• Home
  • Berita
  • Mau Punya Web Interaktif? Belajar React JS Dulu Yuk

Mau Punya Web Interaktif? Belajar React JS Dulu Yuk

Oleh Ratna Patria
No ratings yet.

Dunia pemrograman yang semakin berkembang membuat banyak sekali library baru yang muncul untuk mempermudah kita dalam membuat sebuah program. 

Salah satu library web frontend yang sangat populer saat ini yaitu react js. Jika kamu seorang web developer pasti tidak asing dengan react js kan? 

Atau justru kamu belum tahu sama sekali? Wah kamu membaca artikel yang tepat karena kali ini DomaiNesia akan membahas tuntas apa tentang library ini dan bahkan kami akan merekomendasikan 5 situs belajar react js secara gratis hanya untuk kamu! Yuk belajar react js bersama!

Apa Itu React JS?

React js adalah library javascript yang bersifat open source yang digunakan untuk membangun dan mengembangkan user interface yang dibuat oleh facebook. 

Kamu sudah tahu kan apa itu javascript? Kalau belum, javascript adalah bahasa pemrograman yang digunakan dalam pengembangan website agar tampilannya menjadi dinamis dan interaktif.

react js
Sumber: Envato

Dengan library ini kamu dapat memanggil fungsi yang dimiliki javascript dengan lebih mudah. Jika kamu seorang web developer maka perlu tahu bahwa library ini sangat membantu kamu untuk membuat UI interaktif dan menarik namun tetap mudah untuk dipelajari. 

React bukan termasuk framework murni karena dalam pengaplikasiannya nanti kamu tetap membutuhkan beberapa pendukung seperti wouter yang bisa kamu gunakan untuk routing halaman, mob x yang digunakan untuk membantu state manajemen, yup yang digunakan untuk validasi inputan, dan masih banyak lagi.

Kamu pasti pernah nonton film di Netflix atau membuka Instagram melalui website bukan?, nah itu merupakan beberapa website yang dikembangkan menggunakan react js. Bahkan saat ini menjadi react js adalah library yang paling populer di dunia pemrograman website.

Kenapa Harus React JS?

Sebelumnya kamu sudah mengetahui bahwa react sangat populer. Kenapa ya bisa sampai populer dan digandrungi oleh web developer? Ini dia alasan di balik kepopulerannya:

1. Mendukung reusable component

Reusable component menjadi nilai plus yang dimiliki library ini karena dapat mempercepat proses development. Apa maksudnya? Jadi react mengizinkan kamu untuk memanfaatkan komponen yang sudah dibuat sebelumnya dengan fungsi yang sama. 

Selain optimal dan dapat mengurangi redudancy code, jika terjadi perubahan logika atau tampilan kamu tidak mengubah komponen satu persatu karena hanya berfokus pada satu komponen yang sudah di reusable tadi.

Contohnya seperti ini, kamu menggunakan component reusable banner pada page dashboard dan profile karena kedua page ini memiliki tampilan banner dan fungsi yang sama. 

Lalu terjadi perubahan warna yang diinginkan, maka kamu tidak harus mengubahnya satu-satu, cukup pada reusable component banner tadi, jadi kerja kamu dijamin akan lebih cepat dan efisien.

2. Menjamin rendering cepat

React menawarkan virtual DOM untuk rendering website yang lebih cepat ketika terjadi perubahan. Maksudnya gini, semisal kamu membuka halaman profil dan mengubah nama di profil kamu, seharusnya yang akan diproses atau di render yaitu pada bagian nama aja kan? 

Nah, itu dia yang disebut virtual dom. Jika tidak ada virtual dom maka semua yang ada pada website tersebut akan di render ulang, sedangkan keunggulan react sendiri yaitu memproses ulang pada bagian yang berubah saja. Ini yang menjadi alasan react memiliki performa lebih cepat.

3. Ramah SEO

React JS merupakan salah satu library javascript yang SEO friendly karena tidak semua library bisa diakses oleh berbagai mesin pencari. 

Library ini akan berjalan disisi server, di render dan selanjutnya akan mengembalikan virtual DOM kepada browser menjadi laman biasa. 

Proses ini lah yang membuat react dapat menangani kegagalan dari mesin pencari dalam memuat website javascript yang dikenal cukup berat.

4. Bersifat open source

Library buatan facebook ini bersifat open source yang artinya bisa berkembang terus karena semua orang bisa berpartisipasi di dalamnya. 

Tidak hanya itu react juga didukung oleh komunitas kuat yaitu tim internal Facebook dan Instagram, React Github repository yang sudah lebih dari 1.000 kontributor, dan forum-forum diskusi yang masih sangat aktif. 

5. Dilengkapi dengan developer tools

Developer tools disini yaitu fitur untuk debugging yang disediakan dalam ekstensi baik dari Google Chrome maupun Mozilla Firefox. Hal ini menjadi keunggulan yang dimiliki oleh library ini karena dapat mempermudah developer dalam mencari kesalahan aliran data yang diproses.

react js
Sumber: Envato

6. Kestabilan code yang terjamin

Dengan aliran data dari atas ke bawah atau parent ke child yang menjadi salah satu keunggulannya juga. Mengapa demikian? Karena jika terjadi perubahan pada child tidak akan berpengaruh pada parent. 

Maka dari itu jika terjadi perubahan maka yang akan di render ulang hanya komponen yang berubah dan hal itu yang menjadikan kestabilan code yang terjaga.

7. Terdapat fitur pengembangan aplikasi mobile

Terlepas dari react js sebagai library pengembangan aplikasi website, react juga menyediakan library untuk aplikasi mobile yaitu react native. 

React native juga library berbasis javascript yang dapat dikompilasi menjadi native code di dalam ios maupun android. 

Library ini juga mempermudah developer karena memiliki performa lebih cepat, efisien, banyak template tersedia yang dapat digunakan, dan yang terpenting banyak situs yang membahas react native jika terjadi problem atau error

Selain itu, perusahaan juga diuntungkan apabila menggunakan react native karena aplikasi yang dihasilkan oleh developer bisa digunakan pada ios dan android sehingga dapat menghemat biaya pengembangan.

Fitur Unggulan yang Dimiliki

Setiap library pasti punya fitur unggulannya masing-masing, selain untuk peningkatan performa juga sebagai ciri khas yang dimiliki. Berikut kami akan membahas apa saja fitur unggulan yang dimiliki oleh react.

  • JSX

Fitur unggulan pertama yang dimiliki yaitu JSX atau extended javascript. JSX adalah fitur yang digunakan untuk memodifikasi Document Object Model (DOM) yang dimiliki react sehingga mendukung code HTML di dalamnya. 

DOM sendiri adalah Application Programming Interface (API) yang berfungsi untuk mengatur halaman dari sebuah website. 

Namun JSX bukanlah HTML. Syntax pada JSX memang terlihat seperti HTML namun jangan salah syntax itu tetap berfungsi seperti javascript. 

Dengan kata lain JSX akan membantu kamu dalam membuat konten secara dinamis dan di support oleh browser modern seperti Google Chrome dan Mozilla Firefox. Contoh dari penerapan jsx

const name = 'Budi';

const element = <h1>Halo, {name}</h1>;

 

  • Single way data flow

 

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa react memiliki satu arus aliran data yaitu dari parent ke child. 

Hal ini juga menjadi fitur unggulan karena dapat mempermudah developer dalam melakukan debugging website, meminimalisir terjadinya error dalam pemrosesan data, dan efisien karena library mengetahui batasan yang dimiliki oleh setiap sistem.

 

  • Virtual DOM

 

Virtual DOM memiliki kemampuan untuk merender komponen yang berubah saja dan tidak merender semua halaman yang tidak diubah. 

Jadi jika ingin mengetahui perubahan dari sebuah halaman maka kamu tidak perlu me reload ulang halaman karena react akan otomatis merender perubahan tersebut.

 

  • Declarative

 

Yang kami maksud di sini adalah react dapat membuat UI (antarmuka pengguna) interaktif, sehingga react akan melakukan manipulasi DOM yang dapat mempermudah kamu dalam mengolah state pada setiap komponennya. 

Declarative views ini membuat kode kamu lebih mudah diprediksi dan di debug jika terjadi masalah.

react js
Sumber: Envato

Cara Install React JS

1. Install node.js

Untuk langkah pertama yang harus kamu lakukan yaitu mengunduh node.js pada website ini https://nodejs.org/en/download/  dan unduh sesuai kebutuhan OS yang kamu gunakan. Jika sudah install seperti aplikasi biasa.

2. Cek node.js

Apabila sudah terinstall dan untuk memastikan bahwa node.js sudah terpasang dan untuk mengetahui versi node.js kamu maka kamu bisa mengetikkan “node -v”. 

Jika kamu menggunakan windows, buka CMD dan tulis “node -v”. Jika menggunakan Mac OS maka buka terminal kamu dan tulis hal yang sama. Maka akan tampil versi node.js yang terinstall.

3. Install react

Selanjutnya kamu bisa menuliskan “npm install -g create-react-app” ini berfungsi untuk menginstall react secara global.

4. Cek react

Jika sudah berhasil maka ketikkan “create-react-app -v” pada terminal atau CMD untuk memastikan react sudah terinstall.

5. Membuat proyek

Siapkan directory atau tempat penyimpanan yang akan kamu gunakan dalam menyimpan proyek ini. Jika sudah pergi ke directory tersebut misalnya

“cd D:\office\react”

Lalu jalankan command berikut untuk membuat proyek react

“create-react-app my-react” pada tulisan “my-react” dapat diganti dengan nama proyek sesuai keinginanmu.

6. Siap digunakan

Jika sudah berhasil maka buka pada aplikasi editor seperti visual studio code, lalu buka terminal pada aplikasi editor tersebut. 

Jika sudah ketikkan “npm start” maka akan terbuka halaman “http://localhost:3000/” pada browser kamu. Happy hacking, kamu sudah bisa menggunakan react di laptopmu! 

Namun jika masih terlihat error dan websitemu tidak berhasil di compile maka tuliskan “npm install”. Hal tersebut bisa terjadi karena ada package yang tidak berhasil diinstall.

Setelah berhasil membuat proyek react, apa yang harus kamu lakukan selanjutnya? Jawabannya ada lah belajar dasar-dasar cara menggunakannya dari awal agar kamu tidak salah arah. Untuk itu kami punya 5 rekomendasi situs belajar react js gratis buat kamu. Apa saja? 

Situs Belajar React JS Gratis

  1. Glitch: React Starter Kit Belajar react js dengan  5 video gratis yang interaktif untuk mempermudah belajarmu.
  2. Codecademy: React 101 Codeacademy juga menyediakan belajar react js secara gratis untuk pemula.
  3. Egghead.io: Start Learning React Disini kamu akan belajar react js secara mendasar dengan penjelasan interaktif.
  4. Scrimba: Learn React for free Terdapat 48 video tutorial untuk mengembangkan website menggunakan react.
  5. Free React Bootcamp Menyediakan rekaman bootcamp gratis buat kamu belajar react js dan yang pasti mudah untuk diikuti dan dipelajari.
react js
Sumber: Envato

Sudah Siap Menggunakan React JS?

Sudah paham apa itu react js? React js adalah library javascript yang digunakan untuk membangun website yang memiliki beberapa fitur unggulan. 

Kami rasa banyak library lain yang tidak kalah unggul, namun react tetap dinilai cukup unggul, terbukti banyak developer yang tetap menaruh hati dan tetap menggunakan library ini. 

Setelah tadi kamu sudah mempelajari mengenai react. Selanjutnya kamu bisa mengasah kemampuan untuk mempelajari react lebih jauh dengan mencoba menginstall react di hosting

Selain itu, DomaiNesia juga menyediakan hosting murah untuk kamu loh supaya website react kamu bisa diakses oleh banyak orang. Cobain deh hosting murah dengan kualitas terbaik dari DomaiNesia!

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!