• Home
  • Berita
  • Undefined Artinya : Pahami Arti Status Undefined!

Undefined Artinya : Pahami Arti Status Undefined!

Oleh Mila Rosyida
No ratings yet.

Undefined Artinya – Jika kamu sedang mempelajari seputar IT, teknologi, dan era digital yang sedang berkembang saat ini, pasti banyak istilah yang belum pernah kamu ketahui sebelumnya karena menggunakan bahasa asing atau sebuah singkatan yang tidak pernah didengar. Untuk memahami teknologi secara keseluruhan, kamu harus mengerti istilah-istilah tersebut yang diibaratkan sebagai kepingan sebuah puzzle yang disatukan menjadi satu kesatuan yang utuh. Terutama saat kamu berkecimpung pada bidang IT yang memerlukan pemahaman teoritis seperti copywriter, pengajar IT, konsultan IT, dan sebagainya.

Pada artikel ini akan dibahas salah satu istilah IT dalam bahasa asing yang sering digunakan dan akan sangat membantu kamu dalam memahami sebuah pesan yang akan disampaikan oleh sebuah sistem. 

Kali ini kita akan membahas terkait Undefined, pasti kamu pernah mendengar salah satu istilah asing ini pada saat bersekolah atau di tempat-tempat umum, selain secara bahasa, kita juga akan membahas dari sisi IT, jadi ikuti artikel ini hingga akhir ya!

Undefined Artinya

Untuk memahaminya, kamu harus terjemahkan undefined dari inggris. Secara bahasa undefined artinya adalah ungkapan yang menyatakan bahwa objek yang dimaksud tidak diterangkan/dijelaskan atau tidak didefinisikan.

Pada kata Undefined artinya dapat menyesuaikan konteks dari kalimat juga. Kata ini digunakan sebagai ungkapan ketidaktahuan seseorang terhadap suatu objek yang memang masih belum jelas atau tidak terdefinisikan.

undefined artinya
Sumber : envato

Pada kehidupan sehari-hari secara tidak sadar sering digunakan, berikut contoh penggunaan undefined yang mungkin pernah kamu dengar.

  • “Our weekend plans are still undefined, so we’re not sure what we’ll be doing yet.” (Rencana akhir pekan kami masih belum ditentukan, jadi kami belum yakin apa yang akan kami lakukan)
  • “Her feelings toward the situation were undefined” (Perasaannya terhadap situasi ini tidak jelas)
  • “I have an undefined feeling about whether to accept the job offer or not” (Saya mempunyai perasaan yang tidak pasti apakah akan menerima tawaran pekerjaan ini atau tidak)

Dari contoh kalimat di atas dapat terlihat bahwa kata undefined artinya memang lebih sering digunakan jika ingin mengungkapkan frasa secara lebih formal yang mengungkapkan sebuah ketidaktahuan dan ketidakpastian sebuah situasi.

Kata undefined artinya lebih merepresetasikan ketidaktahuan yang lebih terdengar profesional terutama pada saat kamu di lingkungan pekerjaan.

Undefined pada Konteks IT

Selain itu, kata undefined ternyata juga sering digunakan pada IT atau teknologi yang sedang berkembang saat ini, banyak sekali penggunaan kata undefined terutama pada komunikasi antar sistem dan manusia.

Kata undefined ini seringkali menjadi salah satu kata kunci dalam error code contohnya pada HTML, Python, dan sebagainya.  

Sumber : envato

Pada konteks IT, error code yang mengandung kata undefined seringkali memiliki akar masalah sebuah variabel atau fungsi belum dideklarasikan sebelumnya.

Sebuah mesin tidak akan bisa membaca pikiran manusia, jadi segala variabel dan fungsi harus dideklarasikan dengan baik sebelum proses eksekusi atau running dijalankan. Selain itu, undefined juga sering digunakan pada frasa “Status Undefined” berikut penjelasannya

Beli WordPress Hosting

Status Undefined Artinya

Status Undefined artinya adalah salah satu contoh komunikasi dari sistem kepada manusia untuk memberitahukan bahwa terdapat sesuatu hal yang belum didefinisikan dalam proses yang telah dilakukan. Status Undefined ini biasanya muncul sebagai error atau peringatan yang harus segera diselesaikan. 

Contohnya, pada sebuah jaringan yang harus menerapkan teknik topologi. Saat kamu membuat topologi bus pada sebuah sistem, namun ternyata terdapat bagian yang belum didefinisikan atau belum diketahui, biasanya sistem akan memberi peringatan bahwa ada sebuah komponen yang tidak terdefinisi yang akan membuat kamu tidak dapat melanjutkan proses eksekusi.

Terkadang ketika kamu baru memulai menjadi programmer dalam menggunakan bahasa pemrograman apapun, kamu akan sering mendapatkan peringatan bahwa terdapat fungsi ataupun variabel yang belum terdefinisikan atau status undefined. Bahkan, hal ini akan sering terjadi walaupun kamu sudah berpengalaman menjadi programmer.

Apa yang Harus Dilakukan jika Menemukan Status Undefined?

Jika kamu menemukan status undefined artinya terdapat komponen atau suatu hal yang belum kamu definisikan sebelumnya.

Apa bentuk pendefinisian itu? Pada konteks IT atau program, status undefined artinya kamu harus mendeklarasikan sebuah variabel/fungsi/komponen yang belum didefinisikan sebelumnya. Kamu harus mencari komponen tersebut dan mendeklarasikan sesuai alur program yang sudah kamu tentukan.

Sumber : envato

Terkadang, status undefined juga diakibatkan oleh typo atau salah ketik, jadi bisa saja kamu merasa sebuah variabel atau komponen sudah dideklarasikan, namun ternyata terdapat kesalahan pengetikan saat mendeklarasikannya, jadi cek baik-baik variabel/fungsi/komponen yang sedang kamu kerjakan.

Kesimpulan

Jadi, jika kamu terjemahkan undefined dari inggris, Undefined artinya ungkapan sebuah hal yang belum terdefinisikan atau belum dijelaskan sebelumnya.

Undefined ini banyak digunakan pada kehidupan sehari hari dan sangat umum ditemukan pula pada istilah-istilah IT, karena sebuah mesin atau perangkat tidak bisa seperti manusia yang memiliki perasaan dan insting yang belum pernah diajarkan sebelumnya.

Jadi, untuk mengkomunikasikan dari sistem kepada manusia akan memerlukan sebuah peringatan (warning) atau error yang melambangkan bahwa terdapat hal yang mesin belum mengerti karena hal tersebut belum didefinisikan. 

Pada konteks IT, undefined biasanya hadir sebagai Status Undefined. Status Undefined artinya cara komunikasi sistem pada manusia bahwa terdapat komponen yang belum terdefinisi yang belum dikenali oleh komputer yang dapat menghambatnya sebuah proses eksekusi. 

Jika kamu menemukan peringatan seperti status undefined yang sudah dijelaskan di atas, yang harus dilakukan adalah dengan mencari sebuah komponen yang belum terdefinisikan kemudian deklarasikanlah komponen tersebut agar sistem dapat membacanya dengan jelas untuk melanjutkan proses running atau eksekusi yang sedang dijalankan. 

Terakhir, jika kamu ingin meningkatkan kemampuan di bidang IT, kamu bisa memulainya dengan mengenali istilah asing yang sering digunakan pada konteks IT, atau kamu bisa mencoba langsung salah satu bidang IT seperti membuat web melalui VPS Domainesia dan mempelajari komponen serta istilah baru di dalamnya.

Mila Rosyida

Halo ! I'm a Technical Content Specialist in DomaiNesia. I love learn anything about Technical, Data, Machine Learning, and more Technology.


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah

This will close in 0 seconds