Home  »  Virtual Server   »   Lakukan Hal ini Setelah Install cPanel/WHM

Lakukan Hal ini Setelah Install cPanel/WHM

Last Update:


Hi DomaiNesians! Sudah berhasil install cPanel dan WHM di VPS? Bagi yang belum tahu, kamu bisa install cPanel di VPS lho! Kamu bisa mengikuti Cara Install cPanel dan WHM di VPS. Hal ini sangat berguna ketika shared hosting sudah tidak dapat mengakomodir kebutuhan website kamu. Misalnya website menggunakan full nodejs, resource kurang, melakukan scheduler, melakukan setting banyak port ataupun ingin menggunakan akses root. Shared hosting memang terbatas untuk penggunaan resource dan akses rootnya. Untuk itu, VPS memang menjadi solusi terbaik untuk kamu yang memiliki kebutuhan lebih. Ditambah dengan instalasi cPanel dan WHM, akan membuat kamu mengelola VPS seperti menggunakan hosting biasa. Namun setelah install cPanel WHM, kamu bisa lakukan beberapa hal berikut:

3 Hal Yang Harus Dilakukan Setelah Install cPanel WHM

Setelah install cPanel WHM, kamu bisa lakukan 3 hal berikut ini:

1.Setup WHM

Perbedaan cPanel dan WHM terletak pada fungsinya. cPanel digunakan untuk mengelola website, email, database dan sebagainya. Sedangkan WHM (Web Host Manager) adalah sebuah kontrol panel yang dapat mengelola apa yang dapat dilakukan oleh cPanel. Mudahnya begini, di cPanel kamu bisa menambahkan user, membuat subdomain dan mengatur email. Semua pengaturan tersebut dapat kamu konfigurasi di WHM. Adapun cara mengakses WHM, silakan gunakan:
https://IP_Address_VPS:2087 atau https://host.domain.com:2087

setelah install cPanel WHM

2.Membuat Package

Sekarang, kamu bisa membuat paket-paket dengan kapasitas yang kamu inginkan. Kamu bisa membuat paket sesuai dengan keinginan. Kamu bisa atur disk quota, bandwidth, maksimum ftp bandwidth, maksimum email account, maksimum subdomain yang dapat dibuat, maksimum database, dan sebagainya. Semua itu dapat diperoleh di VPS asalkan kapasitasnya cukup.

setelah install cPanel WHM

3.Membuat Account

Setelah membuat paket-paket, sekarang saatnya membuat account. Silakan tulis nama domain sesuai hostname, masukkan username, masukkan password, masukkan email dan sebagainya.

setelah install cPanel WHM

Kesimpulan

Setelah install cPanel WHM, kamu harus melakukan hal-hal tertentu agar dapat setting di cPanel. Semua setting cPanel dapat kamu konfigurasi dan kamu atur di WHM. Jadi, jangan takut menggunakan VPS ya! Jangan takut mengalami kesulitan karena sekarang di VPS kamu bisa instal cPanel dan WHM. Namun perlu diingat bahwa semua VPS di DomaiNesia bersifat unmanaged ya. Jadi, terserah kamu mau melakukan konfigurasi apa saja.


Pindah ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!