• Home
  • Berita
  • Float Adalah: Definisi, Jenis dan Contoh Float

Float Adalah: Definisi, Jenis dan Contoh Float

Oleh Mila Rosyida
No ratings yet.

Float Adalah – Dalam mempelajari pemrograman, pastinya kamu akan memerlukan data sebagai input dan hasil sebagai output yang diinginkan. Sebuah data, pasti memiliki struktur dan fungsi penggunaan yang beraneka ragam. Terkadang, saat kita memulai coding hal yang dipertimbangkan adalah data apa yang akan digunakan dan bagaimana data tersebut dapat diterapkan pada program kita, karena untuk membantu komputer dapat membaca dan mengeksekusi program kita, tipe data yang digunakan harus jelas didefinisikan di awal. 

Setiap data yang digunakan pada sebuah program pasti memiliki karakteristik dan sifatnya tersendiri, seperti dapat berupa karakter, kata, ataupun angka. Pengolahan data tersebut pastinya juga akan berbeda-beda pada penerapannya.

Pada artikel ini, kita akan membahas salah satu tipe data yang sering digunakan pada bahasa pemrograman, seperti pada bahasa pemrograman C++, Java, PHP, dan sebagainya.

Tipe data tersebut lebih sering disebut sebagai Float yang berasal dari kata floating, apa itu floating atau tipe data float? Yuk kita cari tahu!

Float Adalah

Apa itu arti floating atau float? Arti floating dari sudut pandang bahasa, float adalah kata yang berasal dari kata floating artinya mengapung. Namun, pada konteks ilmiah float memiliki arti yang berbeda.

Float adalah kata yang diambil dari floating point yang digunakan untuk menyatakan bilangan pecahan atau bilangan desimal dengan cara yang memungkinkan representasi nilai yang sangat besar atau sangat kecil dengan menggunakan notasi ilmiah.

Jadi, floating artinya dapat dikatakan berupa angka-angka yang mengapung diantara bilangan-bilangan bulat.

Apa itu Tipe Data Float?

Jadi dalam pemrograman atau bidang IT, float adalah salah satu tipe data yang memiliki karakteristik berupa angka pecahan atau bilangan desimal.

Jadi untuk mengolah dan menampilkan data berupa bilangan pecahan atau desimal kamu bisa menggunakan tipe data float agar tidak terjadi error atau kesalahan.

Tipe data float ini biasanya dimiliki oleh berbagai macam bahasa pemrograman, tetapi terdapat sebagian kecil yang memiliki penyebutan yang berbeda 

Tipe data float ini juga beraneka ragam, terdapat beberapa jenis tipe data float yang dapat lebih menspesifikan sebuah angka agar lebih detail. Dalam pemrograman, memilih tipe data yang paling sesuai adalah hal yang penting karena mesin akan lebih paham dan memperkecil adanya peluang error atau terdapat kesalahan perhitungan saat dilakukan eksekusi.

Contohnya Pada bahasa pemrograman C++, angka-angka desimal seperti pi tersebut disebut dengan floating-point atau disebut juga dengan float.

Baca Juga : [100% Mudah] Cara Membuat Website dan Toko Online, GRATIS!

Jenis Tipe Data Float

Tipe data float memiliki beberapa jenis variasi tipe data lain yang dapat memfasilitasi berbagai macam jenis angka desimal yang memiliki kemungkinan untuk digunakan pada sebuah program. Berikut merupakan jenis tipe data float yang wajib kamu ketahui

Float

Tipe data ini sangat umum digunakan oleh para programmer, tipe data float mampu menampung hingga 7 desimal (6 angka di belakang koma). Tipe data float dapat menyimpan dalam area 4 byte atau 32 bit.

Double

Jenis tipe data float selanjutnya adalah double. Berbeda dengan float, double memiliki kapasitas data yang lebih besar serta ketelitian yang lebih tinggi, yaitu dapat menampung hingga 15 desimal (14 angka di belakang koma). Tipe data double dapat menyimpan dalam area 8 byte atau 64 bit.

Long Double

Jenis tipe data float yang terakhir adalah long double. Long double memiliki ketelitian yang lebih tinggi lagi dari double dan bisa menyesuaikan dengan kapasitas yang disediakan oleh sistem. Tipe data long double dapat menyimpan pada area 12 byte atau 96 bit.

Jadi, kamu harus mengenali tipe data yang akan kamu digunakan pada sebuah program agar tidak salah memilih mana tipe data yang tepat untuk program kamu.

Fungsi Float

Dari sekian banyak tipe data yang ada di sebuah program, float menjadi salah satu tipe data yang sering digunakan untuk memberikan ketelitian yang tinggi dalam sebuah bilangan.

Namun, apakah ada dampak dalam pemilihan tipe data float dibandingkan tipe data angka lainnya seperti integer? Dan apa saja yang bisa dilakukan float dalam implementasi algoritma pemrograman?

Untuk mengetahui lebih dalam, berikut merupakan fungsi-fungsi float pada C++ yang dapat kamu terapkan pada programmu.

Penjumlahan dan Pengurangan

Pertama, Fungsi float adalah kamu dapat melakukan pertambahan dan pengurangan dengan tipe data sesama float dengan hanya menyematkan tanda tambah ataupun kurang.

Perkalian dan Pembagian

Kedua, Fungsi float adalah operasi pembagian dan perkalian. Sama halnya dengan penjumlahan dan pengurangan, perkalian dan pembagian juga hanya perlu menyematkan tanda * untuk perkalian dan / untuk pembagian

Pangkat

Ketiga, fungsi float adalah operasi pangkat. Untuk operasi pangkat pada float harus menggunakan sebuah library math dengan keywords “I”. Syntax dari pow terdiri dari dua komponen, komponen pertama yaitu bilangan yang akan di pangkat/bilangan pokok, kemudian komponen kedua adalah bilangan eksponen/pangkat.

Akar Kuadrat

Keempat, fungsi float adalah untuk akar kuadrat. Kamu bisa menggunakan akar kuadrat dengan library math pada float menggunakan syntax sqrt dan memasukkan angka yang ingin dicari berapa akar kuadratnya.

Fungsi Trigonometri

Kelima, fungsi float adalah untuk operasi trigonometri. Kamu bisa mengoperasikan fungsi trigonometri sin, cos dan tan melalui library math dengan menuliskan fungsi trigonometri sebelum tanda kurung yang berisikan sudut angka yang ingin dicari.

Fungsi Logaritma

Keenam, fungsi float adalah untuk operasi logaritma. Dengan menggunakan library math, kamu bisa mengoperasikan float melalui syntax log dan memberikan angka yang ingin dihitung di dalam kurung.

Fungsi Pembulatan

Ketujuh, fungsi float adalah dapat digunakan untuk melakukan pembulatan. Float di desain untuk menampilkan dan menyimpan angka desimal, namun jika pada sebuah kasus kamu harus mentransformasikan angka tersebut untuk dibulatkan kamu dapat menerapkan syntax di bawah ini, yaitu round, ceil dan floor. Untuk round yaitu pembulatan secara default mengikuti angka, kemudian ceil yaitu pembulatan keatas, dan floor adalah pembulatan ke bawah.

Contoh Tipe Data Float

Tipe data float adalah tipe data yang banyak diterapkan pada berbagai bahasa pemrograman, namun saat ini kita akan membahas dalam beberapa bahasa pemrograman saja, kamu bisa mencoba mulai dari contoh-contoh berikut ini agar menambah pemahamanmu terkait tipe data float, berikut contoh tipe data float pada pemrograman Java dan C++.

Beli VPS Murah

Float pada Java

Pada contoh tipe data float dalam bahasa pemrograman java, dapat dilihat bahwa tipe data harus dideklarasikan terlebih dahulu di awal. Kemudian setelah berhasil terdeklarasi selanjutnya kamu dapat melakukan salah satu fungsi dari float yaitu operasi aritmatika untuk mendapatkan hasil yang kamu inginkan.

float adalah

Float pada C++

Selanjutnya, pada bahasa pemrograman C++ disini, tujuan yang ingin dicapai yaitu menampilkan beberapa variabel yang telah dideklarasikan, dari berat, tinggi hingga temperatur yang berupa angka desimal.

Tipe data yang digunakan disini ditentukan sesuai angka yang menjadi input, mulai dari float, double, hingga long double.

Bagaimana, apakah kamu sudah memahami apa itu floating atau float? Float adalah salah satu tipe data yang paling sering digunakan dalam sebuah program. Jadi, Pastikan kamu terus berlatih untuk menerapkan tipe data yang sesuai dengan input atau masukan data kamu ya, agar kamu bisa membuat portofolio seperti website dan menggunakan hosting murah gratis domain di DomaiNesia!

Mila Rosyida

Halo ! I'm a Technical Content Specialist in DomaiNesia. I love learn anything about Technical, Data, Machine Learning, and more Technology.


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah

This will close in 0 seconds