• Home
  • Tips
  • Yuk Pelajari Cara Menggunakan Google Meet dan Pengertiannya

Yuk Pelajari Cara Menggunakan Google Meet dan Pengertiannya

Oleh Ayoni Sulthon
No ratings yet.

Jenis pekerjaan remote (tidak datang ke kantor) saat ini banyak dilakukan oleh perusahaan terutama perusahaan yang bergerak di bidang ICT (Information, Communication, Technology). Untuk tetap menjaga komunikasi antar karyawan, biasanya para karyawan berkomunikasi dengan bantuan aplikasi video conference salah satunya Google Meet. Bagi kamu yang berniat mencari kerja remote, apakah kamu tahu cara menggunakan Google Meet? Jika belum, artikel ini tepat untuk kamu baca!

Pengertian dan Cara Menggunakan Google Meet

Sebelum masuk lebih jauh tentang pengertian Google Meet, sebaiknya pahami terlebih dahulu apa itu aplikasi video conference? Ini penting buat kamu mengingat Google Meet termasuk dalam salah satu aplikasi video conference. Jadi aplikasi video conference adalah aplikasi atau alat untuk memfasilitasi komunikasi online pengguna yang dapat digunakan sebagai media berkoordinasi, rapat, maupun seminar. Komunikasi online yang dimaksud mampu menghasilkan visual video maupun audio.

cara menggunakan google meet
Sumber: Envato

Baca juga: Intip 12 Peluang Kerja Online dari Rumah, Emang Bisa?

Pengertian Google Meet

Google Meet atau yang juga populer dengan sebutan Gmeet adalah aplikasi video conference milik perusahaan Google. Dari sejumlah aplikasi video conference yang dapat kamu akses, bisa dibilang Gmeet merupakan aplikasi yang mudah untuk digunakan. Selain mudah dalam penggunaannya, Gmeet adalah aplikasi yang menawarkan banyak fitur yang dapat kamu gunakan diantaranya: 

1. Menampung banyak peserta

Gmeet adalah aplikasi yang memberikan keleluasaan bagi pengguna untuk mengundang banyak peserta dalam sebuah rapat online. Google Meet memberikan batasan akses hingga 100 peserta dalam satu rapat yang dibuat. 

2. Memunculkan teks otomatis

JIka kamu sedang tidak bisa mendengarkan suara mungkin karena perangkat audio rusak, kamu tidak perlu khawatir. Gmeet memberikan fitur yang memungkinkan peserta untuk membaca teks otomatis sesuai dengan apa yang diucapkan speaker dalam rapat online yang kamu hadiri. Namun saat ini, fitur teks otomatis ini hanya bisa mendeteksi audio dalam bahasa Inggris.

3. Compatible di seluruh perangkat

Cara menggunakan google meet sangat flexible. Pengguna dapat menggunakan aplikasi ini dimanapun berada. Dukungan device yang lengkap membuat pengguna dapat mengikuti rapat online menggunakan smartphone dimanapun berada maupun menggunakan laptop atau personal computer. Tenang, buat kamu pengguna IOS maupun Android, Gmeet telah tersedia di kedua sistem operasi ini.

4. Layar pratinjau untuk video maupun audio

Fitur yang satu ini penting buat kamu sebelum memulai sebuah rapat online. Tentunya kamu tidak mau jika rapat dimulai dalam keadaan kamera atau microphone device yang kamu gunakan belum aktif. Gmeet adalah aplikasi yang menawarkan fitur pratinjau video dan audio agar pengguna memastikan device yang digunakan sudah ready sehingga rapat berjalan dengan baik.

5. Tata letak dan pengaturan layar yang dapat disesuaikan

Ketika rapat dimulai, secara otomatis layar aplikasi akan menampilkan peserta yang paling aktif dalam rapat misalkan peserta yang sedang presentasi dan membagikan layarnya. Namun dengan fitur ini, kamu memungkinkan untuk mengatur sendiri tata letak layar yang kamu inginkan.

cara menggunakan google meet
Sumber: Envato

Baca juga: 20+ Situs Freelance Terbaik bagi Kamu yang Kerja dari Rumah

6. Berbagi layar dan berkirim pesan

Seperti aplikasi video conference pada umumnya, Google Meet juga memberikan fitur untuk berbagi layar dan berkirim pesan untuk peserta rapat. Bisa dibilang fitur ini memang merupakan fitur yang wajib disematkan pada aplikasi video conference.  

7. Integrasi dengan aplikasi Google dan pihak ketiga

Google Meet menawarkan berbagai fitur yang menunjang proses rapat online yang dilakukan oleh pengguna. Kamu pasti sudah tahu bahwa Google merupakan perusahaan Cloud yang memiliki berbagai aplikasi. Dalam hal ini, Gmeet juga didukung berbagai aplikasi Google lainnya seperti Gmail dan Google Calendar untuk memulai dan menjadwalkan rapat, serta Jamboard yang dapat kamu gunakan untuk menunjang presentasimu.

Selain didukung oleh aplikasi Google, Gmeet adalah aplikasi yang dapat diintegrasikan dengan Microsoft Outlook Calendar untuk memulai dan menjadwalkan rapat dan Robot Game agar kamu tidak jenuh saat menunggu seluruh peserta rapat datang.

Wah, fitur yang cukup banyak ini tentunya dapat memudahkan kamu saat berkoordinasi dengan tim kantormu! Setelah mengetahui fitur dari Google Meet, kini saatnya kamu harus tahu cara pakai Google Meet, berikut penjelasannya.

Cara pakai Google Meet 

Cara menggunakan Google Meet ini sangat mudah. Pada dasarnya, kamu hanya perlu memiliki akun Google baik akun biasa maupun akun berbayar untuk bisa menggunakan aplikasi Gmeet ini. Secara umum, cara menggunakan Google Meet terbagi dalam tiga tahap, yaitu

1. Buat rapat

Ada beberapa cara untuk membuat sebuah rapat baru. Sebelumnya pastikan kamu memiliki akun Google. Kamu bisa gunakan akun personal untuk kebutuhan pribadi atau gunakan akun Google Workspace untuk keperluan bisnis atau perusahaan. Kamu bisa berlangganan akun Google Workspace dengan biaya mulai dari $6 saja. 

Cara pakai google meet untuk membuat rapat baru adalah dengan membuka link https://meet.google.com/ kemudian pilih tombol New Meeting. Setelah itu maka akan muncul tiga pilihan untuk membuat rapat baru ini. 

Pertama, kamu bisa pilih Create a meeting for later untuk membuat rapat yang akan kamu mulai dalam beberapa waktu mendatang. Pastikan kamu menyalin link yang diberikan oleh Google Meet setelah kamu membuatnya. Link ini dapat kamu gunakan untuk beberapa kali rapat.

cara menggunakan google meet
Sumber: Envato

Baca juga: Wajib Tahu! 10 Cara Menjadi Freelancer Pemula Sukses 2022

Kedua, kamu juga bisa memilih Start an instant meeting. Jika memilih ini, kamu tidak akan masuk ke halaman pratinjau aplikasi Google Meet melainkan langsung memulai rapat online. Pilihan ini memang diberikan untuk kamu yang ingin langsung memulai rapat.

Ketiga, kamu bisa memilih Schedule in Google Calendar. Saat kamu memilih ini, seketika kamu akan diarahkan ke aplikasi Google Calendar. Ya, memang pilihan ini menargetkan pengguna yang ingin menjadwalkan rapat terlebih dahulu secara lebih formal. Kamu bisa mengatur judul rapat, waktu rapat, hingga deskripsi rapat.

2. Undang peserta rapat

Cara menggunakan Google Meet selanjutnya adalah berkaitan dengan mengundang peserta rapat. Ada dua cara untuk mengundang peserta rapat, pertama adalah dengan menggunakan link. Kamu bisa membagikan link rapat yang telah ada dengan memilih icon i (information) pada menu yang ada di aplikasi Gmeet. Kemudian pilih Copy Joining Info lalu bagikan kepada calon peserta rapat atau, kamu dapat langsung menyalin url pada browser (jika menggunakan browser) lalu membagikannya.

Cara kedua, kamu bisa mengundang peserta rapat melalui Google Calendar. Jika kamu merupakan host meeting atau pembuat rapat, kamu bisa pilih Schedule in Google Calendar. Setelah kamu melengkapi deskripsi rapat, pilih tab menu Guest pada layar kamu lalu klik Add Guest. Ketik alamat email para peserta yang akan kamu undang. Kemudian jangan lupa untuk menyimpan rapat yang telah kamu buat.  

3. Bergabung dalam rapat 

Sebagai peserta rapat, kamu pastinya bertanya-tanya bagaimana cara untuk bergabung ke dalam sebuah rapat? Tak perlu khawatir, untuk dapat bergabung dalam rapat caranya sangat mudah. Kamu hanya perlu klik link yang telah dibagikan kepada kamu atau cek dan klik link di inbox email jika host meeting mengundangmu melalui Google Calendar.

Tips cara menggunakan Google Meet  

Setelah mengetahui berbagai hal mengenai dan cara menggunakan Google Meet, kini saatnya kamu dapatkan tips cara menggunakan Google Meet dari Domainesia! 

1. Perhatikan pencahayaan dan background video

Tips pertama yang penting terkait cara menggunakan Google Meet adalah mengenai live video kamu yang akan tampil di layar peserta lainnya. Pastikan lokasi yang kamu pilih memiliki pencahayaan yang cukup untuk menerangi bagian wajahmu. Kamu bisa menggunakan penerangan tambahan berupa lampu atau berada di lokasi dekat dengan jendela. 

Selain itu gunakan efek video untuk menghindari gangguan seperti orang yang berlalu-lalang dengan menggunakan Visual Effects saat kamu berada di pratinjau Google Meet.

2. Atur tata letak layar

Agar visual yang kamu lihat pada layar Google Meet lebih leluasa, ada baiknya kamu mengatur tata letaknya terutama saat peserta yang bergabung cukup banyak. Kamu juga bisa mengatur layar untuk menampilkan peserta yang hanya ingin kamu tampilkan di layar kamu.

3. Gunakan fitur berkirim pesan untuk bertanya

Saat rapat berlangsung tentunya kamu terbesit beberapa pertanyaan yang muncul di kepala. Namun saat itu speaker sedang presentasi dan pertanyaanmu harus segera ditanyakan sebelum kamu lupa akan hal itu. Kamu bisa menggunakan fitur berkirim pesan untuk menanyakannya tanpa mengganggu jalannya rapat.

cara menggunakan google meet
Sumber: Envato

4. Pastikan koneksi internet lancar

Tips cara menggunakan Google Meet yang terakhir adalah pastikan koneksi internet lancar sehingga rapat online dapat berjalan dengan lancar. 

Online Meeting Dimana Saja dengan Google Meet

Nah, itu dia penjelasan lengkap mengenai pengertian dan cara menggunakan Google Meet atau yang juga populer dengan sebutan Gmeet. Saat ini memang banyak aplikasi video conference yang beredar dan dapat digunakan secara gratis salah satunya adalah Google Meet. Keunggulan yang dimiliki adalah kemudahan dalam cara menggunakan Google Meet dan dilengkapi fitur yang menunjang penggunaan aplikasi ini. Tentunya jika kamu adalah pekerja remote tidak salah lagi jika kamu harus mencoba aplikasi ini karena Gmeet adalah aplikasi yang mudah dan lengkap. 

Ayoni Sulthon

SEO Strategist DomaiNesia, ask me all about SEO and Digital Marketing.


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah