• Home
  • Tips
  • Cara Mengoptimalkan Online Marketing 2020

Cara Mengoptimalkan Online Marketing 2020

Oleh Ratna Patria
5/5 (1)
cara mengoptimalkan online marketing 2020

Setiap bisnis pasti membutuhkan perencanaan pemasaran. Hal ini bertujuan untuk terus mengambangkan bisnis tersebut. Bersaing dengan bisnis lain dan menjangkau lebih banyak pelanggan. Bisnis pasti akan terus berlanjut dan menyesuaikan dengan keadaan sekitar, seperti; lingkungan, teknologi, dan kebutuhan masyarakat. Lantas bagaimana cara kita agar bisa mempertahankan bisnis?

Ada banyak sekali strategi yang bisa diterapkan perusahaan untuk terus mengibarkan bisnisnya. Nah, berikut ini ada empat langkah yang bisa kamu ikuti untuk mengoptimalkan rencana pemasaran online. Supaya bisnismu bisa terus berkembang.

#1 Lakukan Evaluasi

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah evaluasi. Pastikan bahwa bisnismu mu punya brand-image yang bagus. Evaluasilah apa yang sudah bisnismu lakukan dalam satu tahun terakhir. Pencapaian apa yang sudah diraih. Dan apa yang belum tercapai. Apakah sudah sesuai dengan apa yang kamu harapkan? Apa saja yang perlu diperbaiki? Berapa banyak uang yang harus kamu keluarkan untuk mencapai tujuan-tujuan tersebut?

Mulailah merencanakan semuanya. Analisa bagaimana teknik pemasaran online bisnismu pada tahun sebelumnya.

#2 Tetapkan Tujuan Marketing Tahunan

Langkah kedua adalah menetapkan tujuan marketing. Setelah mengevaluasi, pelajari apa saja langkah marketing yang sudah kamu lakukan untuk bisnismu tahun lalu. Amati dan analisa bagaimana performanya.

Bisnis mungkin saja tumbuh. Atau mungkin tahun ini kamu perlu memperbaikinya. Review-lah produk dan jasa bisnismu untuk menentukan langkah apa yang dapat kamu ambil untuk kedepannya, yang menurutmu memberikan hasil yang lebih efektif.

Dalam tahap ini, kamu harus memeriksa lebih rinci dan mengorganisir semuanya. Dengan menganalisa bisnis plan tahun lalu mungkin bisa membantumu mendapat perspektif yang berbeda.

pemasaran online
Sumber: Pixabay

Tentukan tujuan pemasaran online satu tahun ke depan

Apa yang ingin kamu capai di tahun 2020? Tentukan tujuanmu mulai dari sekarang. Bandingkan tujuan tersebut dengan tujuan tahun sebelumnya. Apakah ada yang berubah? Ide bagus jika kamu menganalisa performa bisnismu setiap sebulan sekali. Dan melihat apakah kamu butuh perubahan untuk membuat bisnismu lebih profitable atau tidak.

Pastikan juga kamu punya rencana keuangan untuk setiap tindakan yang akan kamu lakukan.

Mengidentifikasi Target Audience

Marketplace berubah setiap saat. Fokuslah pada target pasar yang dituju dan bagaimana mereka bereaksi terhadap produk kamu. Pikirkan cara menarik client. Dan cari cara agar mereka tertarik dengan produk atau jasa yang kamu tawarkan.

Analisa Pesaing

Amati apa yang dilakukan oleh pesaingmu. Jadi kamu bisa menarik beberapa pelanggan mereka untuk mencoba produkmu juga. Apa yang membuat pesaingmu sukses? Apa keunggulan yang membuat mereka tetap bertahan sampai saat ini? Dan teknik pemasaran online apa yang mereka lakukan.

Pahami Produk

Kamu pasti tahu produkmu, kan? Tapi, mungkin kamu harus melihat bagaimana pelanggan meresponya. Apakah mereka juga terlibat dalam mempromosikan produk mu? Apakah orang yang membeli akan merekomendasikannya?

Ini mungkin terlihat terlalu biasa, tapi untuk mengetahui produkmu sendiri dari sudut pandang lain adalah dengan bertanya kepada pelangganmu.

Carilah opini dari pelanggan yang pernah menggunakan produkmu (influencer atau pembeli yang akan memberikan ulasan jujur tentang alasan mengapa mereka suka atau tidak suka dengan produkmu). Dengan begitu Kemudian kamu bisa tahu keunggulan dan kelemahan produkmu. Dan bisa mengambil keputusan yang tepat untuk langkah selanjutnya.

#3 Tentukan prioritas

Setelah kamu menentukan tujuan, kamu harus membuat prioritas.

Atur tanggal untuk mencapai semua tujuanmu. Jadi kamu tahu kapan pekerjaanmu selesai dan dapat beralih ke pekerjaan lainnya. Dengan begitu, kamu tahu tindakan apa yang harus kamu kerjakan terlebih dahulu. Dengan mengorganisir semuanya kamu tidak akan membuang-buang waktu. Malah kedepannya pekerjaanmu akan jadi lebih efisien dan efektif.

Pikirkan bagaimana kamu mengeksekusi semua tugas-tugas tersebut. Bagaimana kamu membuat semua ide kreatif ke dalam satu tempat. Jadi kamu bisa memeriksa apa yang perlu dan apa tidak perlu. Berikut ini beberapa saran.

pemasaran online
Sumber: Pixabay

Membuat Papan Visi

Buatlah papan visi untuk jangka waktu bulanan atau tahunan. Tempelkan beberapa gambar atau catatan yang menggambarkan tujuanmu. Hal ini akan membantumu untuk mengerjakan tugas apa yang harus kamu selesaikan dan memaksimalkan usaha untuk tahun yang akan datang.

Atur Prioritas

Tugas apa yang membutuhkan perhatian lebih? Apa kamu punya produk yang sangat potensial tapi tidak terjual? Bagaimana dengan produk yang sudah terjual? Mungkin kamu ingin menjualnya beberapa lagi. Atur budget dan pilih mana tugas yang harus mendapat prioritas lebih.

#4 Rencanakan Social Media Campaigns

Merencanakan anggaran adalah hal yang sangat penting dalam pemasaran online. Tapi jangan biarkan hal ini menakutimu. Akan lebih baik jika kamu punya strategi untuk social media marketing.

Bandingkan pengeluaran pesaing bisnismu untuk merencanakan campaigns di sosial media. Jangan ketakutan jika pesaingmu menghabiskan uang lebih banyak darimu. Marketing yang kreatif bisa saja mendapatkan hasil yang sama. Bahkan biasanya perusahaan besar juga tidak mendapatkan hasil yang sesuai dengan pengeluaran mereka. Fokuslah pada ide kreatif dan budget yang efisien.

Sosial Media Advertising

Iklan melalui sosial media merupakan aspek yang penting dalam marketing dan selayaknya mempunyai divisi tersendiri. Sangat kecil kemungkinan bisnis mendapat daya tarik yang tepat tanpa budget advertising. Instagram dan Facebook adalah contoh dua platform yang sangat cocok untuk melakukan advertising melalui sosial media.

Carilah platform lainnya yang sesuai dengan target pasar bisnismu.

Analisa setiap tindakan dan tentukan apa yang harus dipertahankan. Video advertising biasa mendapat jangkauan customer lebih banyak. Untuk itu, jangan lupa untuk membuat advertising dalam bentuk video. Sebaiknya berdurasi 10 sampai 30 detik.

Salah satu keuntungan yang didapat dari advertising melalui sosial media ini adalah testability factor dan analisa yang jelas. Dengan begitu kamu bisa membuat dan memonitor iklan dengan mudah.

Tips : Atur juga rencana B jika rencana A tidak berjalan sesuai dengan harapan. Buat detail rencana alternatif dan kemungkinan-kemungkinan lainnya.

Berkolaborasi dengan bisnis lain

Carilah beberapa product dari suatu brand yang bisa diajak bekerjasama. Kerjasama ini bisa mengubah brand preception. Contoh dari teknik marketing seperti ini adalah McDonald’s yang menjual Coca-Cola, sepaket dengan makanan. Kerjasama ini win-win solution untuk kedua perusahaan.

Biasanya perusahaan yang kamu ajak kolaborasi juga akan mengiklankan produkmu.

Sumber: Pixabay

Bekerjasama dengan influencer

Dalam pemasaran online, kamu bisa melibatkan Influencer untuk membangun brand bisnismu. Pilihlah mereka dengan hati-hati. Pantau keterlibatan mereka dengan produkmu. Ada banyak analytic tools yang bisa memantau kegiatan para influencer.

Pilih influencer yang mempunyai passion yang sama dengan produk yang kamu jual. Pilih influencer berdasarkan performance, jangkauan followers, dan passion.

Libatkan media

Temui beberapa media dan mintalah mereka untuk mewawancarai anda atau CEO perusahaan. Ini menunjukkan perusahaanmu transparan, friendly, dan layak untuk diberitakan. Hal ini juga termasuk teknik branding agar bisnismu lebih dikenal masyarakat luas.

Manfaatkan tren

Carilah tren. Kemudian manfaatkan tren tersebut untuk memperkuat marketing perusahaan. Marketing yang berkaitan dengan tren biasanya lebih banyak kesempatan untuk menjangkau banyak orang.

Cari juga teknik promosi baru yang bisa meningkatkan brand-awareness. Misalnya membuat majalah, ebook, podcast, dan lain sebagainya.

Jika kamu meminta bantuan digital marketing agency, mintalah mereka untuk membuat program yang bisa menyesuaikan tren namun terintegrasi dengan ide-ide perusahaan. Carilah solusi yang inovatif.

pemasaran online
Sumber: Pixabay

Rencanamu Siap Direalisasikan

Itulah Cara Mengoptimalkan Rencana Pemasaran Online dalam 4 Tahap, yakni dengan; mengevaluasi kinerja bisnis di tahun sebelumnya, menetapkan tujuan marketing di tahun yang akan datang, menentukan prioritas, dan merencanakan sosial media campaign.

Tahun baru adalah awal yang bagus untuk memulai kembali rencana perusahaan agar lebih fresh. Untuk itu jangan abaikan kesempatan mengembangkan bisnismu menjadi lebih baik lagi di tahun ini.

Ratna Patria


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!