• Home
  • Berita
  • Intip 12 Peluang Kerja Online dari Rumah, Emang Bisa?

Intip 12 Peluang Kerja Online dari Rumah, Emang Bisa?

Oleh Ratna Patria
No ratings yet.

Teknologi yang semakin berkembang dan ditambah lagi dengan efek pandemi yang tak kunjung selesai tidak menutup kemungkinan untuk kamu tetap menghasilkan cuan loh! Emang bisa? Bisa dong! Kamu bisa melakukan kerja online dari rumah. 

Hanya bekerja dari rumah kamu tetap bisa melakukan berbagai aktivitas layaknya bekerja pada kantor seperti meeting dan melakukan beberapa pertemuan online. Sangat efektif kan? Nah maka dari itu, kini banyak orang yang mencari peluang kerja online dari rumah. 

Apakah kamu juga mencari peluang kerja online dari rumah? Jika iya kamu akan mendapatkan beberapa referensi pekerjaan yang bisa kamu lakukan. Yuk bahas bareng DomaiNesia!

Baca juga: 10+ Ide dan Peluang Usaha Rumahan yang Menjanjikan Banyak Cuan

kerja online dari rumah
Sumber: Envato

Peluang Kerja Online Dari Rumah

Jika kamu memilih kerja online dari rumah, kamu akan mendapatkan beberapa kelebihan loh! Apa saja? Ini dia beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan jika kerja online dari rumah.

  • Waktu kerja yang fleksibel
  • Tidak perlu mengeluarkan ongkos lebih karena kamu tidak membutuhkan biaya transport.
  • Tidak perlu memperhatikan penampilan lagi jika kamu tidak diharuskan untuk open camera.
  • Kamu juga bisa melakukan beberapa pekerjaan dimana saja.
  • Dapat menentukan tempat kerja yang menurut kamu nyaman.

Nah itu tadi beberapa kelebihan yang bisa kamu dapatkan. Nah sekarang kita bahas apa saja sih pekerjaan yang bisa kamu lakukan dari rumah? Disini ada 12 peluang kerja online dari rumah yang akan kita bahas bersama. Simak pembahasannya yuk!

1. Youtuber atau Content Creator

Seperti yang kita tahu, bahwa sosial media sudah menjadi kebutuhan bagi kebanyakan orang. Salah satu sosial media yang ramai digandrungi banyak orang yaitu Youtube. Pasti sudah banyak content creator atau youtuber yang sudah kamu tonton setiap harinya. 

Youtuber atau content creator adalah salah satu peluang usaha yang bisa kamu coba karena kamu bisa melakukan kerja dari rumah aja loh! Namun untuk menjadi seorang content creator kamu harus memiliki kreatifitas tanpa batas karena nanti kamu akan dituntut setiap hari untuk membuat konten, baik konten bisnis maupun kehidupan sehari-hari atau lebih dikenal dengan daily vlog. 

Selain kreatifitas, kamu juga harus bisa melakukan multitasking, berkomunikasi di depan kamera, dan beberapa keahlian lainnya. Untuk pendapatan rata-rata yang diterima sekitar Rp 3,6 – Rp 7 juta, itu belum endorsement dan beberapa project lainnya. Wah cukup banyak ya untuk kamu yang bisa melakukan kerja dari rumah!

2. Pengajar Online

Peluang kerja online dari rumah berikutnya yaitu sebagai pengajar online atau tutor online. Di masa pandemi seperti ini, pembelajaran secara online semakin umum dilakukan. Pengajar atau guru pun bisa membagikan ilmunya lewat internet saja dengan berbagai aplikasi pihak ketiga yang bisa dimanfaatkan seperti Google Classroom, Google Meet, Zoom Meeting, dan lain sebagainya. 

Mengajar dari rumah juga lebih fleksibel secara waktu dan platform. Untuk memulainya, kamu bisa bergabung dengan organisasi pengajar khusus atau menawarkan jasa secara personal kepada orang-orang sekitarmu. Pendapatan yang diterima tergantung dari jenjang yang diambil dan juga sesi, namun rata-rata penghasilannya dari Rp 100.000 hingga Rp 400.000.

3. Blogger

Jika saat ini kamu sering membaca berbagai artikel. Berarti kamu sudah tahu tugas dari seorang blogger. Yups, blogger adalah seseorang yang menuliskan sebuah pembahasan tertentu yang kemudian akan diposting pada sebuah blog. Pekerjaan ini cocok untuk kamu yang gemar menulis, teliti, dan juga sabar. Apa kamu tahu bahwa blog itu bisa menghasilkan uang? 

Ternyata dibalik itu semua, blog juga bisa mendatangkan adsense bahkan endorsement loh! Untuk itu kamu bisa melakukan kerja dari rumah dan kapan saja, tapi harus tetap konsisten dalam menuliskan sebuah artikel ya! Untuk pendapatan yang diterima tergantung dari traffic kunjungan dari blog tersebut dengan rata-rata di angka Rp 1 juta hingga Rp 15 juta perbulannya.

4. Freelancer

Freelancer atau yang biasa disebut dengan tenaga lepas adalah pekerjaan yang tidak terikat kontrak jangka panjang namun tetap memiliki ikatan kerja yang kuat terhadap perusahaan. Kontrak yang diberikan terhadap freelancer ini biasanya hanya berisi project, waktu pengerjaan, dan juga biaya yang dikenakan. Durasi kontrak yang diberikan rata-rata sekitar 1 hingga 6 bulan. Jika kamu adalah seorang freelancer, berarti saat ini kamu kerja online dari rumah saja kan? 

Nah, untuk itu banyak bidang yang bisa kamu coba seperti data entry, copywriter, web designer, developer, dan masih banyak lagi. Pekerjaan ini sangat menarik! Jika kamu ingin mencoba menjadi seorang freelancer, ada beberapa website yang bisa kamu coba seperti Sribulancer, Freelancer Indonesia, Projects, dan banyak lagi. Jika kamu menanyakan berapa pendapatan yang akan diterima jika kamu kerja dari rumah sebagai freelancer, jawabannya adalah tergantung dari bidang yang kamu ambil.

kerja online dari rumah
Sumber: Envato

5. Desain Grafis

Semakin kesini, banyak bisnis baru yang bermunculan. Nah pasti kebanyakan dari mereka membutuhkan seseorang untuk membantu mendesain logo, situs, atau visual iklan. Pekerjaan ini membutuhkan skill khusus di bidang desain grafis, bahkan beberapa orang punya latar belakang pendidikan khusus di bidang ini. Semakin tinggi skill yang kamu miliki, maka akan semakin banyak klien yang datang untuk menggunakan jasa mu. 

Dengan semakin majunya teknologi dan platform media sosial, semakin banyak pula orang yang memerlukan jasa seorang desainer grafis sehingga peluang kerja dari rumah sebagai desain grafis menjadi salah satu pekerjaan yang sangat berpotensi. Jika membahas pendapatan, rata-rata desain grafis di Indonesia dapat mengantongi sekitar 3 juta hingga puluhan juta loh! 

Baca juga: 20+ Situs Freelance Terbaik bagi Kamu yang Kerja dari Rumah

6. Toko Online

Memiliki toko online juga tidak bisa diremehkan lagi, meskipun kamu hanya kerja online dari rumah saja namun pekerjaan ini cukup menjanjikan. Mengingat semakin banyaknya orang yang mencari suatu produk pada e-commerce karena kemudahan dan promo yang ditawarkan. Apakah kamu memiliki toko online? Jika iya berarti kamu sudah merasakan kemudahan kerja dari rumah kan? 

Yups, banyak kemudahan yang bisa kamu dapatkan apalagi pada masa pandemi seperti sekarang yaitu tokomu tidak akan terdampak peraturan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat), dapat dijangkau oleh orang dari luar daerahmu, tidak perlu menyewa tempat, dan jam buka tutup yang fleksibel. 

Pendapatan yang bisa dikantongi sekitar 5 hingga 6 juta rupiah dalam satu bulan, namun jika toko online tersebut sudah memiliki jutaan pelanggan maka penghasilan bisa sampai ratusan juta. Wah sangat menguntungkan ya padahal hanya kerja dari rumah aja loh! Tertarik mencobanya?

7. Video Editor

Nah pada bagian awal tadi, kerja dari rumah yang bisa dilakukan adalah menjadi seorang content creator atau youtuber. Tidak sedikit dari mereka yang menggunakan jasa video editor. Dibalik kesuksesan content creator atau youtuber, terdapat peluang kerja dari rumah lagi nih, salah satunya yaitu video editor. Selain membantu content creator dan youtuber, video editor menjadi bagian penting dari sebuah event atau pasca produksi suatu brand. 

Memiliki tugas untuk mengumpulkan materi dan mengolahnya sehingga menjadi satu kesatuan video yang menarik. Tentu saja untuk melakukan hal ini diperlukan keahlian khusus, keterampilan, dan juga kreatifitas. Sebagai seorang video editor, kamu bisa malukan kerja online dari rumah dan mengirimkan hasil pekerjaanmu saja. Terdengar simpel kan? 

Tapi tidak sesimpel yang kamu bayangkan karena masih ada revisi-revisi yang harus mereka kerjakan. Untuk pendapatan video editor di Indonesia memiliki nilai rata-rata sekitar 4 juta rupiah untuk perbulannya.

8. Bisnis e-commerce

Selama memiliki sambungan internet, kamu bisa mendapatkan uang dari internet loh! Dengan melakukan bisnis e-commerce. Nah bisnis e-commerce ini menjadi salah satu peluang kerja dari rumah yang bisa kamu coba. Jika tidak memiliki barang dan jasa sendiri untuk dijual, kita bisa memulainya dengan menjadi dropshipper atau reseller. 

Ketika menjadi dropshipper, kamu bahkan tidak membutuhkan modal apa-apa karena penjual yang akan mengirimkan produknya langsung kepada pelanggan mu. Berbeda dengan reseller yang harus memiliki barang terlebih dahulu sebelum menjualnya. 

Namun modal yang dibutuhkan relatif kecil karena kamu akan membeli produk dalam jumlah yang sedikit dan mendapatkan harga khusus dari penjual. Pekerjaan ini cocok untuk kamu jadikan sebagai pekerjaan sampingan juga loh bagi kamu yang WFH, pelajar, atau bahkan mahasiswa karena kerja dari rumah saja sudah bisa dilakukan!

Sumber: Envato

9. Animator

Animator adalah orang yang berprofesi sebagai pembuat animasi yang bisa menjadi salah satu peluang kerja dari rumah. Membuat animasi dan efek visual untuk video televisi, film video games, dan tipe media ini dapat menjadi peluang kerja dari rumah untuk kamu. Apa saja yang akan kamu kerjakan jika menjadi animator? 

Untuk menjadi animator yang pasti kamu akan membuat animasi dan membuat storyboard. Rata-rata penghasilan yang akan didapatkan oleh seorang animator yaitu sekitar Rp 6 juta setiap bulannya.

10. Penerjemah

Jika kamu mahir untuk menguasai berbagai bahasa asing, kamu cocok untuk mengambil peluang kerja dari rumah sebagai seorang penerjemah. Untuk menjadi seorang translator atau penerjemah, kamu harus memiliki relasi yang banyak, memiliki sertifikat bahasa, laptop, memiliki kemampuan public speaking, dan kemampuan mendasar lainnya. 

Penghasilan dari peluang kerja dari rumah sebagai seorang translator tidak main-main loh! yaitu sekitar Rp 250.000 hingga 400.000 untuk setiap halamannya. Mau mencoba jadi translator?

11. Social Media Specialist

Persaingan pemasaran online yang semakin ketat, membuat social media specialist menjadi salah satu pekerjaan dengan peluang kerja tinggi. Apa itu? Social media specialist adalah pekerjaan yang berfokus pada pembuatan konten digital yang kreatif dan menarik untuk berbagai platform media sosial perusahaan tertentu. 

Nah, pekerjaan ini menjadi salah satu peluang kerja online dari rumah yang bisa kamu coba loh daripada kamu membuka sosial media setiap saat tapi tidak mendapatkan cuan! Namun ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan seperti kemampuan berkomunikasi, memiliki skill komputer serta desain, manajemen waktu, kreativitas, dan juga dapat memanajemen waktu. Sebagai seorang social media specialist kamu dapat mengantongi angka Rp 3 juta hingga Rp 9 juta perbulannya. 

12. Penulis Lepas

Saat ini, jasa seorang penulis semakin banyak dibutuhkan untuk berbagai keperluan, mulai dari menulis artikel berita, konten, hingga penulisan kreatif di situs web. Maka dari itu, peluang untuk kerja online dari rumah cukup terbuka untuk kamu yang ingin mengambil peluang sebagai penulis lepas. Penulis lepas atau freelance writer masih terbagi menjadi berbagai jenis seperti   technical writer, ghost writer, web content writer, copywriter, dan business writer. 

Dari masing-masing jenis tersebut memiliki tugasnya masing-masing. Penghasilan yang dikantongi penulis lepas sangat bervariasi dan bergantung pada berbagai faktor, seperti panjang tulisan, skill, pengalaman, dan masih banyak faktor lain yang mempengaruhi.

Sumber: Envato

Baca juga: Peluang Bisnis Rumahan Modal Kecil

Jadi Peluang Kerja Online dari Rumah Mana yang Menjadi Pilihanmu?

Setelah kita membahas 12 peluang kerja online dari rumah yang bisa kamu pilih, mungkin kamu dapat mempertimbangkannya dari berbagai segi seperti keahlian dan juga skill yang kamu miliki. Untuk itu, kamu perlu mempersiapkan segala aspek yang dibutuhkan agar skill yang kamu miliki mumpuni dan mampu menjalankan tugas dengan baik. 

Nah sekarang pilihannya ada di tangamu sendiri untuk menentukan mana yang sesuai dengan kemampuan yang kamu miliki. Selamat mencoba mencari peluang kerja dari rumah!

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!