Strategi Pemasaran Online Untuk Hotel [2019]6 min read

strategi pemasaran online untuk hotel

Salah satu bidang usaha yang semakin naik daun di dunia online adalah hospitality. Hal ini karena hospitality adalah salah satu jenis usaha paling tua yang dilakukan manusia modern. Dan semakin terbantu dengan hadirnya internet.

Perkembangan bisnis perhotelan di dunia online sebenarnya mulai boom semenjak Traveloka banyak digunakan masyarakat. Traveloka merupakan aplikasi online untuk pemesanan tiket pesawat dan booking hotel. Aplikasi inilah yang kemudian banyak sekali menyerap pengguna layanan baik dari end user maupun industri hospitality itu sendiri.

Strategi Pemasaran Online Untuk Hotel Terbaru

Memasuki tahun 2019 banyak sekali update-update paling baru tentang strategi pemasaran online untuk hotel. Hal ini terjadi karena semakin banyak channel-channel yang mengembangkan dirinya untuk pemasaran property dan tourism. Apa saja update terbaru itu?

  1. Membuat Konten yang Menarik
  2. Video yang Mendominasi Internet
  3. Micro Content
  4. Email Marketing
  5. Mobile Marketing
  6. Memaksimalkan Media Sosial
  7. Geo Marketing

Ketujuh point update strategi marketing online hotel tersebut akan kita bahas pada ulasan dibawah ini.

Konten Adalah Raja, Bagaimana Membuat Konten yang Menarik?

Sebagai bahan untuk pemasaran digital, seorang marketing hotel harus memiliki banyak sekali konten untuk ditayangkan. Tentunya konten yang telah dipersiapkan atau yang sudah diposting pada blog official hotel ada kaitannya dengan kegiatan perhotelan. Atau konten-konten turunan dari perhotelan misalnya pariwisata, pernikahan, kegiatan dan pelatihan, atau juga bisa event-event khusus misalnya tahun baru perayaan ulang tahun.

Baca Juga: Digital Marketing adalah Wajah Pemasaran Masa Kini

Konten-konten turunan tersebut akan sangat erat kaitannya dengan segmentasi pasar. Juga dengan beberapa produk perhotelan misalnya room, banquet atau sewa menyewa ballroom. Nah, bagaimana cara membuat konten yang menarik terkait hal-hal tersebut.

Content is King

Source: Medium

Cara yang pertama adalah melakukan riset sederhana terhadap kata kunci yang akan disertakan. Riset kata kunci ini penting untuk konten dalam bentuk artikel yang nantinya bisa di post di website resmi milik hotel. Selain untuk keperluan mengisi website, kata kunci ini juga bisa jadi tema utama untuk produksi foto atau video yang juga akan dipost di media sosial misalnya Instagram.

Video yang Mendominasi Internet

Peran video sebagai salah satu strategi pemasaran online untuk hotel cukup penting. Hal ini karena materi visual dalam bentuk video akan memberikan gambaran yang lebih jelas dan nyata untuk calon pelanggan. Terlebih lagi sekarang jumlah akses orang terhadap Youtube semakin meningkat dan membuat pemasaran dengan materi video akan lebih mudah menjangkau mereka. Selain Youtube, masih ada Instagram yang salah satu konten yang bisa diupload adalah video.

Baca Juga: Rahasia Cara Mendapatkan Uang Dari YouTube

Micro Content

Micro content atau konten pendek adalah sebuah bentuk konten baik artikel maupun video yang bisa dibaca atau ditonton dalam durasi yang singkat. Bentuk konten seperti ini diawali oleh perkembangan media sosial dan perangkat selular, yang juga membentuk perilaku baru audiens yang membutuhkan bacaan cepat. Selain itu juga perkembangan ini membentuk gaya konten baru, misalnya IG stories dengan resolusi seluler 9:16.

ig stories marketing

Source: Crowdfire

Contoh implementasi micro content untuk strategi pemasaran online untuk hotel adalah menggunakan Instagram stories untuk menunjukkan lokasi hotel, bangunan didalamnya, atau promo yang sedang berjalan. Bisa juga dengan membuat sebuah konten di Facebook dengan menunjukkan cerita atau testimoni singkat dari para pengunjung yang telah datang.

Email Marketing

Email marketing adalah salah satu strategi pemasaran online yang cukup tua dan masih banyak digunakan hingga sekarang. Salah satu keuntungan dari email marketing adalah kita bisa memberikan link yang mengarah ke website official kita secara personal. Mengingat email adalah produk online yang paling persoal dan dimiliki orang sebelum membuat account online lainnya.

Tips ketika membuat sebuah email marketing adalah menambahkan gambar pada body email sebagai header, dan menyebut nama pelanggan pada title email tersebut. Selain lebih personal, email dengan bentuk seperti itu terkesan lebih profesional. Dan untuk link, sebaiknya hanya menambahkan satu link saja agar tidak terdeteksi sebagai spam dan masuk ke halaman primer dari email tersebut.

Mobile Marketing

Mobile marketing adalah jenis pemasaran multi-channel, dan target umum di era sekarang adalah audiens digital. Mengingat pengguna selular sekarang telah beralih ke smartphone yang sudah memiliki banyak sekali fitur digital didalamnya. Target dari pemasaran ini adalah pengguna smartphone, tablet, atau jenis selular lainnya.

mobile marketing terbaru

Source: PPCMate

Pemasaran melalui selular ini dapat dalam bentuk website, email, sms atau mms, media sosial dan aplikasi. Mobile marketing sedikit banyak harus dikuasai seorang pemasar mengingat hampir segala konten promosi melalui komputer, kini bisa diakses melalui smartphone. Contoh paling sederhana adalah membuat sebuah aplikasi pemesanan hotel di platform smartphone.

Pemasaran Media Sosial

Media sosial adalah tempat berkumpulnya calon-calon potensial untuk pemasaran APAPUN. Media sosial yang bertujuan sebagai media bersosialisasi, membuatnya cepat diterima masyarakat. Contohnya Instagram, Facebook, Twitter dan Youtube sebagai empat terbesar media sosial saat ini.

social media marketing terbaru

Source: Aventis Learning Group

Sebuah brand yang tidak mau ketinggalan zaman tentunya harus melirik media sosial sebagai salah satu channel pemasarannya. Tak terkecuali untuk bisnis property dan perhotelan, yang bisa memberikan awareness terkait produk mereka maupun promo mereka pada masyarakat. Contoh sederhana dari penerapan strategi pemasaran online untuk hotel melalui media sosial adalah, menampilkan promo akomodasi perhotelan. Atau memberikan tips travelling melalui media sosial yang dimiliki.

Geo Marketing

Geo marketing atau pemasaran dengan basis data geografis cukup mudah dilakukan dengan perkembangan teknologi sekarang. Disini seorang pemasar hotel dapat menawarkan produknya pada target-target lokasi yang sudah ditunjuk sebelumnya. Selain dapat memberikan hasil yang lebih maksimal dan sesuai target, pemasar dapat memperhitungkan efektifitas kegiatan tersebut dari data yang sudah diperoleh sebelumnya.

geomarketing adalah

Source: Orangegoal

Salah satu contoh strategi pemasaran online untuk hotel melalui geo marketing adalah menggunakan media sosial dan search engine. Seperti yang kita ketahui, pengguna sosial dan pengguna search engine (Google) tersebar diseluruh pelosok dunia. Dan fakta ini membuat geo marketing menjadi mudah.

Baca JugaPengen Website Kamu Muncul di Halaman Pertama Google? Ini Kuncinya!

Sebagai contoh kasus misalnya, seorang pemasar hotel di daerah Prawirotaman, Yogyakarta. Dengan target peningkatan wisatawan asing dari Belanda ke hotel mereka. Disini, pemasar perlu membuat copywriting dengan bahasa Belanda yang menunjukkan informasi hotel mereka. Kemudian copywriting ini digunakan sebagai alat untuk memasarkan produk melalui iklan berbayar di media sosial maupun search engine dengan target negeri Belanda.

Iklan yang ditampilkan ini hanya akan tayang di Belanda, dan dengan ditambahkan parameter yang lebih spesifik lagi (misalnya kata kunci: yogyakarta hotel) maka iklan akan diakses oleh mereka di Belanda yang mencari informasi hotel di Yogyakarta. Teknik ini juga bisa dilakukan melalui media sosial dengan menambahkan “interest” pada kolom audiens, misalnya “yogyakarta”, “tourism”, atau “travelling”.

Kesimpulan

Ketujuh strategi pemasaran online untuk hotel diatas dapat diaplikasikan secara bersamaan untuk menemukan strategi mana yang paling ideal untuk menggaet customer. Nantinya dari ketujuh strategi marketing diatas akan memberikan data tambahan yang dapat dikembangkan untuk strategi kedepannya. Tak hanya semakin tertarget namun juga dapat memangkas biaya marketing yang kurang efektif.

Pindah ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!