• Home
  • Berita
  • Apa itu External Link? Yuk Pahami Fungsi dan Penerapannya

Apa itu External Link? Yuk Pahami Fungsi dan Penerapannya

Oleh Hiqbal Fauzi
No ratings yet.
Apa itu external link

Saat membuka sebuah website, seringkali penulis menyematkan sebuah tautan di dalamnya yang akan mengarahkan pembaca ke halaman atau website lain. Terkadang, menurut pandangan pembaca, hal tersebut bisa menjadi pengganggu atau bahkan memberi bantuan untuk menambahkan informasi.

Perbedaan pandangan tersebut dapat diatasi dengan strategi dan perencanaan yang tepat. Tautan yang dimaksud disebut dengan external link, apa itu external link? External link adalah salah satu bagian dari website yang sering digunakan untuk menambah sebuah informasi atau mereferensikan sebuah halaman lain pada website kita. Penggunaan external link ini juga harus memiliki penempatan yang tepat agar dapat menjadi unsur pendukung di sebuah website. Berikut merupakan penjelasan yang mendetail terkait apa itu external link, fungsi external link dan penggunaannya, yuk simak hingga akhir artikel untuk memahami apa itu external link!

Apa itu External Link

Apa itu External Link? External Link adalah tautan yang dipasang pada sebuah website yang akan mengarah ke halaman atau website lain dengan domain yang berbeda. External link seringkali disebut dengan outbound link atau backlink. Tujuan dari external link bisa berbeda-beda, yang pasti adalah external link akan mengarahkan kita ke halaman lain di luar dari website yang telah kita buka. External link dapat kamu temukan pada sebuah website dengan topik apapun. Jika kamu ingin memulai membuat sebuah website, kamu bisa gunakan layanan hosting murah DomaiNesia yang murah, berkualitas dan nggak ribet!

Apa itu external link

Sumber: Envato

Berikut merupakan contoh external link yang digunakan pada topik pembahasan terkait tampilan website pada homepage yang menggunakan external link dalam memberikan contoh/referensi website lain untuk menambahkan pemahaman para pembaca.

Apa saja tujuan external link? Tujuan external link adalah yang pertama dapat memberikan penjelasan tambahan sebuah informasi agar lebih akurat atau memiliki kredibilitas. Misalnya seperti informasi atau data-data yang dimiliki oleh pihak tertentu dan kamu ingin mereferensikannya sebagai bentuk penghargaan dan tidak disebut  mencuri data tersebut.

Yang kedua, penggunaan external link bisa dikaitkan dengan kerja sama antar satu website dengan website lain untuk dapat meningkatkan traffic dari kedua website. Dari kedua tujuan ini, terkadang pembaca tidak bisa membedakan keduanya. Oleh karena itu, sebagai pembaca kamu juga harus paham apa aja sih fungsi external link yang digunakan pada sebuah website? Yuk kita simak penjelasan fungsi external link di bawah ini.

Fungsi External Link

Dari penjelasan terkait apa itu external link di atas, selanjutnya sebagai pembaca ataupun sebagai penulis sebuah artikel, kamu harus tau apa aja sih fungsi external link yang dapat memaksimalkan isi dari artikel tersebut. Berikut merupakan 5 fungsi external link yang harus kamu ketahui!

1. Menjadi Sumber External

Seperti yang sudah dijelaskan pada tujuan dari external link di atas, external link dapat berfungsi sebagai sumber external. Dengan adanya external link ini, informasi dari sebuah artikel dapat lebih dipercaya karena memiliki referensi pendukung dari pihak external yang dapat meyakinkan bahwa informasi tersebut memang benar. Biasanya, link external digunakan pada sebuah teori atau data-data yang harus mencantumkan sumber jika melakukan kutipan. 

2. Sebagai Penghubung Konten yang Terkait

Fungsi external link yang kedua adalah dapat menjadi penghubung konten-konten yang berkaitan. Apa maksud dari konten yang berkaitan? Konten yang berkaitan disini yaitu external link dapat menambahkan informasi yang berbeda dengan isi website yang telah kita tulis dengan tujuan untuk menambah wawasan pembaca atau memberikan sudut pandang lain. Dengan topik yang serupa, biasanya satu website dengan website lain memiliki perbedaan informasi yang dapat melengkapi satu sama lain. 

3. Sebagai Strategi Digital Marketing

Fungsi external link yang ketiga adalah sebagai strategi dalam digital marketing. Satu website dengan website lain dapat bekerja sama dengan menambahkan backlink atau outbound link agar dapat meningkatkan traffic kedua website tersebut. Dengan strategi yang sudah direncanakan dengan matang, penempatan dari external link sebagai strategi digital marketing ini dapat menjadi keuntungan bagi kedua website, pembaca tidak perlu lagi mencari website lain yang mendukung dengan manual, melainkan tautan website tersebut dapat dibuka saat kamu sedang membaca sebuah website. 

Beli Email Hosting

Apa itu external link

Sumber: Envato

Terkadang strategi ini juga tidak efektif dilakukan jika tanpa perencanaan yang tepat, jadi penempatan sebuah external link dalam digital marketing harus ditempatkan pada lokasi strategis sebuah konten website.

1. Menjadi Referensi dari Sebuah Informasi

Fungsi external link yang ketiga adalah dapat menjadi referensi dari sebuah informasi. Selain menjadi sumber external, external link juga dapat menjadi referensi dari sebuah informasi yang serupa. Dengan artikel yang masih saling relevan, kamu dapat menambahkan referensi informasi sebagai informasi tambahan dengan kamu tetap menghargai penulis dari website tersebut melalui penambahan tautan websitenya melalui external link yang akan kamu tautkan.

2. Membantu Strategi SEO 

Fungsi external link yang kelima adalah dapat membantu website dalam optimalisasi strategi SEO nya. Seorang SEO Specialist pasti selalu mengupayakan sebuah website dapat lebih mudah ditemukan dan menjadi yang teratas di mesin pencarian atau search engine. Dengan menggunakan external link, search engine dapat lebih mudah mendeteksi topik apa yang ada pada website tersebut karena akan mendeteksi external link yang digunakan yang dianggap masih memiliki informasi yang relevan satu sama lain.

Itulah mengapa jika kamu ingin menambahkan external link pada website, pastikan strategi yang digunakan dapat meningkatkan SEO dengan cara menggunakan website-website yang relevan dan masih memiliki keterkaitan satu sama lain.

Baca juga: Link adalah Sebuah Penghubung, Kenali Lebih Dekat Disini!

Penerapan External Link yang Tepat

Setelah penjelasan apa itu external link dan fungsi external link di atas, pasti pertanyaan selanjutnya bagaimana cara mengetahui penerapan external link yang tepat? Sedangkan setiap website pasti memiliki gaya atau style tersendiri dalam menyampaikan informasi.

Pertama, pastikan external link yang digunakan masih memiliki relevansi informasi yang dibutuhkan. Karena dalam menambahkan external link, kamu harus menemukan keterkaitan antar kedua website yang bisa menjadi penjembatan antar website. 

Setelah menemukan informasi yang relevan, selanjutnya penempatan external link juga harus dipertimbangkan. Penempatan external link jangan sampai terlalu banyak agar tidak terjadi spam, jika terlalu banyak, pembaca pasti sudah lelah untuk membuka satu per satu informasi yang dibutuhkannya yang menjadikan pembaca akan lebih cepat keluar dari website tersebut dan memilih website lain.

Penggunaan external link sebaiknya secukupnya dengan penempatan yang strategis pada titik pembaca mulai tertarik dan penasaran dengan apa yang sedang dibahas pada website tersebut, seperti saat mengungkapkan data, teori yang unik, ataupun sudut pandang yang berbeda.

Selanjutnya, setelah kamu menerapkan langkah-langkah di atas, kamu dapat melakukan evaluasi dengan periode waktu tertentu. Hal ini bertujuan untuk melihat respon pembaca terhadap external link yang kamu gunakan apakah sudah sesuai gaya dari pembaca atau seberapa efektif external link ini dapat membantu pembaca dalam mendapatkan informasi tambahan.

Dengan adanya evaluasi ini juga dapat meningkatkan kerjasama digital marketing dari satu website dengan website lain agar lebih optimal.

apa itu external link

Sumber: Envato

Bagaimana Cara Meningkatkan Traffic dengan External Link?

Setelah memahami apa itu external link dan bagaimana penerapan external link yang tepat, pada akhirnya external link ini dapat membantu website kamu dalam meningkatkan traffic.

Bagaimana caranya? Mulai saat ini, kamu bisa mempertimbangkan kerjasama antar website dalam mereferensikan informasi, tentu saja bukan dengan kompetitor dari bidang kamu, tapi dengan website yang membutuhkan informasi dari website kamu, seperti contohnya portal berita yang membutuhkan sebuah data dan informasi terdahulu yang pernah kamu tulis sebelumnya. 

Cari target pasar yang sesuai dengan website kamu dan lakukan evaluasi secara rutin untuk dapat mengetahui apakah penggunaan external link atau backlink ini memiliki dampak yang signifikan terhadap traffic website kamu. 

Bagaimana? Sudah paham terkait apa itu external link, fungsi external link, dan penerapannya? Selanjutnya kamu bisa mulai terapkan hal-hal tersebut pada website kamu untuk mendapatkan kepercayaan dari pembaca dan peningkatan traffic yang signifikan!

Hiqbal Fauzi

As SEO Specialist at DomaiNesia with a bachelor's in animal husbandry, passionate about digital marketing, especially in SEO.


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah

This will close in 0 seconds