.

Class menyediakan kerangka kerja untuk menciptakan objek dengan propertinya masing-masing. Misalnya, jika kita memiliki class “Mobil,” maka setiap objek mobil yang dibuat dari class tersebut akan memiliki atribut seperti warna, merk, dan metode seperti “hidupkan mesin” atau “matikan mesin.”

Hubungan Class dan Method dalam OOP

Method adalah bagian integral dari class. Mereka mendefinisikan perilaku atau tindakan yang dapat dilakukan oleh objek yang diciptakan dari class tersebut. Dengan kata lain, method memberikan instruksi tentang apa yang dapat dilakukan oleh suatu objek.

Misalnya, dalam class “Karyawan,” kita dapat memiliki method seperti “hitungGaji” atau “tampilkanInfoKaryawan.” Objek yang dibuat dari class “Karyawan” dapat menggunakan method ini untuk menghitung gaji atau menampilkan informasi karyawan. Dengan cara ini, method membantu mengorganisir logika dan fungsionalitas yang terkait dengan suatu objek dalam satu tempat yang terpusat.

Hubungan antara class dan method menciptakan struktur program yang terorganisir dan mudah dimengerti. Class berperan sebagai wadah untuk atribut dan method yang berfungsi bersama untuk menciptakan objek yang memiliki karakteristik dan perilaku tertentu.

Baca juga: Yuk, Intip Rekomendasi Situs Belajar Javascript Lengkap Untuk Kamu!

Apa yang Dimaksud dengan Method Pada OOP

Apa yang dimaksud dengan method pada oop? Dalam paradigma pemrograman berorientasi objek (OOP), method adalah sekumpulan blok yang memiliki peran penting dalam mengelola perilaku atau tindakan yang dapat dilakukan oleh suatu objek. Method adalah tindakan konkret yang dapat diambil oleh objek dan membantu mendefinisikan bagaimana suatu objek berinteraksi dengan objek lainnya dan dengan lingkungan sekitarnya.

Suatu class dalam OOP dapat memiliki beberapa method, dan setiap method dapat memiliki tanggung jawab tertentu. Misalnya, dalam class “Hewan,” mungkin terdapat method seperti “makan,” “bergerak,” atau “berbunyi.” Setiap method ini mencerminkan perilaku khusus yang dimiliki oleh objek hewan. Peran method dapat dibagi menjadi beberapa aspek:

1. Encapsulation

Method adalah sekumpulan blok atau pernyataan yang membantu dalam menerapkan konsep encapsulation dengan menyembunyikan detail implementasi dari objek luar. Ini berarti bahwa method memberikan akses terkendali ke fungsionalitas objek dan melindungi data internal dari manipulasi yang tidak diinginkan.

2. Abstraksi

Method membantu dalam menciptakan tingkat abstraksi yang memungkinkan penggunaan objek tanpa perlu memahami semua detail internalnya. Sebagai contoh, dalam class “Mobil,” method “hidupkanMesin” adalah bentuk abstraksi yang menyembunyikan detail kompleksitas bagaimana mesin sebenarnya dinyalakan.

3. Interaksi Objek

Method memfasilitasi interaksi antar objek. Dalam OOP, objek saling berkomunikasi melalui pemanggilan method. Sebagai contoh, objek “Pengemudi” dapat menggunakan method “kunciMobil” dari objek “Mobil” untuk mengunci pintu mobil.

4. Modularitas

Method mendukung konsep modularitas dengan memisahkan fungsionalitas ke dalam unit yang mandiri. Ini membuat kode lebih mudah dipelihara dan diperluas.

5. Polimorfisme

Method mendukung konsep polimorfisme dengan memungkinkan suatu method memiliki implementasi yang berbeda dalam konteks yang berbeda. Ini memungkinkan fleksibilitas dalam penggunaan method tergantung pada tipe objek yang dipanggil.

Method adalah
Sumber: Envato

Apa Fungsi Method Pada Java

Dalam bahasa pemrograman Java, method adalah blok kode yang menyediakan implementasi dari suatu tindakan atau operasi yang dapat dilakukan oleh suatu objek. Java adalah bahasa pemrograman berorientasi objek, dan setiap program Java terdiri dari class dan method. Berikut adalah beberapa poin spesifik tentang bagaimana Java mengimplementasikan method:

1. Deklarasi Method

Setiap method di Java dideklarasikan dalam suatu class. Deklarasi method melibatkan penentuan nama method, tipe data yang dikembalikan (jika ada), parameter yang diterima (jika ada), dan blok kode yang berisi implementasi method.

2. Modifikasi Akses

Kata kunci seperti public, private, dan protected digunakan untuk menentukan tingkat akses suatu method. Misalnya, jika method dideklarasikan sebagai public, itu berarti method tersebut dapat diakses dari luar class.

3. Return Statement

Jika suatu method mengembalikan nilai, kata kunci return digunakan untuk mengirimkan nilai tersebut ke pemanggil method. Tipe data yang dikembalikan harus sesuai dengan yang dideklarasikan dalam signature method.

4. Parameter

Method dapat menerima parameter yang digunakan dalam operasinya. Parameter didefinisikan dalam tanda kurung () setelah nama method. Jumlah dan tipe parameter harus sesuai dengan deklarasi method.

5. Overloading

Java mendukung konsep overloading, di mana suatu class dapat memiliki beberapa method dengan nama yang sama, tetapi jumlah atau tipe parameter yang berbeda. Java akan menentukan method yang sesuai berdasarkan argumen yang diteruskan.

6. Panggilan Method

Method dipanggil menggunakan sintaks namaObjek.namaMethod(). Jika method statis, dapat dipanggil langsung dari class tanpa membuat objek

Beli Hosting Murah

Keunggulan dan Kelemahan Method pada OOP

Keunggulan Method adalah:

1. Reusability (Dapat Digunakan Kembali)

Method adalah pernyataan yang memungkinkan pengembang untuk menulis fungsionalitas tertentu sekali dan menggunakannya berkali-kali. Dengan cara ini, kode dapat digunakan kembali di berbagai bagian program, mengurangi duplikasi dan meningkatkan efisiensi.

2. Modularity (Modularitas)

Penggunaan method mendukung konsep modularitas, di mana fungsionalitas program dibagi ke dalam unit-unit independen. Setiap method dapat dianggap sebagai modul mandiri yang dapat dikelola dan dimodifikasi tanpa memengaruhi bagian lain dari program.

3. Readability (Keterbacaan)

Program yang menggunakan method umumnya lebih mudah dibaca dan dimengerti. Setiap method berfokus pada tugas tertentu, membuat kode menjadi lebih terorganisir dan mudah diikuti, terutama ketika method dinamai dengan baik.

4. Encapsulation (Pembungkusan)

Konsep encapsulation terwujud melalui penggunaan method, di mana detail implementasi suatu objek disembunyikan dari luar. Hal ini memungkinkan untuk mengubah implementasi internal suatu class tanpa memengaruhi penggunaan class tersebut.

5. Polymorphism (Polimorfisme)

Method mendukung polimorfisme, di mana suatu method dapat memiliki banyak bentuk atau perilaku tergantung pada konteks penggunaannya. Ini memberikan fleksibilitas dan dapat meningkatkan keterbacaan kode.

Kelemahan Method adalah:

1. Overhead Kinerja (Performance Overhead)

Pemanggilan method dapat menyebabkan overhead kinerja, terutama jika program memiliki banyak pemanggilan method kecil. Meskipun modern compiler dan runtime berusaha untuk mengoptimalkan ini, terdapat potensi overhead yang perlu diperhatikan.

2. Kompleksitas

Jika tidak dikelola dengan baik, program dengan terlalu banyak method atau terlalu kompleks dalam hierarki classnya dapat sulit dipahami. Hal ini dapat mengurangi kejelasan dan keterbacaan kode.

3. Ketergantungan Antar Method

Terlalu banyak ketergantungan antar method dalam suatu program dapat menyulitkan pengembangan dan pemeliharaan. Perubahan pada satu method dapat memengaruhi banyak bagian program.

4. Overengineering

Terlalu banyak method atau pemecahan modularitas yang berlebihan dapat mengakibatkan overengineering, di mana kompleksitas program melebihi kebutuhan sebenarnya.

Method adalah
Sumber: Envato

Peran Kunci Method dalam Pemrograman Berorientasi Objek

Dalam eksplorasi konsep method pada pemrograman berorientasi objek, tergambar bahwa method tidak hanya memberikan modularitas dan reusabilitas yang efisien, tetapi juga meningkatkan keterbacaan kode. Sementara kelebihannya, seperti modularitas dan reusabilitas, menjadikannya elemen kunci dalam pengembangan perangkat lunak yang terstruktur, perlu diingat untuk mengelola kompleksitas agar program tetap mudah dipahami dan dikelola.

Adisty C. Putri


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah

This will close in 0 seconds