Website Keren Menggunakan WordPress, Siapa Takut?

cara membuat website gratis

Pernah berpikir adakah cara membuat website gratis? Pernah mendengar kata WordPress sebelumnya? Mungkin bagi sebagian orang yang familiar dengan blog pasti pernah ya. Dulu, WordPress memang dikenal orang akan platform blognya seperti Blogspot, Tumblr atau Weebly. Namun, tahukah anda sekarang ada berbagai macam website gratis yang bisa dibuat dengan menggunakan WordPress? Mengapa harus WordPress? Apa saja kelebihannya? Website apa saja yang bisa dibuat? Oke, kita bahas satu persatu.

Apa itu WordPress?

Eitss, jangan samakan website WordPress dengan blog WordPress ya. WordPress memang mengeluarkan 2 produk unggulan yaitu WordPress.com dan WordPress.org. WordPress.com digunakan hanya untuk sekedar “ngeblog”. Anda tidak perlu membeli domain maupun hosting. Blog WordPress ini biasanya ditandai dengan akhiran .wordpress.com.

cara membuat website gratis

Sedangkan WordPress.org merupakan CMS (Content Management System) layaknya website biasa. Agar file website WordPress.org dapat berjalan maka membutuhkan domain dan hosting. Anda bisa melakukan berbagai perubahan dari segi tampilan, konten, security serta konfigurasi agar menjadi website idaman. Karena telah menggunakan domain, maka alamat URL dari website yang berbasis WordPress tidak lagi menggunakan akhiran .wordpress.com. Melainkan nama domain yang anda miliki misalnya .net, .com, .id dan sebagainya.

cara membuat website gratis

Mengapa Harus WordPress?

Mungkin pada saat pertama kali ingin membuat website banyak yang menyarankan untuk menggunakan WordPress saja. WordPress yang dimaksud kali ini adalah WordPress untuk pembuatan website ya alias WordPress.org. Mengapa harus WordPress? WordPress merupakan CMS (Content Management System) yang sudah berupa website. Untuk itu, anda tidak perlu membuat website dari awal. Bagi anda yang awam dengan bahasa pemrograman tentu saja hal ini cukup membantu. Anda juga tidak perlu repot- repot menyewa jasa developer website atau membeli website dari pihak manapun. Cukup membeli domain dan hosting saja sudah cukup. Dari segi pengelolaan juga mudah, anda bisa melakukan kustomisasi tema sesuai keinginan. Ada banyak tema yang bisa dipilih dari mulai berbayar hingga gratis. Dari segi security, anda juga tidak perlu repot karena pihak WordPresslah yang mengurusnya. Dan, dengan WordPress anda bisa membuat website GRATIS !!

Apa Kelebihannya?

Dikutip dari website resminya (https://wordpress.org/), kelebihan WordPress apabila digunakan sebagai website yaitu:
+ Mudah
+ Cepat
+ Gratis
+ Cocok untuk pemula
+ Banyak plugin dan template (tema)
+ Responsive untuk tampilan mobile
+ Memiliki Performa Tinggi
+ Memiliki halaman admin
+ SEO Friendly
+ Tidak perlu mengurus security/ kemanan web
+ Tidak perlu mengerti bahasa pemrograman web

Website Apa Saja yang Bisa Dibuat?

Ada berbagai macam website yang bisa dibuat dengan menggunakan WordPress. Misalnya,
1.Website Pribadi
2.Website Kantor
3.Website Sekolah
4.Company Profile
5.Toko Online
6.Travel Website
7.Website Perlombaan
8.Blog
9.Website Masakan
10.Website Tutorial
dan sebagainya. Anda bisa membuat website sesuai dengan keinginan

Ingin tahu lebih lanjut tentang WordPress? Yuk baca Cara Membuat Website Gratis Dalam Waktu 30 Menit!
Ingin tahu step by step kustomisasi WordPress agar menjadi website idaman? Yuk ikut step by stepnya di Panduan WordPress Lengkap
Ingin tahu tips agar WordPress aman dari serangan hacker? Baca Cara Agar Website Aman

DomaiNesia punya banyak panduan yang bisa anda baca lho. Cek selengkapnya di PANDUAN DOMAINESIA