Home  »  Hosting   »   Cara Menjalankan Cronjob Artisan Laravel

Cara Menjalankan Cronjob Artisan Laravel

Last Update:

Introduction

Hi DomaiNesians!
Masih ingat dengan istilah cronjob? Yang belum mengerti, silahkan baca Cara Menjalankan Cronjob di Hosting. Cronjob merupakan salah satu sistem penjadwalan di server yang fungsinya mempermudah user dalam melakukan pengecekan, backup, menghapus cache dan sebagainya. Kamu bisa membuat script atau kode yang nantinya akan dijalankan pada waktu tertentu. Sehingga kamu jadi nggak perlu repot untuk menjalankan perintah- perintah tersebut secara manual satu persatu. Bayangkan saja jika kamu tiap hari harus melakukan backup tiap pukul 7 malam, menghapus cache dan sebagainya. Pastinya akan ribet dan membutuhkan banyak waktu. Nah, buat pengguna Laravel ada satu kemudahan lagi nih! Kamu bisa langsung set cronjob di dalam script Laravel. Pengen tahu? Yuk ikuti cara menjalankan cronjob artisan Laravel berikut.

Tujuan


Menjalankan Cronjob Artisan Laravel

Tahap Persiapan


  1. Pastikan kamu bisa login cPanel Hosting. Jika anda lupa password, bisa cek Lupa Password cPanel, Ini Solusinya! Apabila anda belum memiliki Hosting, silahkan order Hosting Murah DomaiNesia. Namun sebelumnya, silahkan baca Tips Memilih Hosting Untuk Pemula
  2. Pastikan kamu telah membaca Cara Setting Cronjob di cPanel Hosting agar lebih mudah dalam memahami step by step panduan ini.
  3. Pastikan file Laravel telah terinstall atau telah diupload di Hosting. Jika belum terinstal, silahkan baca Cara Install Laravel di Hosting. Tetapi, jika kamu sudah memiliki file Laravel dan ingin langsung melakukan upload file, silahkan baca Cara Upload File Laravel di Hosting.
    Nah, apabila ketiga tahapan di atas sudah diakukan itu berarti kamu sudah siap untuk mengikuti panduan cara menjalankan cronjob artisan Laravel.

Baca Juga: Cara Membuat Database MySQL di Hosting

Mengapa Butuh Cronjob Artisan Laravel?

Dengan cronjob, kamu bisa menjadwalkan script tertentu agar bisa dieksekusi server pada waktu tertentu. Nah jika dikombinasikan dengan Laravel, kamu bisa mengatur penjadwalan yang berkaitan dengan website. Misalnya menghapus query database, menghapus cache, dan sebagainya. Keuntungan lainnya yaitu, kamu hanya butuh set cronjob sekali saja di server/ hosting dan kemudian semua task bisa dimasukkan pada setiap method schedule() yang ada di file Laravel. Tepatnya pada app/Console/Kernel.php. Untuk lebih jelas mengenai task schedulling di Laravel silahkan baca https://laravel.com/docs/5.6/scheduling.

Cara Menjalankan Cronjob Artisan Laravel

Adapun cara menjalankan cronjob artisan laravel yaitu,

1. Login cPanel Hosting

Hal pertama yang harus anda lakukan yaitu login ke cPanel terlebih dahulu melalui https://namadomain/cpanel, sesuai email yang dikirim dari DomaiNesia mengenai Informasi Account Hosting. Bagi anda yang belum tahu cara login cPanel, silahkan baca di Cara Mudah Login cPanel Hosting.

2. Setting Cronjob di cPanel

Agar penjadwalan pada Laravel berjalan, maka kamu perlu setting cronjob di Hosting terlebih dahulu. Untuk melakukan setting cronjob di Hosting, silahkan baca Cara Setting Cronjob di Hosting. Silahkan masukkan periode waktu pada kolom Commong Settings. Lalu pada kolom Command silahkan masukkan

Misalnya, lokasi file laravel berada di /home/websites/laravel/ maka silahkan tulis php

Jika sudah selesai, jangan lupa klik Add New Cron job.

3. Mengubah File Kernel.php

Sekarang saatnya memasukkan kode task/ schedulling (penjadwalan) pada setiap method schedule()yang ada di file Laravel. Silahkan buka nama_folder_laravel/app/Console/Kernel.php. Kemudian klik Kernel.php dan klik Edit.Kemudian masukkan script/ kode schedulling (penjadwalan) di dalam kode berikut seperti gambar.

Untuk scriptnya, bisa kamu lihat di https://laravel.com/docs/5.6/scheduling bagian #Defining Scheduling
Kamu bisa menambahkan beberapa schedulling seperti Scheduling Artisan Commands, Scheduling Queued Jobs, Scheduling Shell Commands, Schedule Frequency Options. Setelah selesai, jangan lupa klik Save Changes pada pojok kanan atas.

4. Cronjob Artisan Laravel Berhasil!

Sekarang kamu bisa tenang karena setting cronjob telah berhasil!

Kesimpulan

Bagaimana? Cara menjalankan cronjob artisan di Laravel cukup mudah bukan? Kamu bisa mengatur script scheduling yang berkaitan dengan website berbasis Laravel secara langsung. Kamu bisa menambahkan artisan commands, queued jobs, shell commands dan frequency options langsung di methods. Tertarik dengan hosting murah dengan kualitas terbaik? Yuk cek Hosting Murah DomaiNesia. Jika ada permasalahan bisa langsung chat via website atau kirim tiket ke Tim Support DomaiNesia! Untuk lebih jelasnya, silahkan baca Cara Kirim Tiket DomaiNesia!

Baca Juga: Cara Install Node.js di Hosting


Pindah ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!