CloudFlare: Apa, Mengapa dan Bagaimana?2 min read

No ratings yet.

CloudFlare adalah

Ingin website kamu lebih aman? Terhindar dari ancaman DDOS? Coba gunakan CloudFlare untuk melindungi website kamu deh. CloudFlare adalah pelindung pihak ketiga yang dapat meminimalisir ancaman serangan. Selain itu, CludFlare juga bisa membuat akses website menjadi lebih cepat dengan fitur caching yang dimilikinya. Yuk ketahui apa itu CloudFlare, manfaat serta cara menggunakan CloudFlare.

Apa itu CloudFlare?

CloudFlare adalah salah satu Content Delivery Network yang berada di tengah- tengah domain dan web hosting. Ketika pengunjung membuka suatu website dengan domain tertentu, maka tentu saja akan diarahkan ke alamat IP milik web hosting. Misalnya, anda akan mengunjungi website domainesia.com dengan alamat IP 10.1.10.3. Hal pertama yang anda lakukan yaitu membuka alamat website menggunakan web browser. Setelah itu, anda akan diarahkan ke web hosting dengan alamat IP tersebut. Hal ini tentu saja sangat rawan apabila ada pihak ketiga yang langsung melakukan attack terhadap web hosting. Karena domain langsung menunjuk lokasi website pada web hosting. Untuk itu, anda memerlukan CloudFlare sebagai pihak ketiga yang menjadi perantara domain dan web hosting. Dengan CloudFlare anda dapat meminimalisir ancaman DDOS dan mengelola urusan cache.

Mengapa Harus Menggunakan CloudFlare?

Terdapat berbagai kentungan yang bisa anda dapatkan ketika menggunakan CloudFlare. Yaitu,
1. Gratis! Tidak dipungut biaya apapun!
Di DomaiNesia, anda dapat mengaktifkan dan menggunakan CloudFlare secara GRATIS!
2. CloudFlare dapat digunakan di beberapa domain
Bagi anda yang memiliki banyak domain dalam satu web hosting, jangan khawatir. Anda dapat menggunakan CloudFlare di beberapa domain yang terdaftar di satu hosting.
3. Menyembunyikan alamat IP asli dari web hosting
Hal ini bertujuan agar hacker tidak mudah untuk melakukan serangan ke server. CloudFlare akan menyembunyikan alamat IP dari web hosting.

cloudflare adalah

4. Setting pointing DNS menjadi lebih cepat saat migrasi hosting
Pernahkah anda melakukan migrasi hosting? Tentu saja akan sangat kesulitan untuk meminimalisir keadaan down suatu website. Dengan CloudFlare anda dapat melakukan setting DNS dengan mudah dan cepat.
5. Caching
Apabila web hosting (server) sedang down, maka anda tidak perlu khawatir. CloudFlare telah menyimpan cache website dan akan menampilkan website tersebut sampai server up kembali.
6. Mempercepat akses website
Selain menampilkan website ketika server sedang down, CloudFlare juga dapat mempercepat akses website yang anda miliki melalui cache data. CloudFlare akan menyimpan cache dari website sehingga akan mengurangi resource dari server (hosting).
7. Melindungi dari ancaman DDOS dan SPAM
Jangan khawatir, website anda terkena serangan DDOS atau SPAM. CloudFlare memiliki fitur untuk proteksi server dari DDOS dan SPAM.

Bagaimana Menggunakan CloudFlare?

Di DomaiNesia, anda dapat menggunakan CloudFlare dengan mudah. Kami memiliki Panduan Setting CloudFlare yang dapat anda baca dan pahami. Apabila masih merasa kesulitan, maka silahkan kirim tiket atau langsung hubungi kami di support@domainesia.com. Selain fitur CloudFlare, untuk memaksimalkan kinerja server/ hosting DomaiNesia juga menyediakan Fitur Memcached. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan klik di Apa itu Memcached?

Salam,

Tim DomaiNesia

Please rate this

Pindah ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!

Komentar