Panduan Setting HTTPS Redirections pada WordPress

setting https redirections pada wordpress

Introduction

Setelah melakukan instalasi SSL berbayar maupun gratis di DomaiNesia, anda harus mengarahkan website anda agar berada pada protokol HTTPS. Untuk website yang menggunakan WordPress, anda tidak perlu setting .htaccess pada file manager. Anda hanya perlu melakukan instalasi plugin yang dapat membantu dalam mengarahkan ke HTTPS. Plugin tersebut yaitu Easy HTTPS Redirections. Selain gratis, anda dapat dengan mudah menggunakannya tanpa perlu mengotak- atik file .htaccess.

Adapun langkah- langkah setting Https Redirection pada WordPress yaitu,

  1. Buka web browser anda, kemudian arahkan ke wp-login atau wp-admin. Misalnya http://namadomain.com/wp-admin. Masukkan username dan password lalu klik Log In.
    login wordpress
  2. Setelah itu, anda akan diarahkan ke dashboard wordpress. Anda dapat melakukan setting apapun di dalam halaman dashboard ini.
    dashboard wordpress
  3. Sebelum anda melakukan instalasi plugin ke https, maka anda harus mengarahkan URL website ke HTTPS terlebih dahulu. Untuk mengarahkannya, pilih Settings kemudian General. Pada WordPress Address (URL) dan Site Address ubah http:// menjadi https://. Hal ini berfungsi agar alamat URL dari website anda berubah dari protokol HTTP ke HTTPS.
    general https
  4. Setelah alamat URL diubah, untuk mengarahkan website ke HTTPS anda harus melakukan instalasi plugin Easy HTTPS Redirections terlebih dahulu. Untuk menambah plugins, anda dapat klik Plugins pada sidebar. Kemudian pilih Add New.
    add new plugin
  5. Pada kolom Search Keyword ketikkan https. Maka akan muncul beberapa plugins yang mengandung unsur tulisan https. Pilih Easy HTTPS Redirection, kemudian klik Install Now.
    easy https redirection
  6. Tunggu hingga proses instalasi selesai. Apabila instalasi telah sukses maka akan muncul tulisan seperti gambar berikut.
    install sukses
  7. Cek plugin apakah telah terinstal dengan cara, pilih Plugins kemudian Installed Plugins. Apabila muncul seperti ini berarti Easy (SSL) Redirection telah terinstall dengan baik. Untuk melakukan setting agar website diarahkan ke HTTPS maka klik Settings
    easy redirection
  8. Dan anda akan diarahkan ke halaman HTTPS Redirection Settings. Ternyata, untuk melakukan setting HTTPS redirection anda harus mengaktifkan permalinks terlebih dahulu.
    https redirection settings
  9. Untuk mengaktifkan permalinks maka klik Settings pada sidebar kemudian pilih Permalinks. HTTPS redirection dapat berfungsi dengan baik apabila permalinks tidak di setting secara default (plain). Jadi, anda dapat memilih Post name sebagai permalinks. Setelah itu klik Save Changes.
    permalinks
  10. Coba pilih Settings kemudian klik HTTPS Redirection pada bagian sidebar. Maka anda akan diarahkan ke halaman HTTPS Redirections Settings. Beri tanda centang pada Enable automatic redirection to the “HTTPS”. Anda dapat mengarahkan ke HTTPS untuk seluruh halaman website atau hanya halaman tertentu saja. Untuk mengarahkan ke seluruh halaman website maka pilih The whole domain. Untuk memilih halaman tertentu saja maka pilih A few pages kemudian isi sesuai halaman yang akan diberi protokol HTTPS. Beri juga tanda centang pada Force resources to use HTTPS URL. Setelah selesai lalu Save Changes.
    https redirecton setting
  11. Setelah semuanya selesai, maka silahkan buka web browser lalu ketikkan alamat URL anda. Maka, website anda akan langsung diarahkan ke protokol HTTPS.

Catatan
Apabila pada saat masih menggunakan HTTP, anda telah melakukan submit ke Google Webmaster Tools, setelah perubahan menuju HTTPS ini kami sarankan untuk mensubmit ulang. Hal ini dimaksudkan agar Google dapat mengindeks konten dengan URL baru dan memunculkan URL baru tersebut dalam hasil penelusurannya.

Closing

Segala kemudahan telah ditawarkan oleh WordPress. Bahkan untuk mengarahkan HTTP ke HTTPS saja, anda tidak perlu susah- susah untuk mengubah file .htaccess. Anda cukup melakukan instalasi plugin, maka website anda akan langsung diarahkan ke protokol HTTPS.

Panduan dibuat khusus untuk pelanggan DomaiNesia, jika ada perbedaan dalam fitur/layanan dengan layanan yang Anda pakai, silakan hubungi penyedia layanan Anda.

Pindah ke DomaiNesia

Migrasi
Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!

Related Articles

  • Mrr

    untuk blogger gmn caranya min?

    • Hi, untuk blogger tidak tersedia. Dikarenakan untuk penggunaan SSL yang pertama harus menggunakan hosting di DomaiNesia, kedua untuk panduan ini tersedia untuk wordpress. Terima kasih 🙂

  • didit vembri

    baru saja saya rubah dari http ke https malah web gak bisa di akses,, gmn ini min? help!

    • Hi Didit, bisa diinformasikan nama domainnya? 🙂

  • Kak saya menngunakan plugin Really Simple SSL dibanding dengan plugin Https Redirection lebih direkomendasikan yang mana?

    • Hi, mohon maaf saat ini kami belum mencoba Really Simple SSL. Terima kasih 🙂