• Home
  • Berita
  • Jenis-Jenis Control Panel Hosting yang Patut untuk Dicoba!

Jenis-Jenis Control Panel Hosting yang Patut untuk Dicoba!

Oleh Mila Rosyida
No ratings yet.

Bagi pemilik website yang sudah menggunakan web hosting dan domain, pasti sudah tidak asing dengan control panel. Control panel adalah alat yang dapat digunakan untuk mempermudah segala aktivitas pengelolaan domain dan juga hosting.

Control panel ini berbentuk layaknya dashboard yang memiliki berbagai fitur di dalamnya. Saat ini sudah banyak jenis-jenis control panel hosting yang tersedia.

Apa saja jenis-jenis control panel tersebut? Sebelum lanjut ke pembahasan, ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu apa itu control panel hosting. Yuk simak hingga akhir pembahasan kali ini!

Apa itu Control Panel Hosting?

Control panel hosting adalah tools yang digunakan untuk mengelola akun hosting milikmu. Control panel hosting menyediakan akses ke berbagai fitur dan pengaturan yang dibutuhkan untuk mengelola situs website seperti mengelola file, mengkonfigurasi email, mengelola database, dan menginstal aplikasi.

Control panel hosting juga memungkinkan kamu untuk mengelola domain seperti mengatur DNS, mengatur redirect, dan mengelola email. Ada beberapa contoh control panel hosting populer seperti cPanel, Plesk, DirectAdmin, dan Webmin.

Control panel hosting yang digunakan tergantung pada jenis hosting yang kamu pilih dan jenis server yang digunakan oleh penyedia hosting ya! Jadi bisa saja antara satu hosting dan hosting lainnya menggunakan control panel yang berbeda.

Control panel hosting ini memungkinkan kamu untuk melakukan tugas-tugas dasar yang diperlukan untuk mengelola situs website tanpa harus memiliki pengalaman dibidang teknis yang mendalam. 

Nah, sebelum mengetahui jenis-jenis control panel hosting ketahui lebih dulu apa saja fungsi control panel hosting pada bahasan selanjutnya.

Apa saja Fungsi dari Control Panel Hosting?

Setelah paham mengenai pengertian control panel hosting, kini kamu akan membaca mengenai fungsi control panel itu sendiri.

Fungsi control panel hosting bervariasi tergantung pada jenis control panel yang kamu gunakan, namun beberapa fungsi umum yang dapat ditemukan pada control panel hosting seperti: 

  • File Management – mengelola file situs web seperti mengupload, mendownload, mengedit, dan menghapus file. 
  • Database Management – mengelola dan mengkonfigurasi database seperti menciptakan dan menghapus tabel, menambahkan atau menghapus pengguna, dan mengoptimalkan database. 
  • Email Management – mengelola email, seperti menciptakan, mengedit, dan menghapus akun email, mengatur forwarder, dan mengatur autoresponder.
jenis-jenis control panel hosting
Sumber : envato
  • Domain Management – mengelola domain seperti mengatur DNS, mengatur redirect, dan mengelola email. 
  • Security Management – mengelola keamanan situs web milikmu seperti mengatur password, membuat cadangan file dan database, dan mengelola akses FTP. 
  • Statistik– melihat lalu lintas situs web, menganalisis lalu lintas, melihat lalu lintas referensi, dan lain-lain. 
Sumber : envato
  • Application Management – menginstal aplikasi seperti WordPress, Joomla, Drupal, dll. 
  • Server Management – mengelola konfigurasi server, mengoptimalkan server, dan mengatur fitur-fitur tambahan seperti PHP, Perl, dan Python
  • Support Management– mengelola tiket dukungan, melihat riwayat dukungan, dan mengirim pesan dukungan. 
Sumber : envato

Fungsi-fungsi tersebut sebenarnya bervariasi dari satu control panel ke control panel lainnya, tapi fungsi umum dari control panel hosting adalah memberikan akses ke fitur-fitur yang diperlukan untuk mengelola dan mengoptimalkan situs website milikmu.

Jenis-Jenis Control Panel Hosting

Kini kamu sudah lebih siap untuk lanjut membahas jenis-jenis control panel hosting. Saat ini tersedia jenis-jenis control panel hosting yang dapat membantumu mengelola website. Nah berikut adalah jenis-jenis control panel hosting antara lain :

Direct Admin

Jenis-jenis control panel hosting yang pertama adalah Direct Admin. DirectAdmin adalah control panel hosting yang digunakan untuk mengelola dan mengoptimalkan situs web.

Direct Admin menjadi salah satu alternatif control panel yang cukup populer dan banyak digunakan. Control panel ini memiliki antarmuka yang responsif dan mudah digunakan, serta menyediakan berbagai fitur yang diperlukan untuk mengelola situs web milikmu.

Fitur-fitur yang dimiliki DirectAdmin termasuk file management, email management, domain management, security management, statistik, application management, dan server management.

DirectAdmin juga memberikan pilihan jika kamu ingin menambahkan modul tambahan untuk meningkatkan fungsionalitas control panel. Beberapa sistem operasi berikut ini bisa menggunakan contoh control panel ini seperti Windows, Mac Os, dan Linux.

Plesk

Dari beragam jenis-jenis control panel, kini DomaiNesia mengajak kamu untuk membahas Plesk.

Sama layaknya Direct Admin, Plesk juga bagian dari control panel hosting yang dapat kamu manfaatkan untuk mempermudah proses mengelola situs web.

Plesk adalah software berbayar, namun juga tersedia dalam versi gratis yang disebut “Plesk Onyx for Linux Web Hosting” yang memiliki fitur yang terbatas dan digunakan untuk keperluan hosting website personal atau kecil.

Versi gratis ini memungkinkan kamu untuk mengelola website, email dan domain kamu, serta menyediakan beberapa fitur seperti pembuatan cadangan, pengelolaan file, dan pengelolaan database.

Namun, jika kamu ingin mengelola server profesional dan menambahkan fitur-fitur seperti pengelolaan reseller, VPS dan Cloud hosting, kamu harus membeli versi berbayar dari Plesk.

Webmin

Webmin adalah control panel hosting yang digunakan untuk mengelola server Linux. Webmin adalah salah satu jenis-jenis control panel yang bersifat open source dan dikembangkan untuk sistem operasi Linux.

Dilengkapi antarmuka yang mudah untuk dioperasikan.

Webmin menyediakan berbagai fitur yang diperlukan untuk mengelola server Linux, mulai dari mengelola file, mengkonfigurasi email, mengelola database, dan menginstal aplikasi. Fitur-fitur Webmin termasuk pengaturan domain, keamanan, statistik, dan pengelolaan aplikasi.

Contoh control panel ini dapat digunakan pada sistem operasi Linux, seperti Ubuntu, Debian, CentOS, dan lainnya. 

cPanel

Jenis-jenis control panel hosting selanjutnya adalah cPanel. cPanel adalah salah satu jenis control panel hosting yang paling populer dan banyak digunakan. cPanel merupakan software yang digunakan untuk mengelola server dan hosting.

Contoh control panel ini juga dilengkapi dengan fitur dasar untuk mengelola situs web mu, seperti mengelola file, mengkonfigurasi email, pengelolaan database, dan menginstal aplikasi.

Nah cPanel ini juga digunakan di hosting DomaiNesia, penggunaan cPanel sangatlah mudah. Semua fitur dikategorikan sesuai dengan hosting yang digunakan.

Apabila kamu memiliki hosting di DomaiNesia, tentu saja kamu melakukan upgrade cPanel yang menyesuaikan dengan kebutuhan website baik website sederhana maupun website yang kompleks.

Webuzo

Webuzo adalah control panel hosting virtual yang digunakan untuk mengelola dan mengoptimalkan situs web. Webuzo adalah software yang dapat digunakan untuk mengelola dan mengoptimalkan server kamu, dan menyediakan berbagai fitur yang diperlukan untuk mengelola situs web kamu.

Fitur-fitur Webuzo termasuk file management, email management, domain management, security management, statistik, application management dan server management.

Webuzo merupakan software berbayar dengan beberapa pilihan lisensi yang tersedia, seperti lisensi VPS, lisensi Dedicated Server, dan lisensi Reseller. Harga tergantung pada jumlah server dan jumlah lisensi yang dibutuhkan.

Beberapa perusahaan juga menawarkan versi demo Webuzo yang dapat digunakan untuk mencoba fitur-fiturnya sebelum memutuskan untuk berlangganan.

Zpanel

Zpanel adalah bagian dari jenis-jenis control panel yang bersifat open source untuk mengelola server web dan juga hosting. Contoh control panel ini dapat digunakan secara gratis dan tentunya tanpa biaya.

Namun, jika kamu menginginkan fitur yang lebih lengkap maka kamu diharuskan untuk membayar lisensi. Berikut ini beberapa fitur stkamur yang akan kamu dapatkan, seperti:

  • Pengelolaan akun pengguna, kamu dapat menambah, mengedit, dan menghapus akun pengguna, dan mengatur hak akses mereka. 
  • Pengelolaan email, memungkinkan kamu untuk membuat, mengedit, dan menghapus akun email, dan mengatur pengaturan email seperti forwarder dan autoresponder. 
  • Pengelolaan domain, fitur ini dapat kamu manfaatkan untuk menambah, mengedit, dan menghapus domain dan mengatur DNS. 
  • Pengelolaan database, fitur ini bisa membantu kamu untuk membuat, mengedit, menghapus database, dan mengatur akun pengguna database. 
  • Keamanan yang sudah dilengkapi dengan fitur seperti Firewall, antivirus, dan pengelolaan password.
  • Dan masih banyak lagi fitur yang lain seperti pengelolaan aplikasi, backup, dan juga dilengkapi dengan fitur statistik untuk melihat penggunaan CPU, RAM, dan transfer data.

ISPConfig

ISPConfig adalah contoh control panel hosting open source yang digunakan untuk mengelola server Linux.

ISPConfig menyediakan antarmuka web yang intuitif dan mudah digunakan serta menyediakan berbagai fitur yang diperlukan untuk mengelola server Linux, seperti mengelola file, mengkonfigurasi email, mengelola database, dan menginstal aplikasi.

Fitur-fitur ISPConfig termasuk pengaturan domain, keamanan, statistik, dan pengelolaan aplikasi. ISPConfig juga menyediakan fitur untuk mengelola reseller dan VPS. ISPConfig dapat digunakan pada sistem operasi Linux, seperti Ubuntu, Debian, CentOS, dan lainnya.

ISPConfig memfokuskan pada keamanan, stabilitas dan kinerja yang baik serta mudah digunakan. ISPConfig juga menyediakan fitur-fitur seperti pembuatan cadangan, one click installer, dan fitur-fitur lain yang memudahkan dalam mengelola server.

Cyberpanel

CyberPanel adalah control panel hosting open-source yang digunakan untuk mengelola server Linux.

CyberPanel menyediakan antarmuka web yang intuitif dan mudah digunakan serta menyediakan berbagai fitur yang diperlukan untuk mengelola server Linux, seperti mengelola file, mengkonfigurasi email, mengelola database, dan menginstal aplikasi.

Fitur-fitur CyberPanel termasuk pengaturan domain, keamanan, statistik, dan pengelolaan aplikasi. CyberPanel juga menyediakan fitur untuk mengelola reseller dan VPS.

CyberPanel dapat digunakan pada sistem operasi Linux, seperti Ubuntu, Debian, CentOS, dan lainnya. CyberPanel di desain untuk menjadi cepat, ringan dan efisien serta mengutamakan keamanan.

CyberPanel juga menyediakan fitur-fitur seperti pembuatan cadangan, one click installer, dan fitur-fitur lain yang memudahkan dalam mengelola server.

Easy Hosting Control Panel (EHCP)

Easy Hosting Control Panel (EHCP) adalah control panel hosting open-source yang digunakan untuk mengelola server Linux.

EHCP menyediakan antarmuka web yang intuitif dan mudah digunakan serta menyediakan berbagai fitur yang diperlukan untuk mengelola server Linux, seperti mengelola file, mengkonfigurasi email, mengelola database, dan menginstal aplikasi.

Fitur-fitur EHCP termasuk pengaturan domain, keamanan, statistik, dan pengelolaan aplikasi.

EHCP juga menyediakan fitur untuk mengelola reseller dan VPS. EHCP dapat digunakan pada sistem operasi Linux, seperti Ubuntu, Debian, CentOS, dan lainnya.

EHCP di desain untuk memudahkan dalam mengelola server dengan fitur-fitur seperti pembuatan cadangan, one click installer, dan fitur-fitur lain yang memudahkan dalam mengelola server.

EHCP juga dioptimalkan untuk mengelola akun email dan domain dengan baik.

Mana Control Panel Hosting Pilihanmu?

Control panel adalah tools yang digunakan untuk pengelolaan hosting dan server. Tersedia jenis-jenis control panel yang bisa kamu gunakan seperti cPanel, Easy Hosting Control Panel, Cyberpanel, ISPconfig, Webuzo, Webmin, Plesk, Zpanel, dan Direct Admin.

Dari semua jenis-jenis control panel yang tersedia, penggunaan control panel sebenarnya tergantung pada layanan penyedia hosting yang digunakan. 

Buat kamu yang ingin mengoperasikan control panel dengan mudah, kamu bisa pilih cPanel DomaiNesia. Penggunaan yang mudah dan mengaktifkan fitur yang mudah dapat kamu temukan pada cPanel DomaiNesia.

Tertarik menggunakan cPanel DomaiNesia? Langsung saja beli hosting DomaiNesia! Pilih paket hosting sesuai dengan kebutuhan websitemu!

Mila Rosyida

Halo ! I'm a Technical Content Specialist in DomaiNesia. I love learn anything about Technical, Data, Machine Learning, and more Technology.


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah

This will close in 0 seconds