• Home
  • Berita
  • Keamanan Digital Adalah : Terapkan agar Data Terjaga!

Keamanan Digital Adalah : Terapkan agar Data Terjaga!

Oleh Mila Rosyida
No ratings yet.

Keamanan Digital – Di era digital saat ini, segala informasi dan data sudah tidak lagi membutuhkan bentuk fisik yang harus dicetak melainkan saat ini segala sesuatu berbentuk digital dengan format-format tertentu mengikuti data atau informasi yang digunakan. Saat kita membutuhkan sebuah informasi, koran bukanlah opsi pertama yang dapat diandalkan, namun saat ini kita mengandalkan berita melalui sosial media atau situs-situs artikel yang menerbitkan berita terbaru setiap waktunya. 

Dengan semua hal yang bisa diakses dengan mudah melalui smartphone, membuat informasi seseorang akan mudah disebar dan diketahui oleh orang yang tidak dikenal.

Dari tahun ke tahun dengan berkembangnya teknologi baru, celah kerentanan dari sebuah data pribadi juga ikut meningkat.

Mengapa? Karena kecanggihan teknologi tersebut memang akan memudahkan kegiatan kita, namun data pribadi kita yang akan menjadi korban kerentanan dari sebuah sistem. 

Dengan adanya digitalisasi ini, data lebih mudah tersebar dan lebih mudah diakses oleh sembarang orang. Oleh karena itu, pentingnya keamanan digital harus dipahami oleh semua orang di seluruh dunia.

Apa itu keamanan digital? Keamanan digital adalah tindakan pencegahan terhadap data-data pribadi yang disimpan secara digital. Lebih lengkapnya yuk simak penjelasan berikut ini!

Keamanan Digital Adalah

Apa itu keamanan digital? Keamanan digital adalah sebuah kegiatan yang bertujuan untuk melindungi data, sistem komputer, dan informasi digital dari ancaman-ancaman keamanan digital yang marak saat ini.

Upaya-upaya tersebut dapat dilakukan dengan beberapa dasar dasar keamanan digital yang nanti akan kita bahas.

keamanan digital adalah
sumber : envato

Penerapan keamanan digital adalah salah satu tindakan penting yang wajib dimiliki oleh semua orang. Tindakan ini bisa mencegah dan mengantisipasi kita dari pencurian data, kerusakan data, akses tidak sah dan sebagainya. Jadi, agar data-data kamu tidak dimanfaatkan oleh orang yang tidak bertanggung jawab, ikuti dasar dasar keamanan digital di bawah ini ya!

Apa saja Dasar Dasar Keamanan Digital?

Pada penerapannya keamanan digital adalah salah satu upaya yang dapat melindungi data pribadimu, terdapat dasar dasar keamanan digital yang harus kamu ketahui untuk menjadi pertahanan pertama dalam melindungi data-data pribadi yang kamu miliki.

Dasar dasar keamanan digital ini tidak memerlukan pengetahuan yang mendalam terkait IT, kamu hanya perlu mengenal dan membiasakannya di kehidupan sehari-hari.

Apa saja dasar dasar keamanan digital ini? Berikut 5 dasar dasar keamanan digital yang harus kamu ketahui

Simpan Backup Data secara Offline

Pertama, Dasar dasar keamanan digital adalah menyimpan backup data secara offline. Karena terbiasa menyimpan data dalam bentuk digital dan berada di sebuah platform, maka masyarakat saat ini kurang waspada terhadap kehilangan data yang terjadi jika data hanya disimpan dalam bentuk online saja.

Untuk pencegahan, sangat disarankan kamu untuk dapat menyimpan backup dari sebuah data dalam bentuk hardcopy untuk dokumen yang sangat penting, atau simpan melalui perangkat yang dapat diakses offline dan ada setiap saat.

Hal ini sangat penting ketika terjadinya kehilangan data, kerusakan data, dan sebagainya, agar kamu masih memiliki cadangan yang dapat dimanfaatkan saat keadaan yang tidak diinginkan.

Menggunakan Kata Sandi yang Kuat

Kedua, dasar dasar keamanan digital adalah dengan menggunakan kata sandi yang kuat. Apa itu kata sandi yang kuat? Kata sandi yang kuat adalah kata sandi yang tidak mudah ditebak oleh orang lain dan mencakup beberapa jenis karakter.

Berikut merupakan beberapa tips untuk membuat kata sandi yang kuat:

  1. Jangan menggunakan atribut pribadi seperti nama lengkap, dan tanggal lahir
  2. Gunakan kombinasi huruf besar dan huruf kecil
  3. Gunakan tanda baca atau karakter selain alphabet
  4. Gunakan Angka yang tidak berkaitan dengan atribut pribadi

Selain itu, jika menurut kamu akun tersebut sangat penting namun memiliki tingkat celah atau kerawanan yang tinggi, dalam periode waktu tertentu kamu harus rutin mengubah kata sandi agar dapat mencegah aktivitas cyber crime yang dapat mengakibatkan akun kamu berada di tangan orang tidak bertanggung jawab.

Gunakan Autentikasi Dua Faktor

Ketiga, dasar dasar keamanan digital adalah dengan menggunakan autentikasi dua faktor. Apa itu autentikasi dua faktor? Autentikasi dua faktor adalah salah satu metode keamanan yang mewajibkan pengguna untuk memberikan dua jenis informasi pribadi sebagai verifikasi akses ke suatu akun atau sistem. 

Tentu saja metode ini memiliki tingkat keamanan yang lebih tinggi daripada hanya menggunakan kata sandi saja, karena pengguna harus memberikan informasi unik lainnya untuk dapat membuka akses pada sebuah akun.

Beli Domain Murah

Jangan Klik Link yang Mencurigakan/Tidak Dikenal

Keempat, dasar dasar keamanan digital adalah jangan pernah untuk klik link apapun yang tidak dikenal atau memiliki nama URL yang terdiri dari karakter acak.

Kamu harus berhati-hati terhadap sebuah link yang diberikan oleh orang yang tidak dikenal, karena di dalam link tersebut bisa memancing kamu kepada pencurian data pribadi yang yang tanpa sadar kamu memberikannya melalui tampilan login yang palsu. 

Pastikan jika kamu akan membuka sebuah URL, URL tersebut menggunakan domain yang terpercaya seperti domain premium dari DomaiNesia dan menggunakan layanan hosting murah tanpa ribet seperti yang disediakan oleh DomaiNesia.

Waspadai WiFi Publik

Kelima, dasar dasar keamanan digital adalah hindari membuka sesuatu yang penting seperti transaksi keuangan jika kamu sedang tersambung WiFi di tempat digital.

Mengapa? Karena pada WiFi yang dibuka secara publik, orang lain nantinya akan bisa memantau apa yang sedang kamu buka atau akses, hal ini akan mengarahkan kepada celah kerentanan kebocoran data pribadi yang memungkinkan orang lain dapat mengetahui apa yang sedang kamu lakukan saat menggunakan WiFi tersebut.

Apakah Keamanan Digital dan Cyber Security itu Sama?

Tentu saja berbeda! Walaupun kedua hal ini memiliki kemiripan dalam tujuan melindungi dari serangan kejahatan digital, tetapi ternyata mereka memiliki perbedaan yang cukup signifikan lho!

Salah satunya adalah saat kamu memahami apa itu keamanan digital, pasti hal pertama yang disampaikan adalah terkait data pribadi, data privasi, dan atribut-atribut personal yang diupayakan untuk terhindar dari serangan atau kejahatan digital.

Jadi, keamanan digital ini sesuatu hal yang bisa dilakukan oleh semua orang tanpa harus mendalami sebuah ilmu IT terlalu dalam. Keamanan digital adalah tanggung jawab pribadi mereka terhadap atribut data digital yang dimilikinya.

Seiring pesatnya perkembangan teknologi, maka edukasi keamanan digital ini harus ditekankan kepada masyarakat agar dapat mulai diterapkan di kehidupan sehari-hari.

Berbeda dengan cyber security, cyber security juga memiliki tujuan dalam perlindungan dari serangan-serangan kejahatan digital. Namun, cyber security lebih mengarah pada penerapan strategi-strategi untuk melindungi sebuah sistem dari sebuah serangan.

sumber : envato

Berbeda dengan keamanan digital, cyber security membutuhkan ilmu IT yang cukup mendalam, karena umumnya penerapan dari cyber security ini ada pada sebuah aplikasi, website yang dimiliki oleh organisasi atau perusahaan.

Walaupun cyber security juga menjaga data-data agar tidak dicuri, tetapi cyber security memiliki fokus kepada pertahanan masif dalam melindungi teknologi-teknologi terbaru yang dapat diakses oleh internet secara bebas.

Yuk Terapkan Keamanan Digital dari Sekarang!

Dari penjelasan seputar keamanan digital dan dasar dasar keamanan digital, apakah kamu sudah memahami apa itu keamanan digital dan penerapannya? Keamanan digital adalah salah satu upaya seseorang dalam mencegah kejahatan digital terutama data pribadi dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab. 

Jika kamu sudah memahaminya, jangan lupa terapkan dasar dasar keamanan digital di atas agar data pribadi kamu lebih aman dan terjaga. Jangan pernah sepelekan celah-celah kerentanan yang ada disekitarmu, lebih baik mencari tahu terlebih dahulu sebelum bertindak. Seiring berjalannya waktu, pasti teknologi juga akan semakin canggih, oleh karena itu jangan berhenti untuk belajar dan beradaptasi dengan teknologi saat ini ya!

Mila Rosyida

Halo ! I'm a Technical Content Specialist in DomaiNesia. I love learn anything about Technical, Data, Machine Learning, and more Technology.


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah

This will close in 0 seconds