• Home
  • Berita
  • SSD NVMe : Teknologi Penyimpanan Data Ekspress dan Efisien

SSD NVMe : Teknologi Penyimpanan Data Ekspress dan Efisien

Oleh Mila Rosyida
No ratings yet.

SSD NVMe – NVME adalah singkatan dari Non-Volatile Memory Express. SSD jenis ini memungkinkan memori kilat untuk beroperasi sebagai SSD secara langsung melalui soket PCIe. Itulah mengapa Cloud VPS DomaiNesia sudah menggunakan NVMe. Teknologi Cloud Storage berbasis NVMe SSD DomaiNesia mampu melakukan 3X replikasi data, memberikan 100% data uptime, performa tertinggi, stabilitas maksimal, dan proteksi dari korupsi data. Apa kelebihan dari SSD NVMe ini?

Pengertian SSD NVMe

Solid-State Drive (SSD) NVMe atau Non-Volatile Memory Express merupakan teknologi penyimpanan terdepan yang membawa revolusi dalam kecepatan dan efisiensi akses data.

Berbeda dari Hard Disk Drive (HDD) tradisional yang menggunakan piringan magnetik untuk menyimpan data, SSD NVMe memanfaatkan memori flash non-volatile yang tidak hanya meningkatkan kecepatan tapi juga kehandalan penyimpanan.

Alat ini menggunakan protokol NVMe, sebuah standar yang dikembangkan khusus untuk memaksimalkan potensi dari memori flash yang memungkinkan komunikasi lebih cepat dan lebih langsung dengan sistem CPU melalui bus PCIe.

ssd nvme
sumber : envato

Dalam hal kecepatan, SSD NVMe menawarkan performa yang luar biasa, dimana alat ini  dapat mentransfer data hingga empat kali lebih cepat dibandingkan dengan SSD SATA.

Kecepatan ini sangat kritikal untuk aplikasi yang memerlukan akses data cepat, seperti pengeditan video, permainan video, dan simulasi ilmiah. Latency yang rendah dalam mengakses file atau aplikasi menjadikan NVMe pilihan yang ideal bagi profesional kreatif dan gamers yang membutuhkan respons cepat dari sistem mereka.

Selain kecepatan, dari segi desain fisik SSD NVMe membutuhkan ruang yang lebih sedikit yang memungkinkan pembuatan komputer dan perangkat portabel yang lebih tipis dan lebih ringan.

Keamanan data juga merupakan prioritas pada SSD NVMe, dengan fitur seperti enkripsi end-to-end dan dukungan untuk konfigurasi RAID yang menyediakan proteksi data yang lebih baik dan pemulihan data yang lebih handal dalam kasus kegagalan drive.

Adanya berbagai pilihan ukuran dan kapasitas yang tersedia di pasaran memungkinkan SSD NVMe menawarkan solusi penyimpanan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan berbagai pengguna mulai dari pengguna kasual hingga para profesional yang membutuhkan performa tinggi.

Hal ini menjadikan SSD NVMe sebagai pilihan utama dalam penyimpanan data modern, menggeser peran HDD tradisional ke pilihan yang lebih untuk penyimpanan sekunder atau arsip.

Cara kerja SSD NVMe

Dalam menggali lebih dalam tentang bagaimana SSD NVMe beroperasi, ada baiknya jika kamu terlebih dahulu melakukan eksplorasi komponen internalnya lebih detail.

SSD NVMe tersusun dari tiga komponen chip utama yaitu NAND flash, Cache dan DRAM memory, serta controller. Flash NAND bertindak sebagai media penyimpanan primer, dengan kemampuan untuk menyimpan satu atau lebih bit per sel.

Memori cache berfungsi sebagai buffer yang mempercepat proses transfer data, sedangkan pengontrol bertugas mengatur aliran data dan mengelola keausan setiap sel.

Struktur internal SSD NVMe ini memungkinkan pemasangan chip pada kedua sisi perangkat, dengan setiap chip menawarkan kapasitas yang berbeda-beda.

Dalam struktur mikro ini, sel-sel SSD berperan seperti wadah kecil yang dapat diisi dan dikosongkan ulang dengan data.

Mengingat SSD memiliki batasan pada jumlah siklus penulisan yang dapat ditoleransi, SSD dilengkapi dengan algoritma perataan keausan yang canggih untuk memastikan penulisan data didistribusikan secara merata ke seluruh sel, yang pada akhirnya bertujuan untuk memperpanjang umur layan SSD.

Durabilitas atau daya tahan setiap sel SSD, yang mencerminkan jumlah siklus tulis maksimum yang dapat diterima, bervariasi tergantung pada jenis dan kualitas dari flash NAND yang digunakan.

Kelebihan SSD NVMe

SSD NVMe dengan serangkaian kelebihan signifikan membuktikan dirinya sebagai pilihan superior di dunia penyimpanan data modern. Berikut ini adalah beberapa keunggulan dari SSD NVME:

Kecepatan Tinggi

SSD NVMe memanfaatkan interface PCIe 3.0 untuk mengoptimalkan kecepatan transfer data.

Adanya bandwidth yang jauh lebih lebar dibandingkan dengan SATA yang menggunakan protokol AHCI memungkinkan NVMe dapat mencapai kecepatan baca dan tulis yang sangat tinggi hingga mencapai 3500 MB/s atau lebih, dibandingkan hanya sekitar 600 MB/s pada SSD SATA.

Hal ini berarti pekerjaan seperti memuat game, membuka aplikasi berat, atau mengoperasikan database besar menjadi lebih cepat, menghemat waktu dan meningkatkan efisiensi kerja.

Efisiensi Energi

Meskipun menawarkan kecepatan yang jauh lebih tinggi, SSD NVMe membutuhkan daya yang relatif rendah. Hal ini karena NVMe dirancang secara khusus untuk memori non-volatile, berbeda dengan AHCI yang awalnya dirancang untuk HDD.

Efisiensi energi ini tidak hanya mengurangi konsumsi daya tetapi juga menghasilkan panas yang lebih sedikit, yang sangat menguntungkan bagi kinerja dan daya tahan perangkat, serta mengurangi biaya operasional dalam jangka panjang, terutama pada pusat data dan server.

Kontrol Antrian Baik

Salah satu keunggulan teknis NVMe adalah kemampuannya untuk mengelola antrian perintah yang besar dengan lebih efisien. NVMe mendukung hingga 64 ribu antrian, masing-masing dapat menampung 64 ribu perintah.

Hal ini kontras dengan AHCI yang hanya mendukung satu antrian dengan 32 perintah. Kemampuan ini memungkinkan NVMe menangani operasi input/output (I/O) secara paralel dengan lebih efektif, meningkatkan kinerja secara signifikan saat banyak aplikasi atau proses berjalan secara bersamaan.

sumber : envato

Serial Bus Lebih Baik

Interface PCIe 3.0 yang digunakan oleh NVMe memungkinkan transfer data multipath antara SSD dan CPU, yang berarti data dapat bergerak lebih cepat dan lebih efisien dibandingkan dengan sistem bus yang lebih tua.

Hal ini sangat penting dalam aplikasi yang membutuhkan bandwidth tinggi seperti pengolahan video dan audio profesional, serta komputasi ilmiah dan analitik, di mana transfer data yang cepat dan efisien langsung berdampak pada kinerja keseluruhan sistem.

Durabilitas

SSD NVMe menggunakan chip memori flash yang tidak memiliki bagian bergerak, berbeda dengan HDD yang bergantung pada piringan magnetis yang berputar.

Ketahanan ini membuat SSD NVMe sangat tahan terhadap goncangan dan getaran, menjadikannya pilihan yang ideal untuk perangkat yang sering berpindah atau digunakan dalam lingkungan yang keras, seperti di lapangan atau di transportasi.

Selain itu, durabilitas ini juga berarti SSD NVMe memiliki umur yang lebih panjang, memberikan nilai yang lebih baik dalam investasi jangka panjang dibandingkan dengan teknologi penyimpanan yang lebih tua.

Kekurangan SSD NVMe

Walaupun SSD NVMe menawarkan kecepatan dan efisiensi yang unggul, terdapat beberapa kekurangan yang perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk menggunakan teknologi ini, diantaranya:

Harga

NVMe SSD umumnya lebih mahal dibandingkan dengan HDD tradisional dan beberapa jenis SSD lainnya seperti yang menggunakan antarmuka SATA.

Biaya produksi yang lebih tinggi disebabkan oleh teknologi canggih yang digunakan pada NVMe serta permintaan yang tinggi dari pasar profesional dan industri.

Meski demikian, harga NVMe telah mengalami penurunan seiring waktu, sejalan dengan peningkatan teknologi produksi dan volume produksi yang lebih besar.

Namun, biaya awal yang lebih tinggi tetap menjadi pertimbangan utama bagi banyak pengguna, terutama bagi mereka yang memiliki anggaran terbatas.

Kapasitas Terbatas

Meskipun SSD NVMe kini tersedia dalam berbagai kapasitas yang besar, beberapa model masih memiliki kapasitas yang lebih terbatas dibandingkan dengan SSD SATA atau bahkan beberapa HDD.

Kapasitas penyimpanan yang lebih kecil ini mungkin tidak memenuhi kebutuhan pengguna yang memerlukan ruang penyimpanan besar, seperti para profesional video yang memerlukan penyimpanan untuk file berukuran besar atau pengguna yang memiliki perpustakaan digital besar.

Hal ini sering kali menjadi pertimbangan saat memilih antara kecepatan dan volume penyimpanan.

Kompatibilitas

Meskipun SSD NVMe menawarkan banyak keuntungan, kompatibilitas bisa menjadi isu. Tidak semua motherboard mendukung antarmuka PCIe atau slot M.2 yang diperlukan untuk NVMe SSD.

Pada sistem yang lebih tua, mungkin diperlukan upgrade motherboard atau bahkan seluruh sistem untuk memanfaatkan teknologi NVMe, yang bisa menambah biaya lebih lanjut.

Selain itu, driver dan dukungan sistem operasi juga bisa menjadi tantangan, karena beberapa sistem operasi mungkin memerlukan pembaruan atau patch khusus untuk mendukung NVMe dengan optimal.

Tips Memilih NVMe untuk Data Center

Dalam proses seleksi SSD NVMe untuk data center, penting untuk melakukan pemilihan yang tepat guna memastikan efisiensi dan keandalan sistem.

Berikut ini adalah beberapa aspek penting yang perlu dipertimbangkan saat memilih SSD NVMe, sehingga dapat mendukung operasi data center dengan optimal dan menghindari pembelian yang kurang sesuai dengan kebutuhan spesifik kamu:

Varietas Kapasitas Penyimpanan

Memilih SSD dengan kapasitas yang sesuai adalah krusial untuk memaksimalkan kinerja sistem komputer kamu. SSD NVMe, terutama tipe M.2 yang tersedia dalam berbagai kapasitas yang memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan pilihan berdasarkan kebutuhan spesifik mereka.

Dalam konteks gaming, dimana permainan modern seringkali membutuhkan ruang penyimpanan yang besar karena grafis yang berkualitas tinggi dan data permainan yang kompleks, memilih SSD dengan kapasitas yang lebih besar menjadi sangat penting.

Misalnya, SSD M.2 NVMe seperti Klevv CRAS C720 menawarkan kapasitas mulai dari 256 GB hingga 2 TB. Pilihan seperti ini memberikan keleluasaan bagi para gamer untuk menyimpan banyak permainan tanpa khawatir kehabisan ruang.

Selain itu, kapasitas yang lebih besar juga berguna untuk para profesional kreatif yang memerlukan ruang penyimpanan substansial untuk video, foto, dan file proyek besar lainnya, memastikan bahwa SSD dapat menyokong beban kerja yang berat dan operasi multitasking dengan lancar.

Performa Cepat

Kecepatan dan efisiensi adalah komponen penting dari SSD NVMe modern. Performa yang cepat tidak hanya mengurangi waktu booting sistem, tapi juga mempercepat waktu muat aplikasi dan transfer data, yang krusial untuk operasi yang memerlukan banyak sumber daya seperti rendering video, simulasi ilmiah, atau software engineering.

SSD NVMe high-end yang memiliki kecepatan baca dan tulis di atas 3000 MB/s, seperti Klevv CRAS C720, menawarkan performa superior yang dapat secara dramatis mempengaruhi produktivitas dan pengalaman pengguna.

Beli Cloud VPS

Dengan kecepatan baca 3400 MB/s dan tulis 3100 MB/s, SSD ini memastikan bahwa data dapat diproses dengan cepat, mengurangi waktu tunggu dan memungkinkan aplikasi berjalan lebih efisien.

Selain itu, SSD ini menggunakan jalur bandwidth PCIe Gen3 x4 yang memaksimalkan potensi transfer data, sehingga sangat cocok untuk pekerjaan yang memerlukan transfer data besar secara cepat, seperti editing video beresolusi tinggi atau bermain game dengan setting grafis yang tinggi.

Memilih SSD dengan performa tinggi ini dapat secara signifikan meningkatkan keseluruhan kinerja sistem, membuat setiap operasi lebih responsif dan efisien.

Keberadaan DRAM Cache

Memiliki SSD yang dilengkapi dengan DRAM Cache adalah kunci untuk meningkatkan kinerja sistem secara keseluruhan. DRAM Cache pada SSD berfungsi sebagai penyimpanan sementara untuk data yang sering diakses, sehingga memungkinkan kecepatan akses yang lebih cepat dibandingkan dengan mengambil data langsung dari sel NAND.

Dalam praktiknya, DRAM Cache sangat menguntungkan dalam skenario penggunaan yang memerlukan banyak operasi baca dan tulis data, seperti saat menjalankan aplikasi atau permainan yang intensif.

Contohnya, SSD seperti Klevv CRAS C720 yang memiliki DRAM Cache, dapat meningkatkan kecepatan baca dan tulis secara signifikan.

Peningkatan performa sekitar 15% dibandingkan dengan SSD yang tidak memiliki DRAM Cache memberikan perbedaan yang nyata dalam penggunaan sehari-hari, dari waktu boot yang lebih cepat hingga respons aplikasi yang lebih agile.

Hal ini menjadi krusial, terutama dalam sistem yang memproses banyak transaksi data secara simultan, seperti server atau workstation yang menjalankan aplikasi profesional seperti software CAD atau editing video.

sumber : envato

Didukung Software Backup Mumpuni

Dukungan perangkat lunak backup pada SSD adalah fitur yang sering diabaikan namun sangat penting, terutama ketika terjadi kegagalan sistem atau saat upgrade.

SSD yang dilengkapi dengan perangkat lunak backup memudahkan proses penggantian drive atau pemulihan data tanpa perlu menginstal ulang sistem operasi, yang bisa sangat memakan waktu dan tenaga. Contoh yang baik adalah SSD Klevv CRAS C720, yang disertai dengan Acronis True Image 2018 OEM.

Perangkat lunak ini tidak hanya memungkinkan backup dan pemulihan yang efisien, tetapi juga menawarkan opsi kloning yang memastikan bahwa semua data, aplikasi, dan pengaturan sistem dapat dipindahkan ke drive baru dengan sempurna.

Fitur ini sangat berharga untuk pengguna bisnis yang tidak dapat mentolerir downtime yang lama atau kehilangan data.

Kemudahan penggunaan dan aksesibilitas software tersebut, yang dapat diunduh gratis, menambah nilai lebih pada investasi SSD, memastikan bahwa data pengguna tetap aman dan dapat dipulihkan kapan saja diperlukan.

Baca Juga : Cara Menggunakan Cloud VPS Untuk Pemula

Mila Rosyida

Halo ! I'm a Technical Content Specialist in DomaiNesia. I love learn anything about Technical, Data, Machine Learning, and more Technology.


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah

This will close in 0 seconds