• Home
  • Berita
  • Pahami Apa Itu SaaS dan Apa Saja Contoh SaaS

Pahami Apa Itu SaaS dan Apa Saja Contoh SaaS

Oleh Ratna Patria
No ratings yet.

Dengan transformasi digital yang bergerak sangat cepat, semakin banyak perusahaan yang beralih ke solusi online dan menjalankan bisnis mereka di SaaS. Apa itu SaaS? SaaS adalah singkatan dari Software as Service. Ini adalah software siap pakai yang membantu proses bisnis. Faktanya, menurut laporan Statista terbaru tentang organisasi SaaS pada tahun 2022, ada sekitar 17.000 perusahaan SaaS di AS dan 25.000 di seluruh dunia (dan terus bertambah!).

Apakah kamu ingin menambahkan lebih banyak aplikasi SaaS ke dalam perusahaanmu, mengganti aplikasi usang yang kamu gunakan saat ini, memulai membangun perusahaan SaaS, atau sekadar mempelajari lebih lanjut tentang SaaS, kamu telah datang ke tempat yang tepat untuk memahami apa itu SaaS!

apa itu saas
Sumber: Freepik

Baca Juga : Pahami Pengertian dan Perbedaan PaaS SaaS IaaS

Mengenal Apa Itu SaaS

Apa itu SaaS

Pertanyaan awalnya adalah, apa itu SaaS? Software as Service (SaaS) adalah model distribusi perangkat lunak yang memungkinkan pelanggan dan perusahaan berinteraksi melalui perangkat yang mendukung internet seperti seperti laptop, smartphone dan perangkat yang mendukung lainnya. Ini karena software bekerja berbasis cloud menjadikannya sangat nyaman untuk mengakses dan menyimpan data secara cloud.

Secara singkatnya, SaaS adalah layanan aplikasi siap pakai berbasis online. Selain itu, SaaS juga dapat diartikan sebagai lainnya. Apa itu SaaS dalam arti lain? Berikut ini adalah beberapa pemahaman lain mengenai SaaS:

  • Juga dapat disebut sebagai perangkat lunak berbasis web  dan perangkat lunak yang dihosting.
  • SaaS adalah salah satu dari tiga tingkatan utama komputasi awan. Tingkatan lainnya adalah Platform as Service (PaaS) dan Infrastruktur as Service (IaaS) 
  • Manfaat SaaS termasuk peningkatan efisiensi, efektivitas biaya, aksesibilitas, dan skalabilitas. 
  • Perusahaan SaaS biasanya merupakan organisasi bisnis-ke-bisnis (B2B) atau bisnis-ke-konsumen (B2C). 
  • Jenis solusi SaaS yang paling umum adalah Customer Relationship Management (CRM), Enterprise Resource Planning (ERP), Content Management System  (CMS), Perangkat Lunak Manajemen Proyek, Penjualan, Pemasaran, dan eCommerce

Perjalanan SaaS

Setelah memahami apa itu SaaS, kamu akan mengetahui perjalanan sejarahnya. Pada dasarnya pembuatan aplikasi komputer dan sejarah komputer itu sendiri dimulai pada tahun 1960-an Dengan munculnya internet pada 1990-an, developer mulai menghosting perangkat lunak dan membuatnya tersedia untuk pelanggan melalui internet. 

Cikal bakal SaaS ini, yang disebut model Application Service Provider (ASP), memiliki keterbatasan serius. Misalnya, setiap pelanggan memerlukan versi perangkat lunak mereka sendiri, yang berarti mereka harus memasang beberapa perangkat lunak di komputer pengguna. Konfigurasi mahal dan memakan waktu dan solusi ASP biasanya tidak menawarkan cara untuk mengumpulkan dan meng-agregasi data secara efisien.

apa itu saas
Sumber: Freepik

Solusi SaaS pertama muncul pada akhir 1990-an, ketika istilah SaaS awalnya diciptakan. Model baru ini menghasilkan efisiensi yang jauh lebih besar daripada model ASP. Satu contoh SaaS adalah aplikasi yang dapat melayani banyak pengguna dan bahkan pelanggan. Penginstalan perangkat lunak lokal tidak lagi diperlukan. Dan itu menyediakan cara untuk mengumpulkan dan memusatkan data aplikasi yang berharga. 

SaaS Saat Ini

SaaS adalah salah satu pasar dengan pertumbuhan tercepat saat ini. Menurut data, SaaS tumbuh dari $31,5 miliar pada tahun 2015 menjadi sekitar $171,9 miliar pada tahun 2022, itu sekitar 5x pertumbuhan dalam tujuh tahun. Melansir Getlaka, saat ini Amerika Serikat atau AS memimpin untuk perusahaan SaaS terbanyak di dunia dengan sekitar 17.000, diikuti oleh Inggris dengan pasar terdepan kedua dengan 2.000 penyedia SaaS. 

Pada tingkat ini dan dengan selisih yang cukup besar, diperkirakan bahwa AS akan tetap berada di posisi teratas untuk pasar SaaS terbesar di dunia bahkan hingga tahun 2025, dan pemimpin pasar lainnya seperti pasar Eropa, Amerika Latin, dan Asia akan terus mengalami eksponensial. 

Contoh Saas

Sudah paham kan mengenai apa itu SaaS? Nah, sekarang kamu bisa mulai mengetahui apa saja contoh SaaS yang saat ini populer dan banyak digunakan oleh perusahaan didunia maupun individu. Berikut ini adalah beberapa contoh SaaS:

Google Workspace

apa itu saas
Sumber: Google Workspace

Pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan layanan cloud yang disediakan oleh Google. Ya, Google Workspace adalah kumpulan layanan cloud yang dimiliki oleh Google seperti: Google Docs, Google Sheet, Google Slide, dan lain sebagainya. 

Layanan ini sangat membantu dalam kolaborasi. Kamu bisa mengerjakan dokumen dalam satu waktu yang bersamaan bersama rekan kerja. Selain itu, layanan ini didukung oleh text editor yang handal.

HubSpot

apa itu saas
Sumber: HubSpot

HubSpot adalah layanan penjualan, pemasaran, dan manajemen hubungan pelanggan atau Customer Relationship Management (CRM) berbasis cloud yang populer. Kemampuannya untuk berfungsi sebagai toko serba ada untuk semua kebutuhan bisnis menjadikan Hubspot sebagai perusahaan SaaS yang hebat. 

Fitur utamanya adalah database dan alur kerja CRM otomatis, pelaporan dan metrik pemasaran CRM dengan wawasan mendalam, analisis email, dan dashboard lengkap. 

Dengan lebih dari 113.925 pelanggan (dan terus bertambah) berlokasi di 120+ negara, HubSpot tetap menjadi salah satu penyedia SaaS teratas karena menawarkan “hub” untuk pemasaran, penjualan, layanan, CMS, dan operasi di satu tempat. 

Hub ini membantu merampingkan operasi bisnis, memaksimalkan penjualan, memelihara prospek, meningkatkan operasi, dan memberikan pengalaman pelanggan terbaik. 

ClickUp

apa itu saas
Sumber: ClickUp

ClickUp adalah salah satu alat SaaS terkemuka dan perangkat lunak manajemen proyek dengan peringkat tertinggi dan di pasaran saat ini. Perusahaan dari semua ukuran, mulai dari solopreneur hingga tim perusahaan, menggunakan platform berbasis cloud ini untuk membawa semua pekerjaan mereka ke dalam satu hub terpusat. 

Platform produktivitas ini menawarkan ratusan fitur yang dapat disesuaikan sepenuhnya untuk memenuhi preferensi proyek dan alur kerja apa pun dan terintegrasi dengan lebih dari 1.000 aplikasi SaaS. Kemampuan untuk menyesuaikan setiap bagian dari platform inilah yang menjadikan ClickUp sebagai contoh SaaS yang populer.

Slack

apa itu saas
Sumber: Slack

Slack adalah salah satu perusahaan terkemuka dan alat komunikasi tempat kerja berbasis cloud yang mengubah cara organisasi berkomunikasi dengan memusatkan komunikasi tim dan memungkinkan berbagi informasi dengan cepat—menjadikannya salah satu produk SaaS teratas dan pengubah permainan di ruang kerja kolaboratif saat ini. Platform perpesanan berbasis saluran ini digunakan oleh jutaan bisnis untuk menyelaraskan tim mereka, menyatukan sistem mereka, dan mengembangkan bisnis mereka.

Ahref

apa itu saas
Sumber: Ahref

Apa itu SaaS Ahref? Ini adalah salah satu rangkaian perangkat lunak Search Engine Optimization (SEO) terkemuka dan terpercaya di seluruh dunia. Ini menawarkan alat bagi profesional pemasaran untuk membantu mengoptimalkan konten dan memaksimalkan peluang pertumbuhan. Dengan alat untuk membangun tautan, audit website, penelitian keyword, pelacakan peringkat, dan analisis pesaing, pemasar digital dapat mengumpulkan informasi penting tentang tautan balik untuk merampingkan semua upaya pemasaran mereka dan mendapatkan peringkat Google yang lebih tinggi

Baca Juga: Pelaku Bisnis Harus Tahu, Apa Itu CRM!

Tertarik Menggunakan SaaS?

Gimana, sudah tahu kan apa itu SaaS? Tertarik menggunakannya? Software as Service (SaaS) adalah model distribusi perangkat lunak yang memungkinkan pelanggan dan perusahaan berinteraksi melalui perangkat yang mendukung internet seperti seperti laptop, smartphone dan perangkat yang mendukung lainnya dan harus terhubung ke domain dan hosting. Ini karena software bekerja berbasis cloud menjadikannya sangat nyaman untuk mengakses dan menyimpan data secara cloud.

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah

This will close in 0 seconds