• Home
  • Berita
  • Stuck Artinya Terjebak, Bagaimana Stuck pada Konteks IT?

Stuck Artinya Terjebak, Bagaimana Stuck pada Konteks IT?

Oleh Hiqbal Fauzi
No ratings yet.
Stuck artinya

Pada saat berkomunikasi sehari-hari terkadang kita tidak sadar menggunakan sebuah kata dari bahasa inggris dan menggabungkannya pada kalimat berbahasa indonesia. Apakah kamu salah satunya? Tidak ada yang salah dengan itu kok! Bahkan hal ini bisa melatih kamu untuk lebih cepat memahami apa makna dari kata dalam bahasa inggris. 

Terkadang, kata bahasa yang digunakan dalam bahasa inggris akan berguna jika kata tersebut digunakan pada keilmuan suatu bidang. Pada artikel ini, kita akan membahas sebuah kata yang sering digunakan pada percakapan sehari-hari namun memiliki makna pada beberapa bidang ilmu contohnya IT. Kata tersebut adalah “stuck” apakah kamu sudha paham stuck artinya apa? Lebih detainya, yuk kita bahas pada penjelasan berikut ini!

Stuck Artinya

Stuck berasal dari bahasa inggris, secara bahasa stuck artinya terperangkap atau tidak bisa bergerak. Stuck juga seringkali digunakan jika seseorang sudah tidak mampu lagi memberikan ide atau opini mereka dan sering mendeskripsikannya menggunakan kata “Stuck” sebagai gambaran bahwa orang tersebut sudah mentok atau tidak dapat berpikir atau menambahkan ide lagi.

Stuck seringkali digunakan pada berbagai situasi dan kondisi, dapat dikatakan bahwa kata stuck bisa menggambarkan situasi dimana seseorang tidak bisa lagi mengubah keadaaan ataupun situasi dan terjebak pada sebuah tempat.

Stuck memiliki berbagai antonim dan sinonim. Kita akan mulai pada sinonim terlebih dahulu, dengan stuck artinya tidak bisa bergerak atau terjebak, maka sinonim menurut thesaurus.com adalah grounded, fastened, baffled, cemented, dan lain sebagainya. Untuk antonim dari stuck adalah unperplexed, unstuck, free yang menggambarkan seseorang dapat bebas dan bergerak pada sebuah situasi dan kondisi.

stuck artinya
Sumber: Envato

Baca Juga: Ini Alasan Debugging Adalah Proses Penting Dalam Pemrograman

Arti Stuck pada Konteks IT

Stuck tidak terikat pada penggunaan percakapan sehari-hari saja, stuck juga sering digunakan pada konteks IT. Pada konteks ini, stuck artinya masih sama yaitu tidak dapat bergerak atau melakukan apa-apa, namun situasi yang dihadapi akan berbeda. Atribut-atribut yang berada pada kata stuck juga akan bermacam-macam. 

Pada penggunaannya, stuck pada konteks IT contohnya dapat menggambarkan seseorang yang sedang mengembangkan perangkat lunak. Pada proses pengembangan, programmer mengalami error atau hambatan saat mengimplementasikan VPS pada sebuah website. Karena menggunakan VPS DomaiNesia, programer dapat melaporkan pada admin dan memberitahukan bahwa ia mengalami stuck dan error yang tidak menemukan penyelesaiannya.

Hal ini dikarenakan saat melakukan coding, error tersebut belum pernah ditemui sebelumnya, programmer tersebut akan menggambarkan situasi di atas sebagai stuck karena mengalami kesulitan dan belum menemukan jalan keluarnya. Situasi ini dapat digambarkan sebagai stuck karena programmer tidak tau mau bergerak bagaimana untuk penyelesaian dari hambatan tersebut.

Penggunaan selanjutnya yaitu pada saat perangkat lunak sudah melalui proses deployment atau diluncurkan, namun perangkat lunak diam dan tidak memberikan respon yang seharusnya. Pada kondisi diam tersebut, perangkat lunak dapat dikatakan stuck/macet pada halaman tertentu.

stuck artinya
Sumber: Envato

Baca Juga: Begini Pengertian Bug Beserta Penyebab dan Cara Mengatasinya

Penggunaan Kata Stuck

Menurut pengertian stuck artinya adalah terjebak/macet/tidak bisa bergerak, berikut merupakan contoh penggunaan kata stuck pada sebuah kalimat pada situasi percakapan sehari-hari maupun dalam konteks IT. Setelah memahami contoh di bawah ini, pastikan kamu tidak salah lagi ya dalam menggunakan kata stuck dalam bahasa inggris. Berikut penjelasannya

1. I’m stuck at the traffic 

(Saya terjebak macet)

2. The software development team got stuck when they encountered compatibility issues.

(Tim pengembang perangkat lunak terjebak ketika mereka menghadapi masalah kompatibilitas)

3. I’m feeling stuck in my routine

(Saya merasa terjebak dalam rutinitas saya)

4. She felt stuck in her current job with no room for career advancement

(Dia merasa terjebak dalam pekerjaannya saat ini tanpa kesempatan untuk pengembangan karir)

5. I’m stuck at the airport due to a flight delay.

(Saya terjebak di bandara karena keterlambatan penerbangan)

6. The project is stuck in a design process, and we can’t move forward.

(Proyek ini terjebak dalam proses desain, dan kami tidak bisa melanjutkan)

7. I’m stuck between two options and can’t decide which one to choose.

(Saya terjebak antara dua pilihan dan tidak bisa memutuskan mana yang harus dipilih)

8. The zipper on my bag is stuck

(Resleting di tas saya macet)

9. The door is stuck, can you help me?

(Pintunya macet, apakah Anda bisa membantu saya?

10. The printer is stuck, it won’t print any documents.

(Printer ini macet; dia tidak mau mencetak dokumen apa pun)

stuck adalah
Sumber: Envato

Beli Hosting Murah

Bagaimana? Apakah kamu sudah memahami stuck artinya apa dan penerapannya dalam konteks IT dan contoh-contoh penggunaan lainnya? Jika kamu sudah memahami stuck artinya apa, maka kamu harus mengimplementasikannya pada kalimat yang sering kamu pakai sehari-hari dengan penempatan yang pas dan maknanya tersampaikan kepada lawan bicara kamu.

Stuck bisa diterapkan di berbagai konteks bidang apapun sesuai penggunaan dan kalimatnya. Mulai sekarang, jangan takut ya untuk menggunakan kata stuck pada kalimat dengan konteks-konteks tertentu karena kamu sudah mengetahui stuck artinya apa.

Hiqbal Fauzi

As SEO Specialist at DomaiNesia with a bachelor's in animal husbandry, passionate about digital marketing, especially in SEO.


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Ekstra Diskon Migrasi 5% serta GRATIS biaya migrasi & setup.

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah

This will close in 0 seconds