• Home
  • Tips
  • Cara Membuat Website dengan HTML dan CSS

Cara Membuat Website dengan HTML dan CSS

Oleh Ratna Patria
No ratings yet.

Pasti kamu pernah terbesit pikiran “gimana sih cara membuat website dengan HTML dan CSS?”. Pikiran itu bisa jadi muncul saat kamu sudah lama menggunakan Content Management System (CMS) untuk mengembangkan dan mengelola website yang kamu miliki. Hmm, mungkin semacam “ingin upgrade” skill dalam bidang pengembangan website biar tidak terbiasa mengandalkan CMS.

cara membuat website dengan html dan css
Sumber: Envato

Memang sebenarnya tidak ada ruginya juga menggunakan CMS, tapi ya tidak ada salahnya jika ingin belajar cara membuat website dengan HTML dan CSS. Menggunakan HTML dan CSS merupakan salah satu cara mudah membuat website juga kok! Apa itu HTML dan CSS? Denger-denger, HTML dan CSS ini dasar dalam mengembangkan website, apa benar? Yuk, pelajari lebih lanjut membuat website sederhana dengan html dan css pada tulisan dibawah ini!

Mengenal Apa itu HTML dan CSS

Pada bagian ini kamu akan berkenalan lebih “akrab” dengan HTML dan CSS yang akan memudahkan kamu dalam membuat dan mengelola website. Dengan mengetahui pengertian dan cara kerjanya, ini akan memudahkan kamu dalam mempelajari cara membuat website dengan HTML dan CSS. 

Apa itu HTML

Pengertian

HTML adalah singkatan dari HyperText Markup Language. Ini adalah bahasa markup standar untuk pembuatan halaman website atau web page. Dengan HTML memungkinkanmu untuk melakukan pembuatan website meliputi struktur bagian, paragraf, tautan, dan sebagainya menggunakan elemen HTML seperti tag dan atribut. HTML memiliki banyak kasus penggunaan seperti: 

  • Pengembangan website. Pengembang atau developer menggunakan kode HTML untuk mendesain elemen halaman website, seperti teks, hyperlink, dan file media lainnya. 
  • Navigasi. Pengguna dapat dengan mudah menavigasi dan menyisipkan tautan antara halaman terkait dan website karena HTML banyak digunakan untuk menyematkan hyperlink
  • Dokumentasi website. HTML memungkinkan untuk mengatur dan memformat dokumen, mirip dengan Microsoft Word. 
cara membuat website dengan html dan css
Sumber: Envato

Perlu juga dicatat bahwa HTML tidak dianggap sebagai bahasa pemrograman karena tidak dapat membuat fungsionalitas dinamis. Saat ini HTML “hanya” dianggap sebagai standar pengkodean resmi untuk website. World Wide Web Consortium (W3C) adalah organisasi yang memelihara dan mengembangkan spesifikasi HTML, bersama dengan menyediakan pembaruan rutin.

Cara Kerja HTML

Website biasanya mencakup beberapa halaman HTML yang berbeda misalnya halaman beranda, halaman tentang, dan halaman kontak. Semuanya akan memiliki file HTML terpisah. File HTML adalah dokumen yang diakhiri dengan ekstensi .html atau .htm. Browser website membaca akan file HTML dan menampilkan kontennya sehingga pengguna internet dapat melihatnya. 

Semua halaman HTML memiliki serangkaian elemen HTML yang terdiri dari sekumpulan tag dan atribut. Elemen HTML adalah penyusun utama “bangunan” halaman web. Tag memberi tahu browser tempat elemen dimulai dan diakhiri, sedangkan atribut menjelaskan karakteristik elemen. Tiga bagian utama dari suatu elemen adalah: 

  • Tag pembuka, digunakan untuk menyatakan dimana elemen dimulai. Tag dibungkus dengan tanda kurung sudut buka dan tutup misalnya gunakan tag awal <p> untuk membuat paragraf. 
  • Konten, ini adalah keluaran yang dilihat pengguna lain. 
  • Tag penutup, sama dengan tag pembuka tetapi dengan garis miring sebelum nama elemen misalnya </p> untuk mengakhiri paragraf.

Contoh dari HTML ini adalah sebagai berikut:

Kode HTML ini akan menampilkan visual seperti berikut ini:cara membuat website dengan html dan css

Lalu bagaimana cara membuat website dengan HTML dan CSS? Eits, sabar dulu, kamu perlu memahami apa itu CSS terlebih dulu.

Apa Itu CSS

Pengertian

CSS adalah singkatan dari Cascading Style Sheets dan digunakan untuk menyesuaikan gaya elemen yang ditulis dalam bahasa markup seperti HTML. Ini memisahkan konten dari representasi visual website. Jika HTML tadi berfungsi untuk membuat struktur konten website maka CSS ini merupakan sarana untuk melakukan editing secara lebih lanjut file HTML yang telah dibuat. Hubungan antara HTML dan CSS sangat erat karena HTML adalah dasar dari sebuah website dan CSS adalah bagian estetika dari keseluruhan website.

Cara Kerja CSS

CSS menggunakan sintaks berbasis bahasa Inggris sederhana dengan seperangkat aturan yang mengaturnya. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa CSS adalah sarana untuk melakukan editing lebih dari HTML, maka CSS ini bekerja dengan cara menambahkan atribut gaya dalam sebuah tag yang ada atau pada class dan id tertentu. Misalkan kamu bisa memberi atribut gaya pada tag <p> secara keseluruhan atau membuat sebuah class  untuk diterapkan pada tag <p> yang dituju.

Sebagai contoh, paragraf yang telah dibuat tadi akan ditambahkan gaya atau style yang dibuat dengan css. Misalkan saja membuat ketebalan huruf semakin tebal dan bergaris bawah. Berikut ini cara untuk membuat seluruh tag p memiliki gaya yang sama:

Atau kamu bisa membuat class untuk gaya ini dan membuatnya hanya berlaku pada tag <p> yang kamu kehendaki. Class ditunjukan dengan awalan . (titik). Berikut ini adalah contohnya:

Setelah itu, panggil nama class tersebut ke kode HTML yang kamu buat tadi seperti berikut ini: 

Dengan menambahkan CSS tersebut maka konten yang kamu buat tadi telah memiliki gaya atau style yang kamu kehendaki seperti pada gambar dibawah ini: cara membuat website dengan html dan css

Semua konsep yang telah dijelaskan diatas akan memudahkanmu memahami cara membuat website dengan HTML dan CSS.

Baca juga : Domain untuk website

Cara Membuat Website dengan HTML dan CSS

Setelah memahami dengan jelas apa itu HTML dan CSS maka saatnya kamu mempelajari cara membuat website dengan HTML dan CSS. Tentunya kamu akan menggunakan konsep yang telah dijelaskan pada poin sebelumnya diatas. Berikut ini langkah dan cara membuat website dengan HTML dan CSS:

Siapkan Konten Website

Ini adalah langkah awal dan penting untuk belajar cara membuat website dengan HTML dan CSS. Tentunya kamu harus tahu apa yang akan kamu buat dalam website tersebut. Hal yang perlu kamu siapkan adalah: 

  • Menu, apa saja yang akan kamu tulis di website. Ini biasanya terletak sebagai navigasi di bagian atas website.
  • Struktur atau tata letak dalam setiap halaman
  • Detail konten dalam setiap struktur

Untuk memudahkan, kamu bisa menulis konten dalam sebuah dokumen sendiri agar nantinya bisa kamu copy dan paste dalam proses pembuatan website. Terkait tata letak setiap halaman, kamu bisa membuat wireframe agar lebih mudah dalam melakukan eksekusi nantinya. Sekali lagi, ini adalah langkah penting dalam cara membuat website dengan HTML dan CSS, lakukan dengan baik!

Buat Struktur File Website

Cara membuat website dengan HTML dan CSS selanjutnya adalah dengan membuat struktur file yang diperlukan. Pertama, tentu kamu harus membuat file dengan ekstensi .html untuk membuat kode HTML. untuk halaman utama, agar dapat terbaca oleh browser, beri nama index.html. Setelah itu, buat pada folder yang sama juga sebuah file dengan ekstensi .css misalkan style.css. 

Lalu jika diperlukan, buat folder lagi. Untuk kasus ini akan dibuat folder bernama image untuk menampung file-file gambar yang digunakan. Hasilnya seperti pada gambar dibawah ini: cara membuat website dengan html dan css

Let’s Code With HTML

Cara membuat website dengan HTML dan CSS setelah ini adalah mulai menuliskan kode HTML sesuai dengan struktur dan tata letak yang telah disiapkan. Cara membuat website dengan HTML dan CSS ini tentu mengikuti konsep yang telah dijelaskan sebelumnya pada poin-poin diatas. Berikut ini adalah cara membuat website sederhana dengan html dan css:

Pada dasarnya, struktur HTML ini akan terbagi menjadi dua bagian besar yaitu: head dan body yang ditulis di dalam tag <html></html>. Pada bagian head, tulis judul website dan import atau masukan nama file css yang telah kamu buat sebelumnya dan pada bagian body masukkan konten website yang telah kamu siapkan seperti berikut:

Let’s Code With CSS

Cara membuat website dengan HTML dan CSS selanjutnya adalah membuat file CSS yang akan membuat tampilan website-mu menjadi lebih estetik. CSS yang dibuat tentu harus menyesuaikan kebutuhan pada file HTML. Oh ya, ini adalah tampilan website sebelum di beri kode CSS: cara membuat website dengan html dan css

Untuk membuatnya makin menarik, tambahkan kode CSS berikut ini pada file style.css: 

Nah, itulah cara menambahkan kode CSS dalam cara membuat website dengan HTML dan CSS.

Akses Website 

Jika sudah selesai menambahkan kode CSS, maka tampilan website akan semakin estetik dan menarik. Untuk bisa melihat hasilnya, buka file index.html di browser yang kamu miliki. Hasil dari website ini adalah seperti gambar dibawah ini: cara membuat website dengan html dan css

Jika konten website-mu telah semua dieksekusi, kamu bisa buat website-mu online di internet dengan cara meng-hostingnya. Jangan lupa gunakan hosting dari DomaiNesia untuk dapatkan performa stabil website-mu! Nah, itulah cara membuat website dengan HTML dan CSS.

Beli Hosting Murah

Saatnya Buat Website Lebih Fleksibel dengan HTML dan CSS

Sudah paham kan cara membuat website dengan HTML dan CSS? Ini adalah pekerjaan yang tidak sulit asalkan kamu paham konsep dari HTML dan CSS. HTML adalah kode utama yang harus kamu buat untuk meletakkan konten website yang telah kamu siapkan sedangkan CSS nantinya akan berperan sebagai kode yang akan membuat tampilan website semakin estetik dan menarik. Yuk, terapkan cara membuat website sederhana dengan HTML dan CSS! Ini saatnya buat website lebih fleksibel dan full custom!

Kamu harus tahu, DomaiNesia ada promo domain .id paling murah

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Ekstra Diskon Migrasi 5% serta GRATIS biaya migrasi & setup.

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah

This will close in 0 seconds