Yuk Mengenal Hosting dan Domain (Untuk Pemula)6 min read

pengertian hosting dan domain

Pengertian Hosting dan Domain

Hi DomaiNesians! Kamu masih bingung dengan istilah hosting dan domain? Jangan bingung! Hosting dan domain adalah dua hal yang sangat penting dalam pembuatan website. Mengapa dikatakan penting? Karena tanpa dua hal tersebut, website tidak akan mungkin bisa “online” alias dapat diakses oleh banyak orang melalui internet. Sebenarnya kamu tidak perlu harus tahu dengan detail apa pengertian hosting dan domain. Namun, tak kenal maka tak sayang bukan? Untuk itu, agar lebih paham tentang bagaimana website dapat bekerja, alangkah lebih baik kamu tahu apa itu hosting dan domain ya.

Apa itu Hosting?

Hosting adalah lokasi atau media untuk menyimpan data dalam bentuk tulisan, gambar atau video. Lebih mudahnya, hosting adalah lokasi dimana file website diletakkan. Kita tahu bahwa file website bisa terdiri dari berbagai macam hal seperti script website, file gambar, file video dan sebagainya. Nah, di dalam hosting inilah semua hal tersebut disimpan. Agar nantinya, orang lain dapat membuka website kamu lewat internet. Dikutip dari Wikipedia, Web hosting adalah suatu layanan bagi user yang berguna untuk menyimpan informasi, gambar, video dan beberapa konten lainnya yang akan diakses via website. Lebih mudahnya begini, website dianggap sebagai sebuah bangunan. Bangunan tersebut akan didirikan pada kavling tanah yang sudah dipetak-petak dengan ukuran tertentu. Nah, sepetak tanah tersebut dapat disebut Web Hosting atau sering disebut Hosting. Untuk lebih jelas tentang seluk beluk hosting, silakan baca Panduan Lengkap Web Hosting Untuk Pemula.

pengertian hosting dan domain

Contoh Hosting

Lalu apa sih bentuk nyata dari Hosting?
Apa saja contoh hosting?
Mengapa terdapat berbagai paket hosting dengan harga yang berbeda?
Apa saja perbedaan tiap paket hosting?

Nah, tadi sudah disinggung dalam pengertian hosting dan domain sebelumnya. Bahwa sepetak tanah untuk mendirikan suatu bangunan disebut dengan Hosting. Secara teknis, hosting merupakan bagian dari server. Terdapat beberapa jenis hosting yaitu Shared Hosting, Dedicated Hosting, VPS (Virtual Private Server) dan Colocation Server. Untuk kebutuhan website perusahaan, website sekolah ataupun company profile biasanya hanya menggunakan Shared Hosting. Sedangkan website dengan kebutuhan tinggi lebih diutamakan menggunakan VPS atau Dedicated Hosting.

pengertian hosting dan domain

Sumber: Pexels

Untuk penyedia layanan hosting domain, kata “Hosting” biasanya termasuk kategori Shared Hosting. Jadi, satu komputer server dibagi menjadi beberapa bagian dengan ukuran dan kapasitas yang berbeda. Nah inilah mengapa hosting dibagi menjadi beberapa paket hosting dengan kapasitas, fitur dan harga yang berbeda. Ingin tahu perbedaan tiap paket hosting secara detail? Silakan cek Hosting Murah DomaiNesia.

Baca Juga: 7 Cara Memilih Hosting Terbaik Agar Tidak Tertipu

Istilah dalam Hosting

Oke, pengertian hosting dan domain sudah paham. Tetapi ketika pertama kali ingin melakukan order hosting, mungkin ada banyak pertanyaan yang muncul mengenai istilah dalam hosting misalnya:
Apa arti CPU dalam rincian hosting?
Apa itu RAM?
Apa arti SSD Disk Space?
Untuk kebutuhan website saya, berapa kapasitas hosting yang diperlukan?
Apa itu Inodes, VMEM dan PMEM ?
Apa maksud CPU Core?
Apa artinya unlimited bandwidth, unlimited website serta unlimited email?
Nah, memang semua hal teknis tersebut telah ada dalam rincian paket hosting. Buat kamu pemula, sebaiknya baca Tips Memilih Hosting terlebih dahulu. Apabila masih bingung, jangan ragu untuk menghubungi Tim Support DomaiNesia ya!

pengertian hosting dan domain

Apa itu Domain?

Domain adalah nama atau alamat dari sebuah website. Ya, sebuah website pastinya memiliki nama. Pernahkah kamu membuat website dengan akhiran (dot)com, (dot)id, (dot)net, (dot)space? Nah nama website dengan akhiran (dot)com, (dot)id, (dot)net, (dot)space tadi disebut dengan domain. Masih ingat jika website diibaratkan suatu bangunan dan hosting diibaratkan dengan sepetak tanah? Nah, domain akan menuntun pengunjung untuk menuju ke sepetak tanah (hosting), yang sudah didirikan suatu bangunan (website). Misalnya, kamu akan mengakses domainesia.com. DomaiNesia merupakan nama domain, sedangkan (dot)com adalah ekstensi domain.

Terdapat berbagai macam ekstensi domain yang bisa dipilih. Kamu bisa baca Jangan Bingung Memilih Ekstensi Domain. Nah terdapat 2 kategori untuk ekstensi domain. Pertama, terdapat ekstensi domain TLD (internasional) misalnya .com, .net, .org dll. Kedua terdapat ekstensi domain ID yang merupakan domain yang dikhususkan untuk regional Indonesia misalnya .id, .co.id, .or.id.

pengertian hosting dan domain

Domain juga punya level domain. Terdapat 3 level domain yaitu Top Level Domain, Second Level Domain dan Third Level Domain. Level domain ini digunakan untuk mengetahui tingkatan dari domain. Misalnya terdapat domain domainesia.com. Nah, (dot)com termasuk kategori gTLD atau Generic Top Level Domain. Kemudian domainesia termasuk Second Level Domain. Untuk Third Level Domain, adalah kata yang ada di sebelah kiri Second Level Domain. Misalnya domainesia.com/panduan. Nah “panduan” ini biasa disebut Third Level Domain atau biasa disebut Subdomain. Untuk tahu lebih jelas tentang level domain, silakan baca Ayo Mengenal Level Domain.

Website Telah Siap!

Karena kamu sudah paham tentang pengertian hosting dan domain, sekarang saatnya membangun sebuah website.
Apakah kamu developer?
Jika iya, pastinya kamu sudah paham betul tentang cara hosting web. Kamu bisa melakukan upload file website melalui file manager ataupun melalui FileZilla.

Apakah kamu pemula? Belum tahu cara membuat website?
Jika iya, sebaiknya kamu perlu membaca Tutorial Cara Buat Website Untuk Pemula. Kamu juga bisa baca Cara Membuat Website dari Nol agar lebih paham. Ada beragam metode untuk membuat website dari yang paling sulit hingga yang paling mudah. Untuk pemula, biasanya agak kebingungan jika membuat website pribadi, website perusahaan atau toko online menggunakan bahasa pemrograman dari awal. Maka dari itu, Kami sarankan untuk menggunakan CMS (Content Management System) seperti WordPress, Joomla, Drupal, Moodle, Prestashop, OpenCart, atau yang lainnya.

pengertian hosting dan domain

Yuk Buat Website dengan Mudah

Ada 3 cara dalam membuat website menggunakan CMS (Content Management System)

Pertama, upload file CMS secara manual

Metode ini cocok buat kamu yang sedikit paham tentang cara mengembangkan website di localhost serta bagaimana cara memindahkan file dari localhost ke hosting. Jadi, kamu harus melakukan download CMS manual dari website resminya. Kemudian file tersebut dikembangkan di local. Setelah jadi, maka kamu cukup memindahkan ke hosting agar bisa diakses banyak orang.

Kedua, melalui Softaculous Apps Installer

Softaculous Apps Installer adalah auto installer yang ada di Hosting dan berfungsi untuk mempermudah instalasi berbagai cms (content management system) serta beragam aplikasi website yang bersifat open source. Untuk lebih jelasnya silakan baca Apa itu Softaculous. Jadi, kamu hanya perlu punya domain dan hosting. Kemudian di cPanel Hosting, silakan pilih Softaculous Apps Installer. Setelah itu, cari berbagai CMS yang kamu mau. Untuk membuat website pribadi atau website perusahaan bisa menggunakan WordPress, Joomla ataupun Drupal. Untuk membuat toko online, kamu bisa gunakan Prestashop atau OpenCart.

Ketiga, menggunakan fitur Instant Deploy DomaiNesia

Bagi para pemula yang tidak mau ribet, kamu bisa gunakan fitur Instant Deploy DomaiNesia. Hanya perlu sekali klik, maka website impian bisa jadi kenyataan. Pilih CMS sesuai keinginan lalu pilih paket hosting dan domain. Tulis username dan password kemudian lunasi pembayaran. Maka website kamu sudah dapat diakses dalam hitungan menit saja!

pengertian hosting dan domain

Kesimpulan

Sebagai pemula, hal pertama yang harus kamu tahu adalah pengertian hosting dan domain. Hosting adalah lokasi di mana website diletakkan, sedangkan domain adalah alamat dari website. DomaiNesia menyediakan domain murah dengan berbagai ekstensi yang dapat kamu miliki. Perlu diingat! Bahwa nama domain sifatnya unik. Jadi, jangan sampai domain yang kamu inginkan dimiliki orang lain. Segera order domain murah dan hosting murah di DomaiNesia sekarang juga!

Pindah ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!

Komentar