Perpanjang Masa Aktif Domain

Oleh Bimo Hutomo
4.75/5 (4)

“Domain saya sudah mendekati masa tenggang nih, bagaimana ya cara perpanjang domain?” 

Perpanjang masa aktif domain memang harus segera dilakukan apabila domain anda sudah mendekati tanggal kadaluarsa. Ketika domain akan berakhir anda akan mendapat invoice perpanjangan yang dikirim melalui email. Nah, terkadang anda sering lupa atau mungkin tidak membuka email. Dan ternyata sebulan kemudian, domain anda telah expired. Maka dari itu, anda harus melakukan perpanjang domain agar website baik-baik saja. Mau tahu cara perpanjang domain dengan mudah? Silahkan ikuti panduan cara perpanjang domain di bawah ini ya.

Bagaimana Cara Perpanjang Domain?

Agar domain anda tidak hilang, segera lakukan perpanjang domain dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Login MyDomaiNesia

Silahkan buka MyDomaiNesia pada web browser. Kemudian login sesuai dengan akun anda. Akun ini merupakan akun DomaiNesia ya bukan akun cPanel! Setelah email dan password dimasukkan maka klik Sign In.

2. Memilih Domain

Setelah berhasil login maka anda akan diarahkan ke halaman dashboard client area. Di client area ini anda dapat mengelola produk DomaiNesia seperti domain, hosting, VM ataupun SSL. Nah, pada panduan ini akan dilakukan memperpanjang masa aktif domain. Sehingga, pada bagian sidebar (sebelah kiri) silahkan klik Menu Domains. Kemudian pilih domain yang ingin diperpanjang. Kemudian beri tanda centang dan klik domain tersebut. Jangan lupa ya, pilih domain yang ingin diperpanjang masa aktifnya!

3. Memilih Renew Now

Kemudian silahkan klik tabs Actions. Pada bagian bawah, anda akan menemukan tombol Renew Now. Silahkan klik Renew.

4. Menentukan Durasi Waktu

Setelah klik Renew, maka anda akan diarahkan ke halaman Domain Renewal. Silahkan pilih periode perpanjangan domain. Anda bisa memperpanjang domain selama 1 tahun, 2 tahun atau 10 tahun. Apabila sudah selesai silahkan klik Add to Cart. Untuk melihat detailnya anda bisa klik View Cart.

5. Melengkapi Pesanan

Selanjutnya, anda akan diberikan ringkasan mengenai detail perpanjang domain. Fitur domain yang diaktifkan seperti DNS Management atau Email Forwarding, harga perpanjang domain maupun total pembayaran. Kemudian, silahkan klik Checkoutuntuk melanjutkan perpanjangan.

Setelah selesai jangan lupa klik Complete Order.

6. Melunasi Tagihan

Maka Anda akan mendapatkan Proforma Invoice. Proforma Invoice adalah dokumen tagihan sementara dalam transaksi jual-beli. Proforma Invoice akan dikirimkan kepada pembeli sebelum melakukan pembayaran. Biasanya Proforma Invoice berisi informasi mengenai jenis dan jumlah barang atau jasa yang dibeli. Nah setelah selesai melakukan pembayaran maka Anda akan mendapatkan invoice resminya yang menyatakan bahwa Anda pembayaran telah berhasil dilakukan. Proforma Invoice dapat Anda lihat pada saat itu juga setelah klik Complete Order . Untuk metode pembayarannya, Anda dapat memilih sesuai dengan keinginan, misalnya melalui transfer bank, OVO, Paypal, dsb. Detailnya silahkan buka metode pembayaran DomaiNesia.

Catatan : Anda harus melakukan pembayaran sebelum tanggal yang tertera pada Proforma Due Date

Pada Proforma Invoice yang Anda dapatkan akan menampilkan detail harga layanan apa saja yang Anda pesan. Setiap pembelian layanan di DomaiNesia akan dikenakan biaya administrasi yang harus Anda bayarkan. Biaya administrasi digunakan untuk mempermudah pembayaran layanan yang Anda pesan. Biaya Administrasi yang ditagihkan dalam rentang nominal Rp 1,00 hingga Rp 1000,00 saja.

Catatan : Pastikan Anda membayar layanan beserta biaya administrasi sesuai nominal pada Kolom Total di Proforma Invoice.

Lupa Perpanjang Domain?

Tenang saja DomaiNesians! Bagi anda yang sering lupa untuk memperpanjang domain saking banyaknya hal yang dipikirkan, jangan panik. Dalam 30 hari sebelum memasuki kadaluwarsa, Kami akan memberikan pemberitahuan mengenai perpanjangan domain melalui email anda. Tidak hanya sampai disitu, apabila anda lupa kembali, maka anda akan mendapatkan email pemberitahuan yang kedua dalam waktu 7 hari sebelum memasuki kadaluwarsa. Bedanya pada pemberitahuan yang kedua ini anda akan menerima invoice pembayaran secara langsung. Jadi, mudah bagi anda untuk melakukan perpanjangan domain. Memperpanjang domain adalah hal yang sangat penting untuk keberlangsungan website. Untuk itu, jangan sampai lupa atau bahkan tidak melakukan perpanjangan domain ya DomaiNesians!

Sumber : Elements Envato

Baca Juga : Panduan Status Domain DomaiNesia

Closing

Jika domain anda mendekati masa kadaluarsa, segera lakukan perpanjang domain! Hal tersebut untuk menghindari adanya domain hilang dan website error. Di DomaiNesia anda bisa mengikuti cara perpanjang domain dengan mudah di my.domainesia.com. Mudah dan nggak ribet kan? 😀 Tertarik untuk menggunakan layanan Hosting di DomaiNesia? Silahkan kunjungi layanan hosting terbaik DomaiNesia. Masih bingung dalam memilih Hosting? Hmmm baca dulu Tips Memilih Hosting Khusus Pemula. Salam DomaiNesia! 😀

Bimo Hutomo

As a marketer at DomaiNesia. I'm a fan of lego. Electrical engineer but a bit obsessed about marketing.

Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!