• Home
  • Tips
  • Cara Menggunakan Google Meet Dengan Mudah Dan Cepat

Cara Menggunakan Google Meet Dengan Mudah Dan Cepat

Oleh Ayoni Sulthon
No ratings yet.
Cara Menggunakan Google Meet Dengan Mudah Dan Cepat

Cara Menggunakan Google Meet – Tidak dimungkiri bahwa saat ini banyak aplikasi tatap muka virtual semakin berkembang. Ya, pandemi yang belum berakhir dan mengharuskan orang-orang membatasi mobilitas mereka menjadi sebab kenapa aplikasi ini terus berkembang. Dengan menggunakan aplikasi tatap muka virtual ini, seseorang bisa mengadakan video conference, meeting atau lainnya dengan lebih mudah.

Nah, diantara beberapa aplikasi tatap muka virtual tersebut, salah satu yang paling populer dan bisa menjadi pilihan terbaik untuk Anda adalah Google Meet. Anda tentu sudah pernah mendengar tentang aplikasi yang satu ini, bukan?

Pada kesempatan ini akan dibahas beberapa hal menarik tentang Google Meet mulai dari pengertian, keunggulan serta cara menggunakan aplikasi ini. Tentu, dengan pemahaman yang memadai nantinya Anda bisa menggunakan aplikasi ini dengan maksimal dan mendapatkan keuntungan.

Apa saja hal menarik dari Google Meet? dan bagaimana Cara Menggunakan Google Meet Simak ulasan selengkapnya!Cara Menggunakan Google Meet Dengan Mudah Dan Cepat

Mengenal Google Meet

Google Meet merupakan sebuah aplikasi video conference yang bisa digunakan secara gratis oleh pengguna, baik melalui smartphone atau menggunakan browser melalui perangkat desktop. Awalnya, aplikasi bernama Hangouts yang kemudian berubah nama dan semakin populer.

Di dalam aplikasi ini, ada cukup banyak fitur menarik yang bisa didapatkan dengan gratis. Salah satunya, Google Meet memiliki layanan meeting lebih lama sekitar 60 menit dengan peserta hingga 100 akun dalam sekali penayangan.

Layanan yang Ditawarkan Oleh Google Meet

Sebenarnya, Google Meet memberikan beberapa tawaran layanan untuk para pengguna. Adanya beberapa tawaran layanan ini tentu bisa disesuaikan dengan kebutuhan dari pengguna untuk memaksimalkan fitur dari aplikasi ini.

Adapun beberapa layanan yang ditawarkan oleh Google Meet adalah sebagai berikut:

  • Layanan gratis

Google Meet menyediakan layanan gratis untuk semua pengguna. Dengan layanan ini, maka pengguna bisa menggunakan beragam fitur Google Meet serta melakukan video conference dengan batasan hingga 100 peserta selama 60 menit.

Baca juga : beli hosting murah di DomaiNesia

  • Google Workplace Essentials

Layanan lain yang ditawarkan adalah Google Workplace Essentials. Ini adalah layanan berbayar dengan besaran biaya sekitar $8 per bulan. Dengan layanan ini, maka pengguna bisa menambahkan waktu meeting hingga 300 jam dengan total peserta hingga 150 orang.Cara Menggunakan Google Meet Dengan Mudah Dan Cepat

Selain itu, pada layanan Google Workplace Essentials juga terdapat fitur penyimpanan. File yang direkam nantinya secara otomatis akan di upload di Google Drive yang memiliki batasan kapasitas 100 GB dengan dukungan layanan penuh selama 24 jam.

  • Google Workplace Enterprise

Google Workplace Enterprise menjadi layanan lain yang menarik untuk dicoba. Dengan layanan ini, maka pengguna akan mendapatkan durasi meeting hingga 300 jam dengan total peserta hingga 250 orang.

Tidak hanya itu, Google Workplace Enterprise juga memberikan fasilitas berupa kapasitas Google Drive unlimited untuk menyimpan hasil rekaman. Dalam paket ini ada pula fitur live streaming dengan total hingga 100.000 penonton dengan dukungan layanan hingga 24 jam penuh.

Dengan layanan tersebut, tentu Anda sebagai pengguna bisa memilih mana layanan yang cocok untuk Anda. Layanan yang tersedia juga dapat mendukung kebutuhan Anda, terutama yang berkaitan dengan bisnis sehingga terselenggara dan terpenuhi dengan baik.

Keunggulan Google Meet Dibandingkan Aplikasi Serupa Lainnya

Sebagaimana disinggung di awal, bahwa Google Meet adalah salah satu aplikasi video conference yang tersedia di samping banyaknya aplikasi serupa lainnya. Memang, secara umum, pengguna memiliki keleluasaan yang lebih untuk memilih mana aplikasi video conference yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Hanya saja, Google Meet memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan aplikasi serupa lain.

Nah, beberapa keunggulan dari Google Meet tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Terintegrasi dengan akun Google

Salah satu Cara Menggunakan Google Meet dibandingkan aplikasi serupa lain adalah adanya integrasi dengan aku Google. Integrasi yang ada ini nantinya akan meningkatkan pengalaman pengguna dalam menggunakan beragam fitur yang sudah disediakan.

Tidak hanya itu, integrasi dengan sistem Google juga memberikan manfaat lain. Beberapa manfaat tersebut adalah, kemudahan pengguna untuk membuat jadwal meeting menggunakan Google Calendar, mengirimkan link undangan video conference menggunakan Gmail, menyimpan rekaman melalui Google Drive dan lainnya.

  • Proses daftar yang sangat mudah

Hal lain yang menjadi keunggulan dari Google Meet dan Cara Menggunakan Google Meet adalah proses pendaftaran akun yang sangat mudah. Pasalnya, untuk memakai Google Meet, Anda hanya perlu menggunakan akun Google untuk melakukan login. Dengan demikian, Anda tidak perlu mengisi beberapa data dalam formulir pendaftaran yang bisa jadi merepotkan.

  • Interaksi langsung yang sederhana

Ketika Anda mulai memasuki halaman antar muka Google Meet, maka Anda akan mendapatkan 2 pilihan menu, yaitu mulai sebuah rapat atau gabung dalam suatu meeting. Tentu, hal ini sangat sederhana, bukan?

Nah, kesederhanaan Cara Menggunakan Google Meet ini membuat semua pengguna tidak akan mengalami kesulitan, bahkan bagi yang masih awam seklaipun. Tidak hanya itu, tata letak menu dalam Google Meet juga cenderung rapi sehingga mudah ditemukan sesuai dengan kebutuhan.

  • Aplikasi yang cenderung ringan

Jika Anda mencari aplikasi video conference yang ringan, maka Google Meet adalah pilihan yang tepat. Aplikasi ini hanya memiliki ukuran sekitar 55 MB saja. Tentu, jika dilihat dari total ukurannya, Google Meet cenderung lebih kecil dibandingkan dengan aplikasi serupa lain. Dengan ukuran yang lebih kecil, pastinya aplikasi ini lebih ringan untuk dijalankan.

Baca juga : cek domain paling mudah

  • Akses meeting yang lebih mudah

Kelebihan lain dari Google Meet adalah akses meeting yang cenderung lebih mudah. Pasalnya, secara sistem, Google Meet sangat sederhana sehingga semua platform, baik iOS, Android, ataupun perangkat desktop bisa menggunakannya tanpa ribet. Para pengguna juga tidak perlu menginstal aplikasi tambahan untuk memaksimalkan kinerja Google Meet.

Nah, beberapa poin di atas bisa dijadikan referensi terkait apa saja yang menjadi kelebihan Google Meet, sehingga Anda memilih aplikasi ini dibandingkan yang lain. Hanya saja, ada baiknya jika Anda senantiasa menggunakan versi Google Meet terbaru untuk mendapatkan fitur yang lebih maksimal.

Cara Menggunakan Google Meet di Device Desktop

Sebagaimana disinggung di awal bahwa Google Meet bisa digunakan melalui device desktop, baik PC ataupun laptop. Lantas, bagaimana cara untuk menggunakan Google Meet melalui desktop?

Ada beberapa langkah yang perlu dilakukan untuk menggunakan aplikasi ini melalui device desktop. Adapun beberapa langkah tersebut adalah sebagai berikut:

  • Buka halaman Google Meet

Langkah pertama Cara Menggunakan Google Meet melalui device desktop adalah dengan membuka halaman Google Meet melalui browser. Gunakan saja aneka browser yang biasa Anda gunakan.

  • Login ke akun Google

Selanjutnya, login ke akun Google yang Anda gunakan. Dalam hal ini, pastikan alamat email dan juga password yang digunakan sudah tepat.

  • Pilih new meeting untuk memulai video conference yang baru

Bagi Anda yang hendak menggunakan Google Meet untuk membuat video conference baru, Anda hanya perlu klik new meeting. Menu tersebut tersedia di tata muka Google Meet secara langsung.

  • Masukkan kode meeting untuk bergabung

Jika Anda tidak ingin membuat video conference yang baru, melainkan ingin bergabung dengan video conference yang sudah ada, maka masukkan kode meeting di kolom yang sudah tersedia. Jika sudah, klik join untuk bergabung.

  • Lakukan pengaturan pada kamera serta mikrofon

Langah selanjutnya untuk menggunakan Google Meet adalah melakukan pengaturan pada kamera serta mikrofon yang hendak digunakan. Dalam hal ini, klik pada tombol pengaturan yang terletak di bawah layar video conference tersebut.

Nah, dengan beberapa langkah di atas, maka Anda sudah bisa menggunakan Google Meet melalui laptop ataupun PC. Jika dilihat, langkah untuk Cara Menggunakan Google Meet ini cukup sederhana dan sangat mudah.

Untuk memaksimalkan penggunaan Google Meet dalam sebuah video conference yang diadakan, Anda juga bisa menggunakan beberapa fitur tambahan yang tersedia. Adapun beberapa fitur yang dimaksud adalah sebagai berikut:

  • Whiteboard dengan detail Google Jam board
  • Caption atau transkrip
  • Presentasi atau screen sharing
  • Chat di dalam sebuah meeting
  • Background virtual

Manfaatkan beberapa detail fitur tersebut dan buatlah video conference yang lebih menarik. Selain itu, agar video conference Anda lancar, maka pastikan jika sinyal internet pada device yang digunakan kencang dan stabil.

Cara Menggunakan Google Meet di Smartphone

Selain menggunakan PC atau laptop, Google Meet juga bisa digunakan melalui smartphone, baik untuk OS Android ataupun OS iOS. Nah, untuk menggunakan aplikasi ini pada device tersebut, ada beberapa langkah yang perlu dilakukan.

Adapun langkah yang dimaksud adalah sebagai berikut:

  • Dapatkan aplikasi Google Meet

Cara Menggunakan Google Meet, maka Anda harus memiliki aplikasi ini terlebih dahulu pada device yang Anda gunakan. Bagi Anda yang menggunakan smartphone Android, maka Anda bisa mendapatkan aplikasi Google Meet secara gratis di Google Play, sedangkan untuk pengguna iOS, Anda bisa mendapatkannya di App Store

  • Buka aplikasi Google Meet

Setelah proses instalasi selesai, maka Anda tinggal membuka aplikasi Google Meet pada perangkat.

  • Masuk ke akun Google

Untuk memulai menggunakan Google Meet, Anda perlu masuk ke akun Google yang sudah ada, atau membuat akun Google terlebih dahulu. Nantinya, Anda akan mendapatkan opsi untuk menggunakan akun Google tersebut. Atau, masukkan email serta password secara manual dan pastikan jika keduanya sesuai dengan akun yang Anda gunakan

  • Izinkan penggunaan mikrofon dan kamera

Sistem Google Meet akan memberikan pertanyaan persetujuan mengenai penggunaan mikrofon dan kamera perangkat. Untuk melancarkan video conference, maka berikan izin akses untuk keduanya

  • Pilih new meeting untuk memulai video conference yang baru

Jika Anda ingin membuat sebuah video conference yang baru, maka klik new meeting pada opsi yang sudah tersedia di laman antar muka Google Meet. Namun, jika Anda hanya ingin bergabung dengan video conference yang sudah ada, maka masukkan kode meeting yang Anda miliki beserta password di kolom yang sudah disediakan. Selanjutnya, klik join untuk bergabung.

Kesimpulan Cara Menggunakan Google Meet

Nah, demikian beberapa ulasan tentang Google Meet berikut keunggulan dan cara menggunakannya baik dengan perangkat smartphone ataupun desktop. Dengan fitur yang lengkap, bisa dikatakan jika Google Meet adalah salah satu aplikasi video conference yang memuaskan. Terlebih, Anda tetap mendapatkan layanan maksimal meskipun menggunakan aplikasi versi gratis tanpa biaya langganan!

Ayoni Sulthon

SEO Strategist DomaiNesia, ask me all about SEO and Digital Marketing.

Artikel

Lainnya


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!