• Home
  • Berita
  • Alasan Laravel Adalah Framework Terpopuler + Kelebihannya

Alasan Laravel Adalah Framework Terpopuler + Kelebihannya

Oleh Ratna Patria
No ratings yet.

Framework ini dapat menyederhanakan proses pengembangan web dan menciptakan sebuah aplikasi web yang powerful.

Framework Laravel adalah framework yang terkenal memiliki tools dan fitur untuk membantu developer mengembangkan web lebih stabil dan mudah dirawat.

Framework PHP bagus tidak terbatas pada Laravel untuk membuat website dengan mudah.

Laravel Adalah
Sumber: Envato

Namun, artikel ini akan menjelaskan dengan lengkap apa itu Laravel, fungsi Laravel, hingga kelebihan dan kekurangan Laravel.

Dengan begitu, kamu dapat mengetahui alasan framework Laravel adalah pilihan terbaik bagi kamu dan developer lain untuk mengembangkan sebuah aplikasi web.

Pengertian Laravel

Apa itu Laravel? Framework Laravel adalah framework pengembangan aplikasi web dengan sintaks ekspresif dan elegan yang membuat proses pengembangan web lebih cepat, mudah, dan menyenangkan bagi developer.

Framework Laravel adalah framework yang sangat populer untuk pengembangan perangkat lunak khusus.

Framework Laravel adalah framework PHP yang paling banyak mendapatkan rating bagus di Github, lebih dari 56.000 developer dari seluruh dunia.

Laravel sepenuhnya berada di sisi server (server-side), berjalan di PHP, dan sangat berfokus pada manipulasi data dan tetap berpegang pada desain MVC atau Model-View-Controller.

Selain PHP dan MVC, kamu juga perlu paham dengan konsep OOP untuk memahami apa yang terjadi selama pengembangan aplikasi web dan menggunakan Laravel secara maksimal.

Banyak developer sangat menghargai fitur-fitur canggih dari platform ini.

Sebab, Laravel memberikan tools yang tepat untuk membantu membangun website dan aplikasi web lebih cepat, stabil, dan sangat mudah dirawat.

Laravel menghilangkan semua masalah yang terkait dengan penanganan kode PHP yang kompleks.

Selain itu, Laravel memudahkan beberapa tugas yang biasa dijalankan seperti routing, authentication, templating HTML, sessions, caching, dan lainnya sehingga developer dapat fokus membangun fitur aplikasi yang terkait dengan bisnis.

Cara Kerja Laravel

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa framework Laravel adalah framework menggunakan konsep desain MVC atau Model-View-Controller. Mari kita bahas bersama-sama!

‘Model’ mewakili bentuk data tempat aplikasi beroperasi.

Apabila kamu memiliki tabel pengguna, masing-masing dengan daftar posting yang mereka buat, maka itulah Model website kamu.

‘View’ adalah template yang membuat data Model dapat dihubungkan dan ditampilkan, dan dapat dimanipulasi oleh Controller.

Sederhananya, View meliputi semua komponen HTML aplikasi web yang kamu buat.

Terakhir, ‘Controller’ berinteraksi dengan Model.

Jika pengguna meminta untuk melihat halaman posting mereka, Controller akan mengkomunikasikannya dengan Model, seringkali hanya database, dan mengambil informasinya.

Jika pengguna ingin membuat posting baru, Controller akan otomatis memperbarui Model.

Sebab, Controller berisi sebagian besar logika untuk aplikasi Anda. Controller menampilkan informasi itu dengan View.

Patokan supaya kamu lebih mudah memahaminya, Model akan bekerja di sisi database sebagai pemilik data-data.

View adalah tampilan awal dan akhir aplikasi yang digunakan-dalam artian adalah UI.

Dan Controller sebagai ‘jembatan’ dalam pemrosesan program menggunakan kode logika komputer (misal PHP, JavaScript, dan lain-lain).

Fungsi Laravel

Utamanya, fungsi Laravel digunakan untuk membangun aplikasi web khusus menggunakan PHP.

Di sisi lain, fungsi Laravel adalah membuat proses pengembangan menyenangkan bagi developer tanpa mengurangi fungsionalitas aplikasi.

Fungsi Laravel lainnya yaitu kamu bisa membangun aplikasi full-stack atau aplikasi dengan fitur yang membutuhkan backend, seperti akun pengguna, ekspor, manajemen pesanan, dan lain sebagainya.

Framework Laravel adalah framework yang mudah diakses namun kuat dengan menyediakan tools canggih yang diperlukan untuk aplikasi besar dan kuat.

Lengkap dengan dukungan unit testing yang terintegrasi erat memberi kamu tools penting untuk membangun aplikasi apa pun.

Fitur Framework Laravel

Dengan beragamnya framework PHP di luar sana, membuat mereka berlomba-lomba menyajikan layanan dan fitur terbaik untuk bisa memperebutkan minat dan perhatian developer.

Namun, daftar fitur yang dimiliki framework Laravel adalah sesuatu yang membuat Laravel menonjol di antara framework PHP lainnya.

Adapun 5 fitur terbaik pendukung framework Laravel adalah sebagai berikut.

  • Blade Template Engine

Laravel menggunakan mesin template Blade yang sederhana namun sangat kuat dibandingkan dengan mesin template PHP lainnya.

Fitur ini tanpa menambahkan overhead ke aplikasi web yang dibuat dan tidak membatasi developer untuk menggunakan kode PHP biasa dalam tampilan.

Seiring dengan beberapa shortcut yang cocok untuk fungsi PHP umum, template Blade juga menyediakan fitur seperti template turunan dan menampilkan data yang menambah fleksibilitas pada proses pengembangan web.

  • Arsitektur MVC Laravel

Seperti yang diketahui, framework Laravel adalah salah satu framework PHP berbasis MVC yang memastikan pemisahan yang ketat antara bagian tampilan atau UI dan logika kerja program.

Dikarenakan berbasis pada MVC, framework ini menyediakan banyak fasilitas seperti berkinerja tinggi, peningkatan keamanan, dan skalabilitas.

Laravel Adalah
Sumber: Envato
  • Object-Oriented Libraries

Framework Laravel PHP dikemas dengan banyak libraries berorientasi objek bawaan yang penuh dengan fitur luar biasa untuk developer.

  • Eloquent ORM

Eloquent ORM di Laravel memfasilitasi web developer dengan implementasi ActiveRecord sederhana yang membuat interaksi developer dengan database menjadi mudah dan tidak memakan waktu lama.

Fitur ini memungkinkan developer dapat menulis query database menggunakan sintaks PHP.

Dengan begitu developer tidak perlu menulis atau mengetahui SQL untuk memperbarui atau memodifikasi database.

  • Open Source dan Komunitas Luas

Meskipun banyak framework PHP tersedia dengan membayar beberapa rupiah, framework Laravel adalah framework open source untuk pengembang web.

Selain itu, Laravel memiliki komunitas yang kuat untuk mendukung framework agar lebih maju dan fleksibel.

Kelebihan dan Kekurangan Laravel

Memilih framework PHP yang tepat untuk mengembangkan aplikasi web adalah salah satu keputusan paling penting dan bergantung pada banyak faktor.

Framework PHP terbaik adalah framework yang memenuhi kebutuhan dan selaras dengan kebutuhan bisnis developer.

Bagi sebagian orang yang baru berkecimpung di dunia pemrograman, terkadang punya pertanyaan “Mengapa framework Laravel adalah framework yang populer?”

Satu-satunya jawaban yang pas adalah karena Laravel mengutamakan ketenangan pikiran developer saat mengembangkan aplikasi web.

Kemudahan penggunaan dan kualitas mumpuni telah membantu framework Laravel mendapatkan popularitas yang luar biasa.

Tetapi, dengan menggunakan framework populer ini, kemungkinan akan membuka jalan bagi banyak kelebihan dan manfaat lainnya.

Selengkapnya, kamu bisa simak beberapa kelebihan dan kekurangan Laravel rangkuman DomaiNesia.

  • Pengembangan Laravel Membuat Perilis Produk Lebih Cepat

Secara default, Laravel dikonfigurasi untuk menyimpan objek cache dalam sistem file menggunakan driver cache file.

Bahkan, Laravel juga dimungkinkan untuk mengkonfigurasi banyak konfigurasi cache.

Laravel juga punya banyak fungsi dan struktur pra-bangun yang bekerja pada prinsip-prinsip PHP terbaru untuk membangun aplikasi web responsif dengan waktu seefisien mungkin.

Dengan framework Laravel, developer tidak perlu menghabiskan waktu berjam-jam hingga berminggu-minggu untuk menulis baris kode pemrograman.

Oleh karena itu, Laravel dapat mempercepat penyampaian atau perilisan aplikasi di samping juga terbukti ekonomis.

  • Sistem Authentication dan Authorization Lebih Baik

Framework Laravel membuat pengembangan aplikasi web menjadi sangat sederhana dan mudah untuk menerapkan sistem otentikasi lengkap, contohnya Login, Registrasi, dan Password Reset.

Kamu akan terkejut menyaksikan bahwa Laravel melakukan autentikasi dan autorisasi dengan bantuan satu perintah.

Laravel juga menyediakan cara sederhana untuk mengatur logika otorisasi dan mengontrol akses ke sumber daya.

  • Terintegrasi dengan Layanan Mail

Laravel menyediakan API yang bersih dan sederhana di atas library SwiftMailer yang populer.

Kelebihan Laravel ini memungkinkan aplikasi web untuk bisa mengirimkan email dengan cepat melalui layanan lokal atau berbasis Internet.

Selain dukungan untuk mengirim email, Laravel menyediakan dukungan untuk mengirim notifikasi di berbagai saluran pengiriman, termasuk SMS (melalui Nexmo) dan Slack.

  • Menjauhi Resiko Kerentanan Teknis Web

Laravel membantu mengamankan aplikasi web dari risiko keamanan seperti injeksi SQL, pemalsuan permintaan lintas situs, dan skrip lintas situs.

Biaya dan waktu untuk memperbaiki kerentanan ini meningkat secara eksponensial ketika menerapkan siklus hidup pengembangan perangkat lunak (SDLC).

Jadi, kelebihan framework Laravel adalah framework PHP yang sangat aman karena tidak mengizinkan aktivitas malware atau ancaman keamanan apa pun untuk memasuki aplikasi web.

  • Configuration Error dan Exception Handling

Kelebihan Laravel ini sudah dikonfigurasi untuk setiap proyek berbasis Laravel baru.

Selain itu, Laravel terintegrasi dengan library logging Monolog yang menyediakan dukungan untuk berbagai penangan log yang kuat.

  • Arsitektur MVC

Arsitektur atau desain pemrograman yang dimiliki framework Laravel adalah berbasis MVC.

MVC menjadikan Laravel sebagai framework PHP terbaik untuk pengembangan situs web.

Arsitektur MVC hadir dengan fungsionalitas built-in yang dapat digunakan developer sebaik mungkin saat membangun aplikasi web.

Terlepas dari itu, arsitektur MVC menyediakan dokumentasi yang lebih baik, peningkatan kinerja, dan beberapa fungsi built-in dibandingkan dengan framework PHP lainnya.

  • Fitur Pengujian Otomatis dan Unit

Salah satu keuntungan signifikan dari framework Laravel adalah dukungan pengujiannya yang luar biasa.

Tanpa menguji aplikasi web secara menyeluruh, developer tidak dapat memastikan bahwa aplikasi buatannya bebas dari bug dan sesuai dengan persyaratan awal saja.

Untuk memastikan bahwa aplikasi web berkinerja baik, framework Laravel menyediakan dukungan pengujian otomatisasi, sehingga developer dapat menghemat waktu untuk menguji aplikasi.

Framework ini juga dilengkapi dengan metode tambahan yang nyaman dan memungkinkan pengujian aplikasi secara ekspresif.

Laravel menyediakan cara mudah untuk mensimulasikan perilaku dasar pengguna, seperti membuat permintaan ke aplikasi dan memeriksa output contohnya mengklik tautan atau mengisi formulir.

Dengan pengujian ini, menghasilkan aplikasi web berperforma tinggi dengan kode web yang dioptimalkan.

  • Pelaksanaan dan Penjadwalan Tugas Otomatis

Setiap aplikasi web memerlukan mekanisme penjadwalan tugas untuk mengotomatisasi tugas saat diperlukan.

Misalnya, mengirim email ke pelanggan, pemberitahuan ke pengguna aplikasi, atau hanya untuk pembersihan database agar aplikasi web lebih cepat.

Dulu, web developer biasa membuat Cron entry untuk setiap tugas yang ingin mereka jadwalkan.

Namun, dengan Laravel, developer dapat menggunakan penjadwal perintah otomatisnya.

Fungsi ini memungkinkan developer untuk menentukan jadwal perintah dalam framework Laravel dengan cepat dan ekspresif dan satu Cron entry diperlukan di server untuk menjalankan tugas.

Selain membuat aplikasi web berkinerja tinggi dan lebih cepat, fitur Laravel ini juga membantu developer menghemat biaya hosting.

  • Penanganan Traffic Website

Menangani traffic aplikasi menjadi tantangan tersendiri seiring dengan meningkatnya popularitas website.

Semakin banyak traffic yang diambil aplikasi web, semakin banyak jumlah permintaan yang harus ditangani setiap detik.

Hal ini membuat developer membutuhkan hosting aplikasi web dengan harga yang mahal atau bahkan server situs web akan berhenti berfungsi dengan kehilangan data.

Jika kamu sedang mencari hosting murah, web hosting DomaiNesia untuk Laravel bisa jadi alternatif kamu.

Sistem ini membantu developer menjaga server web yang sehat bersama dengan manajemen traffic yang efektif.

Dengan demikian, kelebihan Laravel ini membuat server web tetap sehat.

Layanan Laravel queue menyediakan API terpadu di berbagai backend queue yang berbeda.

Queue memungkinkan developer untuk menunda pemrosesan tugas yang memakan waktu, seperti mengirim email yang dapat mempercepat permintaan web ke aplikasi web kamu.

  • Konfigurasi URL Routing

Semua rute website berbasis Laravel didefinisikan dalam file app/Http/routes.php yang secara otomatis dimuat oleh framework.

Rute Laravel paling dasar hanya menerima URI dan Closure, menyediakan metode yang sangat sederhana dan ekspresif untuk mendefinisikan rute website.

Laravel Adalah
Sumber: Envato

Penutup

Melalui artikel ini, DomaiNesia berharap kamu semakin tahu dan yakin bahwa framework Laravel adalah pilihan terbaik untuk membangun website kompleks dengan pengkodean yang sederhana dan terstruktur.

Laravel membuat aplikasi web menjadi lebih elegan dengan proses pembuatan yang sangat cepat.

Kini, framework Laravel adalah solusi atau pemecah masalah keterbatasan pemrograman dan framework PHP pendahulunya.

Dengan kepopulerannya di GitHub, Laravel memiliki dukungan komunitas yang luas dan kuat sehingga kamu dapat mencari solusi dan bantuan perihal permasalahan Laravel dengan mudah.

Mempelajari suatu hal baru tidak bisa dilakukan dalam waktu singkat, seperti halnya belajar framework Laravel.

Maka dari itu, luangkan waktumu dan fokus mempelajari Laravel secara mendalam supaya kamu berkesempatan berkarir di dunia pemrograman, khususnya sebagai PHP/Laravel developer.

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?

Artikel

Lainnya


kancil
October 27, 2021

artikel yang bagus

kancil
October 27, 2021

artikel yang bermanfaat

Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!