• Home
  • Berita
  • 15+ Rekomendasi Website Belajar Laravel Untuk Pemula Terbaik

15+ Rekomendasi Website Belajar Laravel Untuk Pemula Terbaik

Oleh Ratna Patria
No ratings yet.

Sekilas informasi, Laravel adalah framework PHP open-source berbasis MVC (Model, View, Controller) yang paling populer dibandingkan framework lainnya.

Dengan framework Laravel, kamu bisa mengembangkan website yang responsif, kekinian, dan elegan.

Namun, Laravel tidak bisa dipelajari dalam satu malam.

Bahkan bagi orang yang sudah lama berkecimpung dan memiliki track record di dunia pemrograman butuh waktu untuk belajar Laravel.

Belajar Laravel
Sumber: Envato

Nah, artikel ini akan menjelaskan dengan lengkap rekomendasi website gratis hingga berbayar untuk belajar Laravel pemula.

Melalui penjelasan di bawah, kamu dapat menemukan tahapan tutorial Laravel terbaik yang sesuai dengan tingkat pengetahuan dan gaya belajar kamu.

Mengapa Belajar Laravel?

Selain menjadi framework PHP terpopuler, Laravel patut dipelajari karena lingkungan pengembangan virtualnya sudah siap pakai, tanpa perlu instal PHP dan web server terlebih dahulu.

Selain itu, masih banyak alasan lain mengapa kamu harus belajar Laravel. Berikut ini penjelasannya.

  • Pengembangan Cepat

Laravel adalah framework PHP open-source untuk pengembangan aplikasi web, berdasarkan pola arsitektur MVC (Model, View, Controller).

Sintaksnya yang ekspresif dan lugas mempercepat pengembangan dan menghasilkan basis kode yang rapi dan dapat diatur serta aplikasi yang dapat bekerja dengan baik.

Membuat website menggunakan framework Laravel kini bisa dilakukan dengan mudah melalui server hosting.

Seperti halnya layanan hosting DomaiNesia yang mendukung pembuatan website berbasis framework Laravel.

  • Popularitas Tinggi

Source code Laravel yang di hosting di GitHub adalah repository PHP paling populer, dengan lebih dari 60.000 ulasan dan terus bertambah.

Komunitas Laravel juga banyak menyediakan tutorial Laravel, video, screencasts, dan sumber daya yang tersedia secara online yang dapat membantu kamu belajar Laravel dan tetap mengikuti perkembangan baru.

  • Ekosistem Besar

Berkat popularitasnya, Laravel memiliki ekosistem besar dari paket resmi dan pihak ketiga yang dapat kamu tambahkan ke aplikasi atau website yang kamu buat.

Paket resmi tersebut terdiri dari alat dan platform manajemen server, tools kode program untuk programmer, alat monitoring dan pengujian, panel administrasi, dan masih banyak lagi dengan melihat di beranda Laravel di bawah menu ‘Ecosystem’.

  • Komunitas yang Aktif

Ada komunitas besar di sekitar Laravel yang dapat kamu temukan, seperti Laravel.io, Laracast Discuss, LaraChat, Discord, Reddit, dan tempat keren lainnya.

Laravel juga memiliki konferensi resmi yang disebut Laracon yang berlangsung setiap tahun di tiga benua Amerika, Eropa, Australia.

  • Pasar Kerja yang Kuat

Pengembangan menggunakan framework Laravel merupakan keterampilan yang sangat diminati dan prospek pekerjaan sangat baik di era saat ini.

Laravel memiliki situs papan pekerjaan resmi yang disebut Larajobs di mana peran pekerjaan yang paling umum adalah Laravel Developer, Backend Laravel Developer, Full-Stack PHP Developer, dan TALL (Tailwind CSS, Alpine.js, Laravel, dan Livewire) Stack Developer.

Selain Larajobs, kamu juga bisa menemukan banyak bidang kerja Laravel di website jobseeker lain seperti Monster, Indeed, dan LinkedIn.

Jika ingin mencari pekerjaan Laravel secara remote atau jarak jauh, telah tersedia di RemoteOK, We Work Remotely, dan tempat lainnya.

  • Sebagai Peluang Bisnis yang Menjanjikan

Kalau kamu tidak ingin bekerja untuk orang lain tetapi membangun bisnis sendiri, belajar Laravel juga bisa menjadi solusi yang sangat baik.

Sudah ada banyak bisnis sukses yang dibangun di Laravel, seperti OctoberCMS, Mailcoach, Monica CRM, Invoice Ninja, dan CodeCourse.

Dengan belajar Laravel sebagai fondasi dan menggunakan praktik terbaik dan hosting PHP berperforma tinggi, proses pengembangan aplikasi atau website kamu akan ditingkatkan tanpa masalah seiring waktu.

6 Rekomendasi Website Belajar Laravel (Gratis)

Jika kamu semakin berminat belajar Laravel setelah membaca penjelasan keuntungan Laravel tapi bingung belajar mulai dari mana, tak perlu khawatir.

Karena DomaiNesia akan merekomendasikan beberapa website yang menyajikan tutorial Laravel secara lengkap dan bisa diakses secara cuma-cuma alias gratis.

Simak selengkapnya di bawah ini ya!

  1. Official Laravel Documentation

Tingkat: Beginner, intermediate, dan advanced

Website Official Laravel Documentation berisi deskripsi lengkap tentang framework Laravel yang dikelola oleh komunitas Laravel dan juga tersedia di GitHub.

Website ini berisi panduan instalasi dan pemberian gambaran umum tentang semua konsep Laravel, seperti templating, keamanan, manajemen database, dan lain sebagainya.

Kamu juga bisa menemukan dokumentasi paket belajar Laravel untuk pemula resmi di website tersebut.

Website ini sangat berguna dalam menyediakan sumber daya Laravel terbaru dalam informasi yang terstruktur dengan baik dan mudah dicari.

Selain itu kamu juga akan menemukan dokumen untuk versi Laravel yang lebih lama, termasuk contoh kode dan tips praktik terbaik.

Dengan mengunjungi website Official Laravel Documentation, kamu juga bisa mengirimkan laporan bug di GitHub

Website yang bisa kamu akses di https://laravel.com/docs/8.x ini berguna untuk tingkat pengetahuan apapun-baik beginner, intermediate, dan advanced-untuk belajar Laravel.

Namun, tutorial Laravel di sana bisa sangat melelahkan bagi pemula karena kepadatan informasinya yang tinggi.

  1. Laravel News

Tingkat: Beginner, intermediate, dan advanced

Laravel News adalah website tutorial Laravel lengkap dengan berbagai berita terkait Laravel.

Website ini memiliki blog yang menampilkan berita Laravel terbaru, bagian untuk tutorial Laravel yang mencakup topik belajar Laravel untuk pemula hingga ahli, podcast tutorial Laravel setiap dua minggu, dan majalah/koran Laravel yang dikirimkan setiap Minggu pagi.

Laravel News juga menampilkan paket tutorial Laravel populer dengan deskripsi singkat dan kode contoh Laravel.

Tak mau kalah dengan website Official Laravel Documentation, Laravel News menyediakan informasi-informasi yang diperbarui secara berkala dan menyampaikan konten dengan cara yang berbeda seperti blog, podcast, buletin, dan lain-lain.

Di Laravel News, kamu akan menemukan potongan praktik terbaik dengan tutorial Laravel gratis dan berkualitas tinggi dalam membangun aplikasi Laravel berupa tangkapan layar dan cuplikan kode yang sangat membantu proses belajar Laravel untuk pemula.

Kamu bisa mengakses Laravel News di https://laravel-news.com/.

  1. Tuts Make

Tingkat: Intermediate dan advanced

Tuts Make adalah blog tutorial populer yang mencakup berbagai bahasa dan teknologi pemrograman, termasuk Laravel.

Tutorialnya singkat, padat, dan jelas dalam membahas tugas umum Laravel, error, dan use case Laravel.

Website ini menyertakan beberapa cuplikan kode yang juga dapat kamu gunakan untuk keperluan pengembangan website kamu.

Tuts Make menyediakan informasi dan tutorial Laravel terbaik secara berkala.

Konten yang mudah dibaca dengan contoh kode yang panjang tapi terstruktur juga bisa kamu dapatkan di website ini.

Hebatnya, kamu dapat menemukan informasi contoh dan tips wawancara kerja serta Q&A.

Namun, Tuts Make bukan untuk pemula, setidaknya ditujukan ke developer tingkat intermediate hingga advanced untuk memahami tutorial ini.

Karena tutorial di sana sangat berbasis kode, tanpa banyak diskusi tentang teori.

Kamu bisa mengunjungi website tutorial Laravel Tuts Make di https://www.tutsmake.com/category/laravel-tutorial/.

Sumber: Envato
  1. LaraShout

Tingkat: Beginner, intermediate, dan advanced

LaraShout adalah website belajar Laravel untuk pemula lainnya yang gratis dan berfokus sepenuhnya pada framework Laravel.

Selain tutorial Laravel langsung, LaraShout juga menampilkan panduan konsep teoritis penting seperti middleware, storage, queues dan tugas, dan lain sebagainya.

Beberapa tutorial dikelompokkan ke dalam part sehingga kamu bisa mendapatkan pengetahuan yang lebih dalam dari setiap topik.

Saat ini, LaraShout memiliki empat part: Laravel Collections, Design Patterns, E-Commerce Application Development, dan Package Development.

LaraShout sebagai website yang mudah dinavigasi, lengkap dengan tutorial yang dimulai dengan daftar isi sehingga tampilan lebih terstruktur.

Konten yang kaya gambar berkualitas tinggi, contoh kode, dan pesan peringatan yang disajikan baik melalui tutorial berbasis teori dan praktik menjadi andalan lain LaraShout.

Website ini direkomendasikan untuk pelajar intermediate dan advance, meskipun juga memiliki beberapa tutorial Laravel tingkat pemula.

LaraShout lebih menyerupai blog teknologi daripada situs belajar yang komprehensif.

Untuk mengakses LaraShout, bisa kunjungi https://www.larashout.com/.

  1. Learn2torials

Tingkat: Beginner dan intermediate

Learn2torials adalah website milik Sandip Patel yang menampilkan tutorial gratis tentang berbagai bahasa dan framework pemrograman.

Bagian tutorial Laravel mencakup banyak aspek penting dari framework, mulai dari instalasi, backup, hingga caching.

Website ini lebih fokus pada teori daripada praktek.

Tetapi karena mereka menyertakan banyak contoh kode yang lebih panjang, Learn2torials cocok menjadi bahan belajar Laravel untuk pemula hingga tingkat menengah (intermediate).

Dengan Learn2torials, kamu dapat melihat penjelasan tutorial yang ditulis dengan baik menggunakan format tanya jawab yang mudah diikuti.

Selain itu, terdapat fasilitas contoh kode yang dikomentari dengan baik dan pastinya banyak tutorial tingkat pemula.

Website ini bisa kamu akses melalui https://learn2torials.com/category/laravel.

  1. Eloquent by Example

Tingkat: Intermediate

Nah, website gratis kali ini paling cocok untuk programmer tingkat intermediate, Eloquent by Example namanya.

Website ini berisi seri tutorial Laravel gratis hanya tentang Eloquent ORM, pemetaan objek-relasional yang bertanggung jawab untuk mentransfer data antara objek Laravel dan database yang digunakan, misal MySQL, PostgreSQL, SQLite, atau SQL Server.

Eloquent by Example menyediakan tutorial yang ditulis dengan sangat baik, bahkan hampir seperti novel.

Selain itu, website ini terstruktur dengan baik dengan navigasi yang mudah dan contoh kode yang berlimpah.

Bagi kamu yang lebih suka tutorial berupa teks, bisa coba kunjungi website Eloquent by Example di https://eloquentbyexample.com/.

6 Rekomendasi Website Belajar Laravel Dengan Video, Podcast, dan Screencast (Gratis)

Kalau kamu seorang pemula atau ahli pemrograman yang lebih suka penyampaian tutorial secara audio-visual, DomaiNesia juga punya rekomendasi website belajar Laravel untuk pemula, menengah, hingga ahli dengan konsep video dan podcast. Dan pastinya gratis, lho!

  1. BitFumes

Tingkat: Beginner, intermediate, dan advanced

BitFumes adalah website pembelajaran yang menampilkan screencast dan video gratis-berbayar dalam pengembangan web.

Bagian tutorial Laravel gratisnya mencakup banyak video berkualitas tinggi yang ditujukan untuk pemula.

Selain itu juga banyak tutorial Laravel gratis di saluran YouTube BitFumes, termasuk kursus berdurasi 6,5 jam yang membahas pengembangan Laravel dari dasar hingga topik lanjutan seperti Livewire.

Channel YouTube BitFumes layak untuk dikunjungi oleh siapapun-baik tingkat beginner, intermediate, dan advanced-karena kamu tidak perlu sign-up untuk melihat video tutorial gratisnya.

Tutorial gratis di website BitFumes mencakup banyak topik tingkat pemula yang sulit ditemukan secara gratis di tempat lain.

Apalagi video-video tutorial tersebut tersedia secara terstruktur yang dibagi ke dalam chapter dan topik.

  1. Laravel Business

Tingkat: Beginner, intermediate, dan advanced

Situs belajar Laravel untuk pemula lainnya datang dari channel Youtube bernama Laravel Business by Povilas Korop.

Laravel Business adalah channel YouTube populer yang menyediakan tutorial Laravel berupa video gratis tentang cara menggunakan Laravel untuk bisnis.

Di sana akan ada beberapa video YouTube setiap minggu yang membahas topik seputar Blade, Eloquent, PHPUnit, aplikasi SaaS, dan banyak lainnya.

Selain tutorial praktik langsung, Povilas juga melakukan perbandingan, memberikan saran karir dan bisnis, dan di bawah tab ‘Komunitas’, ia membagikan ‘tips Laravel hari ini’ setiap hari.

Meskipun Laravel Business ditujukan untuk pengguna yang lebih mahir (advanced), channel Youtube ini juga bisa menjadi sumber belajar Laravel untuk pemula yang bagus, terutama saran bisnis dan karier Povilas.

  1. Laraning

Tingkat: Beginner dan intermediate

Website video tutorial Laravel selanjutnya adalah Laraning.

Nama Laraning berasal dari kata ‘Laravel’ dan ‘Learning’, dan nama ini tetap digunakan karena sepenuhnya didedikasikan sebagain website belajar Laravel untuk pemula.

Laraning memiliki fitur kursus video gratis yang dikategorikan ke dalam segmen ‘Series’, ‘Features’, dan ‘Courses’.

Bagian ‘Series’ berisi video tutorial tentang paket Laravel dan topik lainnya. Namun bagian ‘Features’ saat ini tidak memuat konten apapun.

Sedangkan bagian ‘Courses’ berisi tutorial video yang lebih panjang, seperti pembelajaran mendalam ‘Laravel dari A sampai Z’ yang ditujukan untuk pelajar pemula hingga intermediate.

Laraning menyajikan kursus yang terstruktur dengan baik dan mudah dinavigasi yang lengkap dengan contoh praktis di dunia nyata dan videonya beresolusi full HD.

Sebenarnya website Laraning ini belum sepenuhnya matang sehingga kamu akan menemukan fitur yang hilang di sana-sini.

Misalnya, tombol ‘Sign In’ masih tidak berfungsi dan beberapa seri hanya menyertakan dua bagian video.

Namun, tutorial yang sudah diterbitkan telah berkualitas tinggi dan layak untuk ditonton.

Belajar Laravel
Sumber: Envato
  1. FreeCodeCamp: Laravel PHP Framework Tutorial

Tingkat: Beginner, intermediate

Laravel PHP Framework Tutorial adalah kursus video tutorial Laravel tingkat pemula-intermediate oleh platform pembelajaran online FreeCodeCamp.

Meskipun bagian backend dari kurikulum FreeCodeCamp berpusat di sekitar Python, channel ini juga membagikan video pendidikan tentang bahasa backend lainnya yang dibuat oleh anggota komunitas open source-nya.

Jika ingin belajar Laravel untuk pemula melalui pembuatan tiruan dari suatu aplikasi populer, video Youtube mereka adalah salah satu tempat terbaik untuk melakukannya secara gratis.

Penjelasan Victor yang mendalam namun mudah dimengerti dan komunitas FreeCodeCamp sangat kooperatif membantu penontonnya ketika mengalami permasalahan Laravel.

  1. Tutorial Laravel Youtube Andrew Schmelyun

Tingkat: Beginner, intermediate

Kali ini juga datang dari salah satu video di channel pribadi seseorang bernama Andrew Schmelyun yang akan mengajarkanmu cara membangun aplikasi pembuat halaman arahan media sosial yang mirip dengan layanan Linktree yang populer.

Video tutorial berjudul Let’s Build with Laravel ini berdurasi sekitar 58 menit yang dipecah ke dalam beberapa sesi.

Namun, jika kamu berekspektasi bahwa ini adalah video belajar Laravel untuk pemula instalasi dan sebagainya, maka ekspektasi kamu salah karena video ini langsung ke tahapan praktik.

Meskipun deskripsi video di Youtube itu mengatakan bahwa tutorialnya ditujukan untuk pemula, namun jika kamu seorang pemula di Laravel, kamu perlu ingat bahwa video ini mengasumsikan beberapa pengetahuan Laravel yang sudah ada sebelumnya, seperti instalasi atau konfigurasi awal.

Tutorial Laravel ini ideal untuk kamu yang ingin membangun aplikasi pertama dengan framework dan meningkatkan keterampilan pengembangan aplikasi.

  1. The Laravel Podcast

Tingkat: Beginner, intermediate, dan advanced

Rekomendasi terakhir adalah website The Laravel Podcast.

The Laravel Podcast adalah website podcast buatan Matt Stauffer.

Website ini menyajikan diskusi terkait Laravel dan PHP setiap dua minggu sekali.

Setiap episode berpusat di sekitar satu topik, seperti otentikasi, migrasi, debugging, pengaturan lingkungan lokal, dan lainnya.

Rata-rata setiap episode berdurasi sekitar 45-90 menitan yang bisa kamu dengarkan dengan baik menggunakan podcast player atau melalui Apple Podcast.

Podcast mereka memiliki kualitas audio yang bagus dan setiap episode juga dilengkapi rangkuman dan catatan.

Meskipun podcast bukanlah penyajian tutorial yang klasik, The Laravel Podcast adalah cara terbaik untuk membiasakan diri kamu dengan teknologi baru, mendengarkan pandangan pakar industri, dan mendapatkan pembaruan dengan fitur-fitur terbaru.

6 Rekomendasi Website Belajar Laravel Dari Video, Screencast (Berbayar)

Nah, tadi kamu sudah dapat beberapa rekomendasi website tutorial Laravel gratis dalam bentuk teks, audio, dan video.

Padahal sebenarnya di luar sana juga masih banyak website belajar Laravel untuk pemula berbayar.

Buat kamu yang punya budget lebih dan ingin belajar Laravel lebih mendalam dengan penawaran fasilitas pembelajaran lengkap, bisa coba simak beberapa rekomendasi website berbayar dari DomaiNesia berikut ini.

  1. Laracast

Tingkat: Beginner, intermediate, advanced

Laracasts adalah platform pembelajaran premium yang menawarkan screencasts untuk keperluan pengembangan web.

Meskipun fokus utamanya adalah framework Laravel, Laracast juga memiliki kursus tentang teknologi lain, yang sebagian besar dapat digunakan bersama dengan Laravel, seperti CSS, JavaScript, PHP, SQL, Vue.js, dan masih banyak lagi.

Website ini menampilkan lima Laracast Journeys yang terdiri dari Framework, Languages, Techniques, Testing, dan Tooling.

Laracast Journeys adalah kumpulan screencast yang kamu butuhkan untuk menguasai keterampilan tertentu.

Laracast yang bisa kamu akses di https://laracasts.com/ terdiri dari menu Topics, Series, Discussion, Podcast, dan yang paling terbaru Larabits.

Masing-masing menu memiliki screencast audio dan video yang berkualitas tinggi dengan pembahasan menyeluruh sesuai kebutuhan pengembangan website.

Meskipun merupakan layanan premium, kamu bisa menemukan beberapa seri tutorial Laravel yang sepenuhnya gratis, misalnya, seri intermediate di Envoyer dan seri beginner di Forge.

Bahkan jika kamu tidak ingin membayar keanggotaan, ada baiknya mendaftar untuk mendapatkan akun forum gratis, terutama jika kamu memerlukan bantuan dari komunitas terpercaya.

  1. Laravel Daily

Tingkat: Beginner, intermediate, advanced

Kalau tadi Povilas Korop punya channel Youtube tutorial Laravel gratis, ia juga punya website belajar Laravel berbayar yang tak kalah keren. Namanya adalah Laravel Daily.

Di sini kamu akan menemukan 10 seri video tutorial Laravel berbayar dan 1 seri gratis pada link https://laraveldaily.teachable.com/.

Hampir semuanya membahas topik Laravel yang menarik, seperti membuat aplikasi pembuatan invoice dengan Laravel, membangun CRUD SPA dengan Laravel dan Vue, menguasai Eloquent, membuat REST API dengan Laravel, dan lain sebagainya.

Laravel Daily direkomendasikan untuk developer Laravel tingkat mana pun.

Jika kamu sudah mencoba mengikuti tutorial versi gratisnya di Youtube Laravel Business, maka tak ada salahnya coba berlangganan di Laravel Daily untuk mendapatkan tutorial Laravel lebih mendalam.

  1. LinkedIn Learning

Tingkat: Beginner dan intermediate

Apakah kamu familiar dengan situs jobseeker paling populer Linkedin?

Jika iya, maka kamu juga harus tahu bahwa LinkedIn juga punya website belajar Laravel untuk pemula. Namanya LinkedIn Learning.

LinkedIn Learning, sebelumnya bernama Lynda.com, adalah platform e-learning premium yang menawarkan pembelajaran lengkap dalam pengembangan Laravel.

Melalui website resminya di https://www.linkedin.com/learning/paths/become-a-laravel-developer, terdapat 5 kursus sesuai kebutuhan yaitu:

  • Laravel Basic Training
  • Laravel Training: Testing, Securing, and Deploying Apps
  • Building RESTful APIs
  • Training Vue.js
  • Building Laravel and Vue.js Web Apps

Kursus yang diselenggarakan mereka mendatangkan instruktur terpilih yang berpengalaman di bidangnya.

Walaupun dikategorikan sebagai situs berbayar, LinkedIn Learning punya layanan free-trial selama 1 bulan yang tetap menyajikan video tutorial Laravel berkualitas tinggi.

Hebatnya lagi, jika kamu menyelesaikan tiap tahapan kursus tutorial Laravel, kamu akan mendapatkan emblem khusus dari LinkedIn dengan kompetensi sebagai Laravel Developer.

Hal itu akan semakin memudahkanmu menemukan karir atau pekerjaan yang tepat sebagai Laravel Developer

  1. Udemy

Tingkat: Beginner, intermediate, advanced

Udemy adalah marketplace e-learning global pembuat konten independen yang juga menjual kursus video mereka.

Tidak hanya dalam pengembangan web tetapi juga dalam banyak kompetensi lainnya.

Tutorial Laravel saat ini mencakup 280 kursus di semua tingkat pengetahuan.

Selain bahasa Inggris, ia juga menawarkan kursus dalam bahasa lain, tak terkecuali Bahasa Indonesia.

Dikarenakan Udemy memiliki lebih dari 300 seri video tutorial Laravel, kamu perlu meluangkan waktu dan tenaga untuk menemukan apa yang sedang dibutuhkan.

Jika kamu berlangganan di https://www.udemy.com/topic/laravel/, kamu akan mendapatkan garansi uang kembali 30 hari dan sertifikat tuntas kursus jika telah menyelesaikan kursus suatu seri.

  1. Skillshare

Tingkat: Beginner dan intermediate

Skillshare adalah marketplace belajar Laravel untuk pemula online lain yang mirip dengan Udemy.

Di sini, kamu tidak perlu membayar untuk kursus individual, tapi kamu akan dikenai biaya bulanan untuk mengakses semua kursus Skillshare.

Saat ini, Skillshare memiliki 25 kursus video belajar Laravel untuk pemula dan intermediate yang dibuat oleh guru independen.

Sebagian besar tutorial Laravel Skillshare berfokus pada keterampilan praktis, seperti membangun website anggaran pribadi, aplikasi todo, filter daftar pesan, panel admin penjadwal tugas, dan lain-lain.

Sebagian besar video di sana memiliki subtitle bahasa Inggris, Spanyol, Belanda, Perancis, dan Portugis.

Website ini menyediakan free-trial selama 7 hari untuk kamu yang masih mempertimbangkan ikut kursus Laravel.

Meskipun Laravel bukanlah fokus utama dari Skillshare, kamu juga dapat menemukan beberapa kursus tingkat premium yang bagus di https://www.skillshare.com/search?query=Laravel.

  1. Eduonix

Tingkat: Beginner dan intermediate

Rekomendasi website berbayar belajar Laravel untuk pemula yang terakhir adalah Eduonix.

Hampir sama seperti Udemy dan Skillshare, Eduonix adalah marketplace pembelajaran online dengan instruktur independen.

Eduonix menggunakan model penetapan harga yang sama seperti Udemy. Jadi kamu harus membayar setiap kursus secara individual.

Namun, Eduonix juga punya opsi untuk keanggotaan seumur hidup untuk semua kursus Eduonix dan beberapa paket diskon.

Saat ini, Eduonix yang bisa kamu akses di https://www.eduonix.com/search?proname=laravel memiliki lebih dari 20 video tutorial Laravel.

Sebagian besar di antaranya memandu kamu melalui proyek langsung, seperti membuat aplikasi hotel, aplikasi forum satu halaman, aplikasi pengelola kontak dengan frontend Vue, dan lain-lain.

Penutup

Dari penjelasan beberapa website belajar Laravel untuk pemula tadi, kamu lebih suka yang mana? A

pakah tutorial bersifat tekstual atau audio-video? Apakah gratis atau berbayar?

Namun, sebelum belajar Laravel lebih mendalam, pastikan kamu sudah memahami konsep pemrograman dasar seperti HTML, PHP, MVC, dan lain sebagainya.

Supaya kamu bisa mengikuti tutorial Laravel dari website-website di atas.

Belajar Laravel
Sumber: Envato

Bagi kamu seorang pemula dalam dunia pemrograman, wajar saja jika masih sedikit kebingungan.

Tapi percayalah bahwa belajar Laravel tidak akan membuatmu rugi karena kini banyak yang membutuhkan pengembangan website atau aplikasi dengan Laravel.

Laravel akan membuat sistem atau website yang kamu buat menjadi lebih canggih, elegan, dan aman dibalik kesederhanaan penulisan kode.

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?

Artikel

Lainnya


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!