Apa itu Web Hosting? Panduan Lengkap Web Hosting 2018 yang Harus Kamu Tahu!

apa itu web hosting
Web Hosting adalah salah satu hal yang paling penting dalam membuat website. Pernah mendengar kata-kata web hosting sebelumnya? Web hosting atau biasa disebut hosting memang cukup populer di internet. Coba search di Google dengan keyword “hosting” maka akan muncul beberapa penyedia jasa layanan domain hosting, web hosting terbaik, web hosting murah, dan sebagainya. Lalu apa itu web hosting ? Mengapa web hosting sangat penting dalam pembuatan website? Apa beda domain dan hosting? Di mana saya harus beli hosting murah berkualitas? Daripada banyak pertanyaan, mendingan kamu baca panduan lengkap web hosting berikut ini. Cocok banget bagi para pemula yang baru pertama kali buat website.

Apa itu Web Hosting?

apa itu web hosting
Pexels
Apa itu Web Hosting ? Web Hosting adalah lokasi/media untuk menyimpan data dalam bentuk tulisan, gambar atau video. Dikutip dari Wikipedia, Web hosting adalah suatu layanan bagi user yang berguna untuk menyimpan informasi, gambar, video dan beberapa konten lainnya yang akan diakses via website. Web hosting disediakan oleh suatu penyedia jasa layanan hosting. Ada beberapa jenis layanan hosting yaitu Shared Hosting, Dedicated Hosting, VPS (Virtual Private Server) dan Colocation Server. Biasanya untuk website standar, hanya menggunakan Shared Hosting. Sedangkan website dengan kebutuhan tinggi lebih menggunakan VPS atau Dedicated Hosting. Hosting sendiri bentuknya sama seperti komputer server pada umumnya. Bedanya, hosting terbaik memiliki teknologi mumpuni dan terhubung dengan internet berkecepatan tinggi.

Apa Perbedaan Domain dan Hosting?

apa itu web hosting
Lalu apa bedanya domain dan hosting? Beda banget! Apa itu web hosting? Web Hosting adalah tempat menyimpan file website, sedangkan domain adalah alamat dari tempat file website tersebut. Lebih mudahnya begini, website dianggap sebagai sebuah bangunan. Bangunan tersebut akan didirikan pada kavling tanah yang sudah dipetak-petak dengan ukuran tertentu. Nah, sepetak tanah tersebut dapat disebut Web Hosting atau sering disebut Hosting. Lalu apa itu domain? Domain adalah alamat dari bangunan tersebut (website). Domain akan menuntun pengunjung untuk menuju ke sepetak tanah (hosting), yang sudah didirikan suatu bangunan (website). Jika hosting berbentuk sebuah server dengan teknologi terbaik, sedangkan domain biasanya berbentuk nama domain beserta ekstensinya. Misalnya websitesaya .com, websitesaya.id dan sebagainya. “Websitesaya” di sini merupakan nama domain sedangkan .COM, .ID adalah ekstensi domain. Pengen tahu ilustrasinya agar lebih jelas? Silahkan baca Apa itu Domain Hosting.

Mengapa Harus Punya Web Hosting?

apa itu web hostingPexels
Setelah tahu apa itu web hosting, sekarang saatnya kamu miliki hosting sendiri. Ya! Kamu harus punya web hosting! Mengapa? Karena website tidak bisa dibangun tanpa hosting dan domain. Jadi kalau kamu ingin memiliki website, pastikan kamu tahu apa itu web hosting dan sudah beli domain dan hosting. Tanpa kedua hal tersebut, website impian tidak mungkin jadi kenyataan. Ada beragam website yang bisa kamu buat seperti website personal, website sekolah, website perusahaan, sistem informasi hingga toko online. Selain itu dengan domain hosting, kamu bisa membuat website menjadi lebih profesional! Sebagai contoh, terdapat 2 website. Website pertama, yaitu tokobajumurahaja .blogspot .com. Website kedua, yaitu tokobajumurah .net. Jika kamu sebagai sebagai pengunjung website, mana yang akan kamu pilih? Tentu saja website yang kedua, bukan? Dengan tambahan hosting dan ekstensi domain .COM maka website kamu semakin terlihat profesional. Bagaimana jika terlanjur sudah menggunakan *.blogspot? Tenang saja! Kamu bisa lakukan custom domain ke blogger.

Kapan Harus Beli Web Hosting?

Oke, sekarang kamu sudah paham apa itu web hosting. Nah, pastinya kamu harus beli web hosting ketika ingin membuat website! Selain itu, kamu harus beli web hosting jika ingin mengubah blog *.blogspot dan *.wordpress menjadi website yang lebih profesional. Sebenarnya fungsi hosting sangat banyak. Kamu bisa menyimpan file berupa gambar, video atau scipt website di hosting. Walaupun hosting merupakan sepetak tanah, tetapi kamu bisa pilih kapasitas hosting juga. Ada beragam kapasitas hosting dari mulai 300 MB hingga 48 GB. Pengen punya 5 macam website dalam 1 hosting? Bisa dong! Pengen punya email dengan nama domain sendiri agar lebih profesionnal? Bisa juga! Silahkan baca cara membuat email dengan domain sendiri.

Bagaimana Cara Memilih Web Hosting Murah Berkualitas?

apa itu web hosting
Pexels
Cara memilih web hosting murah dan juga berkualitas memang gampang-gampang susah. Banyak penyedia jasa layanan domain hosting murah namun kualitasnya jelek. Ada juga yang lebih memilih hosting luar negeri daripada hosting indonesia karena takut websitenya error tiba-tiba. Ada tips dan trik cara memilih hosting murah dengan kualitas terbaik,

Lihat Teknologi yang Digunakan

Sekarang kamu sudah tahu apa itu web hosting. Hosting terbaik akan memberikan teknologi terbaru untuk semua layanannya. Pastikan jangan terkecoh dengan harga murah namun kualitas murahan. Coba cek bagaimana teknologi server yang digunakan? Bagaimana spesifikasi hosting? Bagaimana teknologi yang digunakan dalam penyimpanan file? Apakah memiliki unlimited bandwidth? Berapa kapasitas email yang bisa dibuat? Bagaimana masalah security? Apakah support Node.js dan PHP? Berapa garansi waktu uptime server? Apakah ada fitur cloud backup? dan sebagainya. Ingin tahu tips memilih hosting? Silakan baca Cara Memilih Hosting Untuk Pemula

Bukan Abal- Abal

Baik di Indonesia maupun luar negeri, penyedia jasa layanan domain hosting sangatlah banyak. Jadi pastikan kamu memilih penyedia jasa layanan domain hosting yang bukan abal-abal. Misalnya, harga hosting yang dipatok di awal sangat murah namun nantinya harus membayar servis tambahan lagi. Atau kasus lain, customer hanya terkecoh dengan harga hosting Indonesia murah namun ternyata kapasitas dan durasi waktu pemesanan tidak sesuai. Jadi, mulai sekarang, coba cek website untuk melakukan pemesanan. Apakah websitenya resmi? Wajar tidak dengan harga segitu, produk yang dijual memiliki spesifikasi yang bagus? Apa harga daftar hosting, transfer domain, migrasi hosting dan perpanjang hosting sudah dijelaskan di awal? Pastikan sebelum kamu pilih hosting murah, kamu cek dulu fitur hosting yang tersedia. Biasanya, hosting terbaik akan menjelaskan fitur, fasilitas, teknologi dan harga secara detail.

Review Customer

Ini juga salah satu hal yang perlu diperhatikan. Bagaimana review para customer? Apakah pelayanannya memuaskan? Apakah respon tim support cepat? Bagaimana solusi atas semua permasalahan yang ada? Apakah server sering down? Bagaimana respon jika sewaktu-waktu website tidak bisa diakses? Jangan sampai penyedia hosting kamu tidak bertanggung jawab jika terjadi error ya!

Full Support dan Dokumentasi

Sebagai penyedia layanan web hosting terbaik, pastinya memiliki tim support yang siap siaga 24 jam untuk membantu para customer. Baik melalui live chat, email, kirim tiket, ataupun media sosial lainnya. Selain itu, keberadaan panduan dan dokumentasi juga diperlukan. Hal ini tentu saja akan mempermudah customer dalam melakukan order hingga setting apapun yang berhubungan dengan domain hosting. Misalnya, melakukan perpanjangan hosting, mengelola halaman website, cara hosting web, cara migrasi hosting, cara pindah hosting maupun cara agar website aman dari malware.

Harga dan Metode Pembayaran

Sebelum membeli, coba cek harga hosting Indonesia maupun hosting luar negeri yang dituju. Jangan terkecoh dengan harga domain hosting murah dengan kurs dollar/ euro! Kenyataannya, jika dirupiahkan akan berbeda dan bahkan lebih mahal. Sebaiknya, pilih saja domain hosting dengan harga promo. Biasanya, sering ada promo diskon setiap bulannya. Metode pembayaran yang digunakan juga penting untuk dilihat. Pastikan penyedia layanan domain hosting kamu menyediakan beragam metode pembayaran seperti transfer, cash, kartu kredit, PayPal, maupun Virtual Account. Apa itu Virtual Account? Silahkan baca Mengenal Virtual Account.

Apa itu Web Hosting? Bagaimana agar tidak tertipu? Baca juga: 7 Cara Memilih Hosting di Jaman Sekarang

Hosting Terbaik Indonesia vs Hosting Luar Negeri

apa itu web hosting
Pexels
Bingung pilih hosting luar negeri atau hosting Indonesia? Jangan bingung! Semua ada kelebihan dan kelemahannya.

Bahasa Yang Digunakan

Jika kamu memilih untuk menitipkan file website ke hosting luar negeri, kamu harus sudah siap dengan bahasa Inggris! Ya dong, pastinya semua hal akan dikomunikasikan dalam bahasa Inggris. Dari mulai penjelasan harga hosting, fitur yang didapat, hingga support ketika sewaktu-waktu terjadi permasalahan dalam website dan layanannya. Berbeda dengan web hosting Indonesia yang tentunya menggunakan bahasa Indonesia

Metode Pembayaran

Untuk hosting Indonesia kamu bisa bayar cash ke kantor, transfer, Virtual Account, ataupun menggunakan kartu kredit dan PayPal. Sedangkan di layanan hosting luar negeri, kamu hanya bisa bayar menggunakan kartu kredit, debit card atau PayPal saja.

Target Pasar Website

Jika website diakses dari seluruh dunia, kamu bisa pilih web hosting indonesia ataupun hosting luar negeri. Tetapi, jika website kamu hanya diakses oleh pengunjung lokal Indonesia saja, silahkan pilih Hosting Indonesia saja. Ada banyak web hosting terbaik yang bisa kamu pilih!

Istilah Web Hosting Yang Harus Kamu Tahu

Kamu sudah tahu apa itu web hosting. Namun, ada beberapa istilah yang perlu kamu tahu ketika ingin menginjakkan kaki di dunia hosting. Seperti cloud hosting, cPanel Hosting, database, SSL, Instant Deploy, SSD.

Cloud Hosting

Cloud Hosting adalah layanan hosting yang terhubung pada banyak server namun terpusat pada sistem cloud. Jadi, file website kamu sebenarnya bukan ada di satu server, namun ada di beberapa server lainnya yang dihubungkan oleh internet. Dikutip dari Wikipedia, Cloud Hosting dinilai lebih unggul karena lebih powerful dan reliable. Jika ada server yang bermasalah, maka file website akan dipindah ke server lainnya. Hal ini juga bermanfaat juga ketika ada permasalahan listik atau bencana alam. Ada banyak cloud hosting murah yang bisa kamu pilih!

cPanel Hosting

cPanel Hosting adalah sebuah control panel web hosting yang berfungsi untuk pengelolaan hosting. cPanel ini memiliki tampilan yang user friendly dan mudah digunakan user untuk melakukan setting yang berkaitan dengan domain dan hosting seperti menambah subdomain, add-on domain, setting email, file manager, backup restore bahkan setting database.

Database

Database adalah suatu kumpulan data yang disimpan secara sistematis dalam suatu sistem/ komputer agar pengelolaan menjadi lebih mudah. Kamu bisa memasukkan data ke database melalui suatu sistem. Ada beberapa jenis database seperti MySQL, PostgreSQL dan sebagainya. Sebagai pemula, kamu bisa membuat database dengan mudah menggunakan MySQL.

SSL (Secure Socket Layer)

SSL adalah singkatan dari Secure Socket Layer. Menurut Wikipedia, SSL akan melindungi website anda dari serangan orang yang tidak bertanggung jawab. SSL akan bekerja dengan membuat suatu jalur terenkripsi antara website dan web browser. Sehingga informasi yang terdapat dalam website akan aman dari pencurian orang lain. Ibarat pagar yang mengelilingi rumah, SSL akan melindungi website dari berbagai indikasi pencurian data. Ada beragam SSL dari mulai yang berbayar hingga GRATIS! Untuk memasang SSL di Hosting, kamu bisa lakukan cara install SSL di Hosting.

SSD (Solid State Drive)

SSD adalah kepanjangan dari Solid State Drive. Media penyimpanan ini sebenarnya hampir mirip dengan hardisk namun memiliki teknologi dan performa yang jauh lebih tinggi. Solid State Drive dapat dipasang di komputer, hosting ataupun VPS. Dikutip dari Wikipedia, SSD lebih hemat daya listrik, tahan terhadap temperatur tinggi, memiliki bobot lebih ringan dan lebih cepat. Hosting murah yang termasuk hosting terbaik akan menggunakan teknologi SSD.

Shared Hosting

Shared Hosting adalah layanan hosting yang hanya menggunakan 1 server saja. Jika dibandingkan dengan Cloud Hosting, hosting jenis ini kurang fleksibel.

Dedicated Hosting

Dedicated Hosting adalah layanan hosting dimana semua akses kontrol diberikan kepada user. Dikutip dari Wikipedia, user akan diberikan full akses kontrol sebagai root atau administrator. User akan bertanggung jawab terhadap semua maintenance, hardening, kontrol serta security dari Dedicated Hosting. Dedicated Hosting memiliki harga yang jauh lebih mahal daripada jenis hosting lainnya.

VPS

VPS adalah singkatan dari Virtual Private Server. Virtual Private Server juga biasa disebut dengan Virtual Server atau Virtual Machine. Virtual Server adalah suatu teknologi virtualisasi di mana dapat membagi sumber daya sebuah server fisik menjadi beberapa bagian secara virtual. Ada beberapa teknologi Virtual Private Server yang digunakan. Salah satu yang terbaik yaitu menggunakan Virtualisasi KVM. Perbedaannya dengan Cloud Hosting atau Shared Hosting yaitu terletak pada akses kontrol, kebutuhan resource dan sistem operasi yang dijalankan.

Colocation Hosting

Colocation Hosting hampir mirip dengan Dedicated Hosting karena user memiliki full akses kontrol terhadap server. Hosting jenis ini juga memberikan akses fisik server kepada user. Jadi, perusahaan yang menggunakan Colocation Hosting harus melakukan maintenance fisik dan memikirkan masalah internet, sumber daya listrik, penyimpanan server dan hal teknis lainnya. Colocation Hosting adalah salah satu jenis hosting yang paling mahal jika dibandingkan dengan yang lain.

Untuk lebih jelas tentang istilah domain hosting, kamu bisa baca di 30 istilah domain dan hosting yang wajib kamu ketahui sebagai pemula.

Kesimpulan

apa itu web hosting
Pexels
Oke, sekarang sudah tahu kan apa itu domain dan hosting, apa itu web hosting, perbedaan hosting luar negeri dan hosting Indonesia sampai cara memilih web hosting murah berkualitas. Tunggu apalagi? Ya, kamu butuh hosting sekarang juga untuk membuat website impianmu jadi kenyataan! Ada salah satu web hosting Indonesia yang bisa kamu pilih yaitu Domainesia. DomaiNesia merupakan perusahaan rintisan dengan layanan registrasi nama domain, web hosting, dan layanan web yang berfokus terhadap kualitas layanan tanpa mengesampingkan efisiensi biaya. Sejak berdiri di tahun 2009, DomaiNesia telah melayani lebih dari 45.000 customer dari seluruh penjuru Indonesia dan mancanegara. Dapatkan web hosting murah berkualitas di DomaiNesia sekarang juga! Nggak bisa bikin website sendiri? Tenang! Kamu bisa gunakan Instant Deploy. Butuh hosting khusus WordPress? Kamu bisa cek hosting wordpress aja lebih hemat.

Baca Juga: Tutorial Cara Buat Website Untuk Pemula (Garansi 100% Mahir)

Pindah ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!