• Home
  • Berita
  • Pahami Penggunaan Tinyurl Agar URL mudah diingat!

Pahami Penggunaan Tinyurl Agar URL mudah diingat!

Oleh Hiqbal Fauzi
No ratings yet.
tinyurl

Pernah menemukan alamat URL yang berisikan angka dan huruf yang tidak beraturan? Secara tidak sadar, kamu akan memilih untuk tidak memperhatikan detail alamat URL tersebut, kemudian jika terdapat alamat URL yang serupa, kamu tidak bisa membedakan konten mana yang sedang kamu butuhkan hanya dengan melihat alamat URL. Dalam kasus lain, jika kamu ingin melampirkan alamat URL pada sebuah undangan formal, URL yang panjang dan tidak beraturan akan tidak terlihat elegan dan formal, peserta yang diundang juga merasa kredibilitas acara tersebut rendah karena menggunakan alamat yang tidak rapi. 

Jadi apakah ada solusinya? Pastinya ada! Pernah mendengar TinyURL? TinyURL adalah salah satu platform yang dapat membantu kamu dalam mempersingkat alamat URL dengan kata-kata yang diinginkan. Ingin tahu lebih detail? Yuk simak hingga akhir artikel!

Apa itu TinyURL?

Apa itu TinyURL? TinyURL adalah platform penyedia jasa yang dapat menyederhanakan alamat URL menjadi apa saja yang kita inginkan dengan beberapa ketentuan. TinyURL memungkinkan pengguna untuk dapat menyamarkan URL asli dengan alamat yang mudah dibaca/dihafalkan tanpa harus mengubah URL asli dengan menggunakan nama yang tetap unik. 

TinyURL tidak akan mengganggu URL asli, melainkan akan meneruskan pengguna untuk menuju ke situs tersebut. Tujuan utama dari adanya TinyURL adalah untuk menemukan solusi dari masalah tautan yang terlalu panjang, sulit dibaca dan sulit diingat.

Pada berbagai platform sosial media, TinyURL sering digunakan pengguna untuk mereferensikan tautan di luar sosial media dengan singkat. Platform yang paling sering menggunakan TinyURL adalah X atau Twitter.

tinyurl
Sumber: Envato

Baca Juga: Pahami Cara Membuat Link WhatsApp Ini, Omzet Bakal Melonjak Tajam!

Kenali Fungsi Tinyurl!

Setelah memahami apa itu tinyURl, selanjutnya kamu harus tahu apa saja fungsinya agar dapat memanfaatkan TinyURL lebih optimal. Fungsi TinyURL yang utama adalah untuk menyederhanakan URL yang panjang agar lebih mudah dibaca dan dipahami apa konten dari alamat URL tersebut. Lebih detailnya, yuk simak penjelasan detail dari fungsi TinyURL di bawah ini:

1. Menyederhanakan URL

Fungsi utama dari TinyURL adalah menyederhanakannya menjadi sebuah kata atau kalimat yang “readable” atau dapat dibaca oleh manusia. Terkadang, alamat URL tergenerate secara random yang mengakibatkan adanya angka atau huruf acak di belakangnya untuk menunjukkan keunikan URL tersebut. Kemudian, TinyURL hadir untuk memecahkan permasalahan tersebut dengan tidak mengubah alamat URL asli dan menyamarkannya dengan alamat yang kita inginkan. 

2. Customize URL

Biasanya, pengguna dari TinyURL akan menyamarkan alamat URL sesuai dengan konten atau tujuan dari situs tersebut agar mudah untuk dikenali. Dengan membuat URL sendiri, kredibilitas dari sebuah link akan meningkat, karena penerima bisa langsung mengetahui apa isi, tujuan, serta fungsi dari adanya link tersebut. Namun, hal ini pun bisa disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab karena dapat menyamarkan link-link malicious menjadi terlihat link yang terpercaya.

3. Analisis Traffic pada Jumlah Klik URL

TinyURL menawarkan beberapa paket langganan (subscription) per tahunnya. Setiap paket, terdapat kelebihan yang bisa didapatkan oleh pengguna. Salah satunya adalah tinyurl dapat mendeteksi jumlah traffic dari jumlah pengeklikan dari sebuah URL.

Jadi, pembuat link mendapatkan informasi dalam jangka periode waktu tertentu, berapa kali link tersebut telah dibuka, atau diakses oleh orang lain. Hal ini akan membantu kamu jika kamu ingin mengetahui seberapa banyak orang yang menerima dan membuka link tersebut.

4. Estetika URL

Dengan menggunakan TinyURL, link akan terlihat lebih rapi dan bisa ditempatkan pada poster, ataupun gambar tanpa mengganggu estetika lainnya. TinyURL hanya memperbolehkan huruf kecil, huruf kapital, angka, dan untuk tanda baca bisa menggunakan “-”,dan ”_”. Dengan adanya ketentuan tersebut, URL tidak akan berisikan huruf atau tanda baca acak yang dapat mengganggu estetika dari sebuah link.

tinyurl
Sumber: Envato

Baca Juga: Panduan Custom Domain Tumblr di DomaiNesia

Bagaimana Cara Membuat Tinyurl?

1. Tentukan Link yang Akan Digunakan

Pertama, siapkan link yang ingin kamu gunakan untuk disederhanakan menggunakan TinyURL. Link URL dapat berupa apapun seperti Google Drive, situs website, dan sebagainya. Satu tinyURL hanya berisikan satu situs di dalamnya. Jadi jika kamu memiliki beberapa link URL, maka harus dibuat secara terpisah ya!

2. Pergi ke Halaman TinyURL

Kedua, kamu bisa pergi ke situs halaman dari TinyURL pada browser yang sedang digunakan. Pastikan kamu membuka halaman TinyURL yang resmi ya!

3. Masukkan URL asli dan URL baru yang akan Ditampilkan

Masukkan URL asli pada baris pertama, kemudian isi baris kedua dengan link URL yang ingin digunakan untuk menjadi URL baru yang lebih rapi dan singkat. Kemudian klik shorten URL untuk mengeksekusi URL.

4. URL Siap Dibagikan!

Yey! Sekarang URL kamu lebih rapi dan singkat untuk dibagikan kepada orang lain! Mudah bukan?

tinyurl
Sumber: Envato

Baca Juga: Intip Panduan Memaksimalkan Slug Agar Websitemu Mudah Ditemukan!

Jangan Membuka Tinyurl dari Orang Tidak Dikenal!

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, tinyURL adalah salah satu layanan yang membuat link menjadi dapat disamarkan dan menjadi lebih estetik. Namun, hal ini memang bisa disalahgunakan oleh orang-orang yang memiliki niat jahat untuk menipu menggunakan metode klik link URL.

Sebelumnya, untuk pencegahan dari tautan yang malicious atau berbahaya, kita bisa melihatnya dari URL yang acak, tidak beraturan dan tidak memiliki domain yang terpercaya. Dengan adanya tinyURL, membuat link asli tidak terlihat apakah link tersebut malicious atau tidak.

Maka, hal yang harus kamu lakukan adalah jangan pernah membuka link dari orang yang tidak dikenal walaupun link tersebut menggunakan TinyURL, kamu bisa menanyakan terlebih dahulu keabsahan dari orang yang mengirim serta isi konten dari link tersebut.

Karena bisa jadi, kamu dikelabui dengan hal-hal yang penting atau urgent namun hanya tipuan semata. Jadi, tetap perhatikan secara seksama link URL yang kamu dapatkan, siapa pengirimnya, dan tujuan dari pengiriman tersebut apa. Jika kamu tidak yakin, maka lebih baik tidak perlu di klik ya!

Beli Domain Murah

Penutup

Apakah kamu sudah memahami apa itu tinyURL dan cara membuatnya? TinyURL membuat link URL kamu menjadi lebih singkat dan dapat meningkatkan estetika dari sebuah link. TinyURL bisa dimanfaatkan di segala situasi yang membutuhkan URL yang singkat dan mudah ditemukan saat dibutuhkan.

Jika ingin membuat TinyURL, sesuaikan nama URL baru dengan isi konten dari URL tersebut agar bisa dibedakan dengan link-link lain yang serupa. Jangan lupa gunakan TinyURL dengan bijak dan jangan sampai menyalahgunakan TinyURL menjadi sarana untuk tindakan kriminal atau niat jahat lainnya.

Hiqbal Fauzi

As SEO Specialist at DomaiNesia with a bachelor's in animal husbandry, passionate about digital marketing, especially in SEO.


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Ekstra Diskon Migrasi 5% serta GRATIS biaya migrasi & setup.

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah

This will close in 0 seconds