• Home
  • Keamanan
  • Panduan Mengaktifkan Hotlink Protection cPanel

Panduan Mengaktifkan Hotlink Protection cPanel

Oleh Mila Rosyida
No ratings yet.

Hotlink Protection cPanel – Hotlinking pada website bisa dianggap sebagai tindakan pencurian data. Mengapa begitu? Hal ini dikarenakan mengambil gambar tanpa proses pengunduhan. Hotlinking hanya dilakukan dengan mengambil link gambar secara langsung dari suatu website tanpa izin kepada pemilik website. Nantinya link gambar akan dimasukkan ke dalam website lain. Tentunya itu merupakan pencurian dan merugikan pihak pemilik website yang menjadi korban hotlinking. Biasanya hotlinking dilakukan oleh orang- orang yang tidak ingin repot dalam membuat konten website. Cukup mengambil link gambar website lain, maka konten akan selesai dibuat. Namun, perlu diketahui tidak semua blogger melakukan hotlinking. Untuk itu, sebelum terlambat kamu masih bisa mencegah hotlinking pada websitemu dengan cara mengatifkan fitur Hotlink Protection cPanel.

Disebut juga dengan Inline Linking, Hotlinking adalah proses mengambil gambar pada suatu website lain dengan cara menyalin URL gambar seolah- olah gambar tersebut berasal dari website itu sendiri. Walaupun hanya berbentuk link atau URL, hotlinking tetap saja merupakan suatu pencurian data dan pelanggaran hak cipta. Hotlink. Penyebab blogger melakukan hotlinking adalah untuk membuat dan mengembangkan konten website dengan cepat tanpa ribet. Cukup mengambil URL gambar website lain, konten pun jadi.

Sumber : Elements Envato

Lantas, apa dampaknya ketika blogger melakukan hotlinking? Tentunya akan memberikan kerugian pada korban hotlinking atau pemilik website. Terdapat 2 dampak yang akan dirasakan oleh korban atau pemilik website. Pertama, pemilik website akan dirugikan karena pelanggaran hak cipta. Misalnya memiliki bisnis catering, ada beberapa gambar makanan yang ditampilkan di website untuk menarik hati pengunjung website atau sebagai bahan promosi bisnis. Tiba- tiba ada blogger yang mengambil gambar makanan tersebut. Validitas gambar makanan tersebut akan dipertanyakan bukan? Nah, itulah sebabnya mengapa hotlinking merupakan pelanggaran hak cipta. Kedua, meledaknya bandwidth server. Hotlinking akan berdampak pada penggunaan bandwith di server. Semakin banyak blogger melakukan hotlinking ke websitemu maka bandwidth server hosting akan semakin tinggi. Apabila badwidth server tinggi, otomatis server menjadi down. Akibatnya websitemu tidak bisa diakses pengunjung untuk sementara waktu. Tidak hanya itu, dari pihak penyedia hosting juga bisa memberikan peringatan karena hal itu membuat server menjadi down dan merugikan pengguna hosting lainnya.

Sumber : Elements Envato

Untuk itu demi mencegah hotlinking pada website, kamu bisa memanfaatkan fitur Hotlink Protection. Hotlink Protection adalah salah satu fitur keamanan terhadap pencurian data via URL yang disediakan oleh cPanel. Hotlink Protection akan melindungi websitemu dari hotlinking yang dilakukan oleh orang yang tidak bertanggungjawab. Hotlink Protection akan mencegah dengan cara membuat gambar agar tidak ditampilkan pada website lain.

Baca Juga : Tips Mengamankan WordPress (Instalasi, Kustomisasi dan Konfigurasi)

Mengecek Apakah Website Terkena Hotlinking

Kamu bisa mengecek seberapa banyak blogger telah melakukan hotlinking pada websitemu. Caranya cukup mudah. Kamu hanya perlu masuk ke dalam Google Image. Kemudian ketik perintah seperti di bawah ini dan sesuaikan dengan nama domain atau websitemu.

Baca Juga : Cara Mengatasi DDoS Menggunakan CloudFlare

Sekarang saatnya mengaktifkan Hotlink Protection cPanel Hosting. Adapun langkah- langkah yang harus kamu lakukan adalah :

1. Login cPanel Hosting

Langkah pertama pada panduan mengaktifkan Hotlink Protection cPanel adalah login ke cPanel. Login cPanel dapat melalui https://namadomain/cpanel, sesuai email yang dikirim dari DomaiNesia mengenai Informasi Account Hosting. Bagi anda yang belum tahu cara login cPanel, silahkan baca di Cara Login cPanel Hosting.

Setelah berhasil masuk ke cPanel hosting, langkah selanjutnya adalah memilih menu Hotlink Protection. Silahkan ketik Hotlink Protection pada kolom pencarian, lalu klik Hotlink Protection seperti di bawah ini.

Sebelum kamu mengaktifkan Hotlink Protection, ada beberapa konfigurasi yang bisa kamu tambahkan. Terdapat 4 konfigirasi yang bisa kamu lakukan antara lain :

URL’s to Allow Access

Pada kolom ini akan menampilkan semua URL blog (domain utama dan subdomain) yang ada di hostingmu. Nah, kamu dapat mengatur siapa saja yang boleh melakukan hotlinking. Maksudnya adalah pada daftar URL itulah bisa saling melakukan hotlinking.

hotlink protection cpanel

Block direct access for the following extensions (comma-separated)

Selain itu kamu juga bisa mengatur ekstensi file mana saja yang ada di websitemu yang tidak diperbolehkan untuk hotlinking. Apabila lebih dari satu ekstensi file, silahkan pisahkan dengan tanda koma (,). Misalnya kamu tidak ingin memberikan akses gambar ke website lain, maka kamu bisa memasukkan semua ekstensi gambar yang ada di websitemu (.jpg, .jpeg, .png, .gif).

Allow direct requests (for example, when you enter the URL of an image in a browser)

Apabila kamu mengizinkan orang lain untuk mengakses gambar secara langsung melalui browser, silakan beri tanda centang. Sebagai contoh kamu mengakses namadomain.com/gambar.png di web browser. Maka URL tersebut akan menampilkan file gambar dan tidak akan diblokir oleh server.

Redirect the request to the following URL

Konfigurasi ini digunakan untuk mengalihkan hotlinking ke website lain. Misalnya kamu ingin mengalihkan hotlinking ke Google. Nantinya semua permintaan hotlink dari website lain akan diblokir dan dialihkan ke Google. Setelah semua konfigurasi telah selesai, silahkan klik Submit.

Setelah selesai melakukan beberapa konfiguras, sekarang saatnya mengaktifkan Hotlink Protection cPanel. Silahkan klik Enable untuk mengaktifkan Hotlink Protection.


Jika muncul seperti gambar di bawah ini, itu artinya Hotlink Protection cPanel telah berhasil diaktifkan.

Apabila kamu ingin me-nonaktifkan fitur Hotlink Protection cPanel, cukup klik Disable seperti gambar di bawah ini. Maka semua perlindungan pda hotlinking akan dimatikan. Sehingga blogger diperbolehkan melakukan hotlinking secara bebas.

Kesimpulan

Mengaktifkan Hotlink Protection di cPanel Hosting mudah dilakukan bukan? Untuk itu, segera aktifkan fitur Hotlink Protection untuk melindungi websitemu dari hotlinking orang yang tidak bertanggung jawab. Perlindungan lain yang bisa kamu lakukan adalah menambahkan ID Protection untuk domainmu. Lebih lengkapnya silahkan baca dan ikuti panduan Cara Menambahkan ID Protection (Privacy Protection).

Mila Rosyida

Halo ! I'm a Technical Content Specialist in DomaiNesia. I love learn anything about Technical, Data, Machine Learning, and more Technology.

Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!